Mohon tunggu...
Elesia
Elesia Mohon Tunggu... Administrasi - I'm a writer

Penulis CERPEN ANAK Penulis PUISI

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Penelitian Kecil di Kompasiana

30 Maret 2019   19:40 Diperbarui: 30 Maret 2019   19:43 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto : pinterest.com/susette

Mungkin beberapa lembaga yang mengatakan minat baca masyarakat kita rendah, itu karena mereka mengukurnya yang membaca puisi, cerpen dan novel. Kalau tolak ukurnya diperluas, membaca status Facebook atau thread di tuiter, mungkin minat baca masyarakat kita paling tinggi sedunia.

Sejak awal bulan Maret, saya memutuskan menulis rutin di Kompasiana. Meski ada beberapa hari yang bolong (tidak menulis) tapi saya berusaha menuntaskan tantangan suami untuk menulis secara rutin. Dan kalau bisa, berlanjut di bulan-bulan ke depan.

Selama menulis di Kompasiana, ada beberapa pengalaman yang menarik, yang ingin saya bagikan. Mulai dari memilih topik, memilih gambar dan sumbernya, memilih judul, hingga gaya menulis. Mulai dari pengalaman pahit, hingga yang paling manis -- saat dua tulisan menjadi Artikel Utama.

Namun, kali ini saya ingin membagikan hasil dari penelitian kecil di Kompasiana. Kenapa? karena tantangannya masih tersisa satu hari besok. He-he.

Penelitian ini didorong oleh pernyataan suami saya, yang mengatakan bahwa pembaca cerpen dan puisi sangat sedikit di Kompasiana -- padahal kan saya penulis cerpen dan puisi. Pernyataan itu terucap karena saya tertantang untuk mengumpulkan views paling sedikit 3000 (jumlah view minimal untuk k-reward)

Kenapa saya tertantang? Karena suami saya gagal ketika pertama kali Kompasiana mengadakannya (perhitungan yang dia buat berhasil, namun  pihak Kompasiana mengaku menggunakan google analitics). Ini adalah kesempatan saya untuk mengalahkannya, setelah saya kalah dalam perlombaan menerbitkan buku darinya. (Ehm... persaingan yang positif)

Oke. Kembali ke penelitian.

Antara ragu dan percaya. Antara mau dan tidak mau. Saya mengikuti nasihat suami, dan hanya sesekali menulis puisi. Dan benar, pembaca puisi sangat sedikit di Kompasiana. Tetapi saya tak mau menarik kesimpulan hanya karena pembaca puisi saya sangat sedikit. 

Bisa saja karena puisi saya jelek, atau judulnya tak menarik, atau tema yang saya angkat sudah kliese. Maka diam-diam, saya memperhatikan setiap puisi yang tayang. Dan bila ada puisi yang menjadi Artikel Utama, saya baca. Lalu saya pelajari kenapa bisa jadi Artikel Utama.

Pun demikian dengan cerpen. Setiap kali ada cerpen yang bisa menjadi Artikel Utama, saya baca, dan kemudian saya bedah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun