Mohon tunggu...
emilia cahya
emilia cahya Mohon Tunggu... Jurnalis - untuk bersenang-senang

love myself first

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Psikologi Manajemen

25 Oktober 2020   06:17 Diperbarui: 25 Oktober 2020   07:19 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

 Pengantar Psikologi Umum

A.Aliran-aliran Psikologi

Aliran-aliran Psikologi  menurut para pendapat para tokoh

Sigmund Freud, psikiatrisdari Austria, 1856-1939

Psikoanalisa

Asumsi dasar Perilaku dipicu oleh masa lalu dan bawah sadar, yang menjadi dasar dalam teori psikologi yang berhubungan dengan gangguan kepribadian dan perilaku neurotik. Psikoanalisamemandang kejiwaanmanusia sebagai ekspresi dari adanya dorongan yang menimbulkan konflik

Skinner (1904-1990), Pavlov (1849-1936)

Psikologi Behavioristik

Asumsi dasar perilaku dipicu oleh hokum sebab akibat, stimulus dan respon, reinforcement law

Abraham Maslow (1908-1970)

Psikologi Humanistik

Asumsi dasar Aktualisasi diri manusia, hierarchy of needs

Mc Waters (1975)

Psikologi Transpersonal

jenis teori psikologi yang menganut berbagai macam ide yang tidak ada hubungannya dengan agama dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran dan perilaku. Psikologi transpersonal memandang manusia seutuhnya pengalaman

Missal: meditasi, ekstase, dll

B.Peran Psikologi

  • Psikologi klinis
  • Psikologi perkembangan
  • Psikologi sosian dll.

Psikologi Manajemen

.Psikologi manajemen adalah cabang dari psikologi industry dan organisasi yang mengkaji masalah perilaku manusia dalam konteks manajemen keorganisasian, dengan focus kajian individu, tim atau kelompok dan organisasi, dalam rangka meningkatkan proses produktivitas manusia  mencapai tujuan organisasi (Priyohadi, 2020).

Aspek-aspek Psikologi  Manajemen

1.Organization behavior : yang mempelajari tentang bagaimana seseorang atau individu bertindak dan berperilaku dalam suatu organisasi

2. . Attitudes to work and the individual variations : Sikap kerja dan variasi perilaku individu dalam organisasi

3. . The effort motivation : menjelaskan mengenai adanya sebuah intensitas, ketekunan, dan arah dari individu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dulu sebelumnya.

4. The selection of employees : Proses seleksi karyawan di sebuah organisasi.

5. To measure and to manage the performance : Mengukur dan mengelola kinerja.

6. Training and advancement of employees : Mendidik melatih para karyawan

7. . To manage the career : Mengelola dan merencanakan karir karyawan dalam organisasi

8. Health and safety precautions at work : Kesehatan dan keselamatan kerja di organisasi

9. The teams : Mengelola tim kerja dalam organisasi

10. Leadership and the management of the company : Kepemimpinan dan manajemen dalam organisasi

11. The culture of the company : Budaya perusahaan dalam organisasi : tata nilai, kebiasaan, atribut, standar moral dan etik, strategi usaha, dan lainnya.

Komunikasi Dalam Organisasi

Fungsinya :

  • Informatif :Anggota mampu menerima dan memberikan informasi
  • Regulatif :Peraturan yang berlaku di organisasi
  • Persuasif /Argumen : Asumsi seseorang agar menghargai tugas dengan baik
  • Integratif : Saluran untuk karyawan melaksanakan tugas dengan baik

Konsep komunikasi :

  • Proses : komunikasi bersifat dinamis/terbuka,agar anggota saling berkomunikasi
  • Pesan : setiap anggota harus mampu meciptakan dan menerima pesan dengan baik
  • Jaringan : sekumpulan orang yang memiliki posisi dan perang masing-masing dalam organisasi
  • Keadaan saling tergantung : memiliki peran masing-masing namun saling terikat jika salah satu tidak ada maka tidak maksimal,maka dari itu organisasi harus terbuka
  • Lingkungan : komunikasi sebagai totalitas fisik dan social

Arah Komunikasi :

  • Vertikal ke atas
  • Contoh : menilai atasan
  • Vertikal ke bawah
  • Contoh : menilai bawahan
  • Horizontal
  • Contoh : menilai rekan kerja
  • Multi dimensional
  • Contoh : evaluasi menyeluruh

Perilaku Individu dalam Organisasi

Study yang menyangkut aspek tingkah laku manusia dalam organisasi,untuk memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi

Menurut Robbin,tingkatan mempelajari manusia dalam organisasi

  • Tingkat Individu: karakteristik bawaan individu
  • Tingkat kelompok :dinamika perilaku kelompok dan determinanya
  • Tingkat Organisasi : faktor-faktor yang mempegaruhi tingkah laku

Perilaku individu dipengaruhi persepsi masing-masing,faktor yang mempengaruhi persepsi

  • Karakteristik yang mempersepsikan (Subjek):
    • -Keinginan/kebutuhan
    • -Pengalaman
    • -Norma
    • -Kepribadian
  • Karakteristik yang dipersepsikan(Objek):
    • -Penampakan
    • -Perilaku

-

  • Konteks situasi:
    • -Phisical setting(ilusi)
    • -Cultural dan Social setting(Norms & Taboos)
    • -Organizational setting (Power distance & empowerment

Distorsi Persepsi

  • Steorotip : menilai atas dasar umum,prasangka
  • Halo : kecenderungan hanya menggunakan satu informasi untuk mempersepsikan
  • Seleksi : Hanya memperhatikan informasi tertentu
  • Proyeksi : Menggunakan atribut tertentu sebagai dasar persepsi
  • Harapan : Menggunakan harapan atau ekspektasi berlebihan

Penangganan distorsi persepsi

  • Mengupayakan kelengkapan informasi
  • Empati
  • Menghindari kesalah pahaman

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajemen di STIAMAK Barunawati Surabaya.Jika berkenan memberikan masukan,kritik saya akan senang hati.Mari kita belajar tanpa henti(25.10.2020/Stiamak_EmiliaCahy

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun