Mohon tunggu...
Endik Kuswantoro
Endik Kuswantoro Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya ssebagai tenaga pengajar di smkn 1 Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan modul 1.3 Visi Guru Penggerak

7 Desember 2022   21:48 Diperbarui: 7 Desember 2022   22:25 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum.WR.WB,

Tergerak bergerak dan menggerakan, saya Endik Kuswantoro, S.Kom calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SMKN 1 Trenggalek Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan guru penggerak dari materi modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Jurnal Dwi Mingguan ini saya tulis memnggambarkan refleksi saya setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai calon guru penggerak. Saya akan menuliskan pengalaman dan yang dirasakan selama mempelajari modul 1.3 dalam artikel ini. kegiatan yang saya pelajari dalam modul 1.3 saya merefleksikan dengan model 4F yang di prakarsai oleh Dr.Roger Greenaway diantaranya yaitu :

1. Facts ( Peristiwa)

Pada Modul ini calon guru penggerak diarahkan  untuk merumuskan visi guru penggerak  yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Mempelajari bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif yaitu Inkuiri apresiatif dengan menggunakan tahapan BAGJA (B-uat pertanyaan,A-mbil Pelajaran,G-ali mimpi,J-abarkan rencana,A-tur eksekusi). Pada minggu ke 3 bulan november yaitu tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. 

Pada bagian ini diarahkan menggambarkan Imajiku tentang murid di masa depan, kemudian membuat satu gambar mengenai murid yang didambakan 5-10 tahun mendatang, setelah itu menyusun kalimat rumpang dengan sungguh -- sungguh sepenuh hati yang kemudian dari kalimat tersebut disusun VISI guru penggerak dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing -- masing yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. 

Pada bagian ini intinya adalah memahami pentingnya visi guru penggerak yang berpihak pada  murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan ,memahami bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan menggunakan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana, Atur eksekusi. Pada tanggal 23 November 2022 ada kegiatan pendampingan individu yang pertama oleh pengajar praktis (PP) yaitu Ibu DR. Dhina Lupikasari, M.Pd.Berlangkung pukul 09.00-11.30 WIB, dalam pendampingan tersebut calon guru penggerak di beri arahan , masukan serta motivasi untuk kemajuan calon guru penggerak dalam penerapan di sekolah. Pada tanggal 25 November 2022 saya melaksanakan gmeet dalam ruang kolaborasi dengan fasilitator yaitu Suyatno,S.Pd.,M.Pd tentang visi guru penggerak dengan menggunakan kanvas BAGJA, dalam diskusi kami dibagi tiga kelompok ,kebetulan saya sekelompok dengan Ibu lilik, Ibu Siti Nur, Ibu Alif, dan Ibu Chandra. Hasil diskusi kami dipresentasikan  pada tanggal 26 November 2022. Diskusi sangat mengasyikan karena terjadi perbadaan pendapat dan saling menambah ilmu pengetahuan tentang alur BAGJA.

Kemudian tgl 27 Desember dilaksanakan Lokakarya 1 bertempat di SMPN 4 Trenggalek yang diisi oleh pengajar praktik mendiskusikan mengenai membangun, menumbuhkan, dan merawat komunitas belajar, materi yang disampaikan sangat menarik ada game ice breaking yang dapat mencairkan suasana belajar dengan rekan pengajar praktik maupun rekan calon guru penggerak lain dari berbagai tingkatan sekolah.

Dokpri
Dokpri

Kemudian pada tanggal 28-29 november2022 mempelajari demontrasi kontektual. pada tanggal 2 desember 2022 kita masuk keruang elaborasi pemahan dimana semua calon guru penggerak masuk melalui room yang telah disediakan dan sesuai  dengan jadwal pada kesempatan ini kita memahamibagaimana kita membuat visi yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, menentukan prakarsa perubahan membuat kanvas BAGJA untuk renccana perubahan yang sesuai dengan inkuiri apersiatif.

2. Feelings(Perasaan)

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak ini yaitu merasa senang bangga dan sangat termotivasi untuk  menjalankan pendidikan guru penggerak, tiap materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan setiap aksi nyata yang dijalankan dapat membawa perubahan dalam pembelajaran, sehingga murid merasa senang dan selalu bersemangat untuk memulai pelajaran. setelah mempelajari modul 1.3 saya mengerti dan memahami bagaimana menerapkan visi guru penggerak , kemudian menerapkannya pada rencana perubahan dengan menggunakan tahapan BAGJA yang sudah dirumuskan.

3. Findings(Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya memahami bahwa visi merupakan harapan yang diyakini dapat dicapai melalui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengembangkan potensi peserta didik. Dengan memiliki visi yang jelas, seorang guru penggerak dapat memberikan arahan yang jelas kepada peserta didik, sehingga mereka dapat lebih fokus dan terarah dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Selain itu, visi juga dapat menjadi motivasi bagi guru penggerak untuk terus berusaha mencapai cita-cita tersebut, sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didik. Kemudian saya mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir stategis dan memahami inkuiri apresiatif sebagai paradigma dengan mnenggunajkan tahapan BAGJA. tahapan BAGJA ialah model manajemen perubahan yang terdiri dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana dan Atur eksekusi, yang di adopsi dari model 5D (Define,Discover,Dream,Design,Deliver).

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini untuk menerapkan visi sebagai seorang guru penggerak, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

a. Membuat visi yang jelas dan terukur. Pastikan bahwa visi tersebut dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu.

b. Sampaikan visi tersebut kepada peserta didik. Jelaskan tujuan dan manfaat dari visi tersebut, sehingga mereka dapat memahami dan termotivasi untuk mencapainya.

c. Sajikan rencana aksi yang jelas untuk mencapai visi tersebut. Membuat langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

d. Monitor dan evaluasi perkembangan peserta didik dalam mencapai visi tersebut. Buatlah laporan atau catatan tentang perkembangan mereka, sehingga dapat diketahui apakah mereka sudah berhasil mencapai tujuan yang telah ditentukan atau masih perlu ditingkatkan lagi.

e. Sesuaikan rencana aksi jika diperlukan. Jika terdapat kendala atau hambatan dalam mencapai visi tersebut, lakukan perubahan rencana aksi yang diperlukan agar tetap dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Demikian jurnal dwi mingguan ini saya buat pada modul 1.3 tentang visi guru penggerak.

Wassalamualaikum wr.wb ...

Endik Kuswantoro,S.Kom

SMKN 1 Trenggalek

Kab.Trenggalek

Jawa Timur

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun