LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK Masjid Agung Kudus
Lingkup Pendidikan
Pendidikan Anak Usia Dini
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Vokal Menggunakan Kartu Huruf dan Papan Huruf Pintar
Penulis
Emi Untari Wulandari
Tanggal
Kamis, 10 November  2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari pembelajaran ini, antara lain:
- Berdasarkan hasil pengamatan yang telah guru lakukan kurang lebih 2 bulan berjalan anak -- anak kelompok A masih banyak yang belum bisa mengenal huruf vokal, diantara 11 anak yang dapat huruf vokal baru 4 anak, sedangkan 7 anak masih harus ditingkatkan kembali.
- Hal ini juga didukung dari hasil wawancara rekan sejawat tentang perkembangan anak tersebut, dan dinyatakan perlu pendampingan lebih untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal.
- Melihat hasil perkembangan anak tahun kemarin dan bertanya secara langsung dengan orang tua. Orang tua menyatakan jika anak tersebut kalau dirumah sulit belajar, lebih senang bermain gawai dan menonton televisi.
- Media yang digunakan dalam pengenalan huruf tidak bervariasi, masih menggunakan alat tulis seperti papan tulis untuk tanya jawab
Dari penemuan diatas dapat disimpulkan bahwa anak kelompok A belum dapat megenal huruf vokal.
Â
Praktik ini penting untuk dibagikan karena ingin meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal untuk kelompok A. Selain itu, saya yakin banyak rekan guru lainnya yang mengalamai permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa menjadi motivasi dan menjadi insipirasi bagi rekan guru lainnya.
Peran saya pada praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru memiliki tanggung jawab untuk membuat proses pembelajaran berjalan secara efektif, dengan menggunakan media, metode dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Dari hasil observasi dan wawancara penyebab masalah yang ingin dicapai untuk  untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf  Vokal antara lain:
- Kemampuan siswa yang kurang dalam mengenal huruf vokal
- Kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua
- Kurangnya APE yang inovatif utuk peserta didik.
Dari penyebab diatas yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak didik
- Pemilihan metode pembelajaran lebih bervariatif sehigga memotivasi anak didik untuk semangat mengikuti kegiatan pembelajaran
- Pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik anak.
Yang terlibat :
- Kepala Sekolah berperan mendukung tujuan pembelajaran tersebut dengan memfasilitasi sarana dan prasarana
- Teman guru memberikan berbagi pengalaman selama mengajar dan memberikan soluis yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan :
- Mencari alternatif solusi melalui kajian literatur dan wawancara dalam menentukkan media, metode dan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran
Strategi yang digunakan, antara lain:
- Model pembelajaran menggunakan model problem base learning dengan pendekatan saintifik dan STEAM dan berbasis HOTS.
- Metode yang digunakan adalah Bercerita, Demonstrasi, Bercakap-cakap, Pemberian Tugas, Bernyanyi, show and tell
- Media yang digunakan adalah kartu huruf  dan papan huruf pintar bahan ajar sesuai dengan tema pembelajaran yang dipilih
- LKPD
- Penilaian menggunakan rubrik sebagai acuan hasil pencapaian anak didik, penilian hasil karya, dan catatan anekdot.
Proses pembelajaran dengan solusi hipotetik penerapan media kartu huruf dan papan huruf pintar untuk meningkatkan kemampuan kognitif.
Adapun langkah-langkahnya yaitu:
Pembukaan
Mengikuti gerakan sederhana.(gerakan kelinci)
Berdoa sebelum belajar.
 Melaksanakan presensi.
 Bernyanyi Judul ; "a,i,u,e,o"
Guru mengajak anak mengamati gambar kelinci
Guru menampilkan video mengenal kelinci
Guru dan anak bercakap-cakap tentang bagian-bagian kelinci, cara merawat kelinci ,makanan kelinci, diamana kita bisa membeli kelinci
Inti
Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan permainan yang telah disediakan.
Guru mendorong anak menanya terkait alat dan bahan yang disediakan.
Guru memberi kesempatan pada anak untuk membandingkan dan mengelompokkan alat dan bahan yang telah disediakan. Guru mendiskusikan aturan main.
Anak melakukan kegiatan main sesuai dengan aturan yang telah disepakati.
Kegiatan main 1 : Penerapan media kartu huruf dan papan huruf pintar untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Vokal
Pertemuan 1(Melengkapi huruf vokal pada kata kelinci)
Guru mengenalkan huruf yang terdapat pada kata kelinci
 Guru menjelaskan cara bermain menggunakan papan pintar
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mencari huruf vokal dan memasangkan pada kata yang hilang
Pertemuan 2 (Melepas huruf vokal pada kata kelinci, wortel)
Guru mengenalkan huruf yang terdapat pada kata kelinci dan wortel
Guru menjelaskan cara bermain menggunakan papan pintar
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mencari huruf vokal dan melepasnya
Kegiatan main 2 : Mengurutkan ukuran dengan menunjukkan lambang bilangan
Pertemuan 1
Mengurutkan wortel dari besar ke kecil dengan lambang bilangan
Pertemuan 2
Mengurutkan gambar kelinci dari kecil ke besar dengan lambang bilangan
Kegiatan main 3 : Melakukan aktifitas seni kolase
Pertemuan 1
   Kolase kertas warna warni pada gambar kelinci
Pertemuan 2
   Kolase kapas pada gambar kelinciAnak
 bercerita pengalaman terkait kegiatan main yang telah dilaksanakan.
Penutup
. Anak diberi kesempatan untuk menyampaikan perasaannya selama bermain. (Communication-4C)
 Recolling kegiatn satu hari
 Guru menyampaikan kegiatan yang dapat dilaksanakan di rumah bersama keluarga yakni merawat binatang peliharaan
Guru menyampaikan pesan moral untuk selalu mensyukuri pemberian Tuhan dan menyanyangi Ciptaan Tuhan
Berdoa setelah belajar
Sumber daya atau materi yang diperlukan, antara lain :
Laptop
Bahan dan alat
Setting kelas
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi tersebut siswa yang tadinya belum dapat mengenal huruf vokal dalam praktik pembelajaran mereka menjadi lebih terampil dalam mengenal huruf vokal.
Langkah yang dilakukan berdampak positif dan efektif, ini terbukti dengan hasil yang sudah terbukti dari hasil presentasi setiap pertemuan mengalami peningkatan dalam mengenal huruf vokal sebagai berikut.
Pra pertemuan: 36% ( 4 anak dari 11 anak)
Pertemuan 1 Â : 60% Â (6 anak dari 10 anak)
Pertemuan II : 82 % ( 9 anak dari 11 anak)
Respon disekitar sangat positif
Adapun respon dari kepala sekolah dan teman sejawat terkait dengan strategi yang dilakukan adalah media yang digunakan menarik dan inovatif sehingga anak senang, antusias dan semangat dalam kegiatan bermain mengenal huruf vokal menggunakan media kartu huruf dan papan huruf pintar.
Adapun yang menjadi faktor keberhasilan dalam praktik ini adalah media yang digunakan inovatif dan menarik sehingga :
Dengan kegiatan bermain menggunakn kartu huruf dan papan huruf pintar anak lebih senang dan mudah dalam mengenal huruf vokal, karena anak dapat terlibat langsung untuk menempel dan melepas huruf vokal pada papan huruf.
Pembelajaran dari keseluruhan proses praktik 1 dan 2 di sini anak dikondisikan terlebih dahulu supaya anak fokus dalam mendengarkan apa yang disampaikan dalam kegiatan bermain kartu huruf dan papan huruf pintar .
Pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan bermain kartu huruf dan papan huruf pintar anak bergantian dalam melakukan kegiatan bermain sehingga perkembangan bahasa anak meningkat dalam mengenal huruf vokal.Penilaian dari pra pertemuan ke pertemuan 1 dan 2 lebih meningkat dalam mengenal huruf vokal menggunakan kartu huruf dan papan huruf pintar karena media yang digunakan lebih efektif, inovatif dan menarik minat anak dalam belajar.
Pembelajaran dari proses ini apabila kita mau bekerja keras, disiplin, kreatif, dan pantang menyerah maka akan membuahkan hasil.