Mohon tunggu...
Entin Sumiati
Entin Sumiati Mohon Tunggu... Guru - Guru Honorer

Saya seorang guru honorer di salah satu sekolah swasta jenjang SMP di Kabupaten Bandung. Saya mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain mengajar, keseharian saya juga diamanahi tugas tambahan menjadi kesiswaan. Hal yang sangat menyenangkan bagi saya menjadi guru adalah ketika siswa berhasil dalam pembelajaran. Selain mereka mampu memahami materi dengan baik juga merasa senang di setiap kegiatan pembelajarannya. Saya dikenal seorang guru yang tegas, terutama ketika berkaitan dengan kedisiplinan, namun saya juga terkadang jadi tempat curhat mereka ketika mereka punya masalah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Efektif Membangun Keterampilan Menulis Cerita Pendek untuk Siswa SMP

27 November 2023   10:27 Diperbarui: 27 November 2023   10:29 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kemampuan menulis seperti halnya dengan kemampuan berbahasa yang lain, yaitu tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur (Henry GunturTarigan, 1993: 3).

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama. Kesulitan siswa dalam menulis biasanya terlihat ketika diminta untuk menulis sebuah karangan sederhana, mendeskripsikan suatu benda ataupun ketika menulis puisi atau cerpen, mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis. Kebosanan, kejenuhan, serta kebingungan siswa dalam hal menulis dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar dalam pembelajaran menulis.

Menulis cerita pendek adalah salah satu bentuk seni yang memungkinkan penulis untuk menggali kreativitas, mengembangkan imajinasi, dan menyampaikan pesan dengan cara yang singkat dan padat. Keterampilan menulis cerita pendek bukan hanya dilakukan penulis profesional, tetapi juga dapat menjadi aktivitas yang bermanfaat bagi siapa saja termasuk siswa SMP yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa dan berpikir kreatif.

Memfasilitasi siswa SMP dalam menulis cerita pendek memerlukan pendekatan yang mendukung kreativitas dan pengembangan keterampilan menulis. Berikut adalah beberapa Cara efektif untuk memudahkan siswa SMP menjadi penulis cerita pendek:

Ciptakan Lingkungan Kreatif:

Lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dapat memberikan stimulasi visual dan menginspirasi imajinasi siswa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memasang poster-poster, kutipan inspiratif, atau gambar-gambar menarik di sekitar lingkungan sekolah.

Berikan Kebebasan Ekspresi:

Biarkan siswa bebas untuk mengekspresikan ide dan gagasan mereka tanpa hambatan. Dorong mereka untuk percaya diri dalam memulai menulis dan tidak takut salah dalam menulis kreatif, dan yakinkan setiap ide itu bernilai.

Latihan Menulis Bebas:

Menulis cerita pendek membutuhkan latihan yang rutin. Untuk membantu mereka merasa lebih bebas dan kreatif, berikan waktu untuk menulis bebas di mana siswa dapat mengeksplorasi ide-ide mereka tanpa batasan. Alokasikan waktu khusus untuk menulis setiap hari atau minggu, dan eksplorasi berbagai gaya dan genre untuk mengembangkan keterampilan menulis.

Berikan Petunjuk Menulis:

Petunjuk dalam menulis dapat memicu kreativitas. Petunjuk tersebut bisa berupa kalimat pembuka, gambar, atau pertanyaan menarik yang merangsang pemikiran kreatif siswa.

Ajarkan Struktur Cerita:

Kenalkan siswa dengan elemen-elemen dasar cerita seperti pengenalan, konflik, klimaks, dan resolusi. Mereka dapat menggunakan struktur ini sebagai panduan untuk menyusun cerita mereka.

Baca Cerita Pendek:

Dorong siswa untuk membaca banyak cerita pendek dari berbagai genre. Hal ini membantu mereka memahami struktur cerita, pengembangan karakter, dan berbagai gaya penulisan.

Berikan Kebebasan Memilih Pilihan Topik:

Biarkan siswa memilih topik atau tema yang menarik bagi mereka. Pilihan yang personal atau sesuai minat dan kesukaannya dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam tulisan ceritanya.

Fokuskan pada Deskripsi:

Siswa dapat berlatih menyusun kalimat yang jelas dan menggambarkan adegan dengan menjelaskan bagian-bagian teperinci untuk membuat cerita lebih hidup.

Permainan Interaktif: 

Buat permainan interaktif yang memungkinkan siswa untuk membuat pilihan dalam cerita dan melihat bagaimana pilihan tersebut mempengaruhi plot. Ini dapat membantu mereka memahami konsep konflik dan pengembangan karakter.

Penekanan pada Pengembangan Karakter:

Karakter merupakan elemen penting dalam cerita pendek. Ajarkan siswa untuk mengembangkan karakter-karakter yang kuat dalam cerita mereka. Fokus pada motivasi, konflik, dan perkembangan karakter sehingga membuat cerita lebih menarik. Untuk membangun cerita yang menarik, gambarkan karakter utama dan pendukung dengan baik, termasuk kepribadian, tujuan, dan konflik internal.

Motivasi  untuk Bereksperimen:

Dorong siswa untuk menulis berbagai gaya penulisan, sudut pandang, dan struktur cerita. Bereksperimen dengan teknik-teknik baru dapat membantu mereka menemukan gaya penulisan yang unik dan khas.

Berikan Umpan Balik:

Motivasi siswa untuk berbagi cerita atau tulisannya dengan teman, keluarga, atau guru. Hal tersebut dapat memberikan perspektif yang berharga. Bantu siswa memahami kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan dengan cara memberikan umpan balik yang konstruktif pada tahap awal penulisan. Fokuskan pada penguatan poin positif dan berikan saran yang membangun untuk meningkatkan kualitas kemampuan menulisnya.

Kerjasama Secara Online: 

Siswa dapat bekerjasama atau berkolaborasi dengan sesama penulis melalui platform daring. Mereka dapat menulis cerita bersama, memberikan umpan balik satu sama lain, dan belajar dari pengalaman berbagi.

Platform Berbagi Cerita: 

Gunakan platform online seperti Wattpad atau Medium untuk mendorong siswa dalam mempublikasikan cerita pendek mereka. Ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan umpan balik dari audiens dan berbagi karya mereka dengan dunia.

Ciptakan Proses Menulis Menyenangkan:

Jadikan proses menulis cerita pendek menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bisa dengan mengadakan kegiatan menulis bersama, kompetisi menulis, atau membaca cerita pendek hasil karya teman sekelas.

Ikuti Kompetisi Menulis: 

Ikutkan siswa dalam berbagai kompetisi menulis cerita pendek dimulai dari kompetisi antarkelas sampai tingkat yang lebih tinggi. Hal ni dapat memotivasi mereka untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dan meningkatkan kualitas keterampilan menulis mereka.

Menulis cerita pendek adalah perjalanan pribadi yang memungkinkan penulis untuk mengeksplorasi imajinasi dan berbagi cerita dengan dunia. Dengan memberikan dukungan, panduan, dan ruang kreatif, siswa SMP dapat lebih mudah mengembangkan kemampuan menulis cerita pendek mereka.

Ingatlah bahwa setiap siswa memiliki gaya menulisnya sendiri, dan memberi mereka kebebasan untuk mengekspresikan diri dapat memunculkan bakat dan kreativitas yang unik. Motivasilah untuk terus berlatih, menerima umpan balik, dan tetap terbuka terhadap eksperimen untuk mengasah kemampuan menulisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun