Lokasi
TK Dharma Wanita Persatuan Mondoluku
Lingkup Pendidikan
Kelompok B
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf Vokal dan konsonan pada anak kelompok B dengan menggunakan media Balok huruf Pintar
Penulis
Elza Tri Widiana, S.Pd
Hari/Tanggal
Sabtu, 15 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini :
- Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal simbol huruf vocal dan konsonan
- Kurangnya media pembelajaran dalam pengenalan huruf vocal dan konsonan
- Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran huruf vocal dan konsonan masih belum inovatif
-Kurangnya stimulasi yang diberikan guru dalam pembelajaran huruf vocal dan konsonan
Â
Praktik ini penting untuk dibagikan
Pentingnya pengenalan huruf vokal dan konsonan pada anak untuk memudahkanya dalam membangun kemampuan bahasa anak. Sehingga pengenalan huruf vokal dan konsonan harus di stimulasi dengan baik melalui program pembelajaran yang terencana dan menarik untuk anak. Sehingga dapat memudahkan pendidik dalam meningkatakan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan. Praktik ini penting untuk dibagikan agar dapat menjadi referensi pendidik lain yang mengalami masalah yang serupa dalam proses pembelajaran.
Peran dan tanggung jawab sayaÂ
dalam praktik ini yaitu sebagai guru yang bertanggungjawab untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif untuk mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran. Melaksanakan proses pembelajaran, mengevaluasi dan merefleksi hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan dalam mencapai tujuan :
Tantangan yang dihadapi terkait masalah yaitu Sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam mengenal huruf vocal dan konsonan. Adapun tantangan untuk mencapai tujuan yaitu kurangnya media pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang inovatif serta kurangnya pemanfaatan TPACK dalam proses pembelajaran.
Pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan:
1. Â Kepala sekolah sebagai narasumber
2. Guru sebagai teman sejawat dalam melakukakan kolaborasi
3. Siswa sebagai individu yang ingin mencapai tujuan pembelajaran
4.Orangtua sebagai penghubung antara guru dan orangtua dapat bekerjasama dalam pembelajaran
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :
1. Melakukan kajian literatur untuk mencari referensi model dan media pembelajaran
2. Melakukan wawancara dengan kepala sekolah, teman sejawat dan pakar untuk mencari solusi yang sesuai dengan permasalahan
3. Melakukan perbaikan praktik pembelajaran kepada siswa.
Strategi yang digunakan :
Dari hasil kajian literatur dan wawancara pakar maka stratergi yang digunakan dalam praktik baik ini yaitu:
Menggunakan metode pembelajaran kelompok, dimana anak dapat ,memilih kegiatan yang disukai secara berkelompok kemudian berpindah kegiatan secara bersama.
Menggunakan prinsip pembelajaran berpusat pada anak
Menggunakan media yang menarik dan konkrit untuk menarik perhatian anak agar aktif dalam proses pembelajaran
Menggunakan media video pembelajaran dan media asli dalam kegiatan Apersepsi untuk menggali pengetahuan anak tentang tema buah pisang
4. Menggunakan TPACK seperti laptop, proyektor dan speaker untuk penggunaan Video pembelajaran untuk menunjang kegiatan
5. Proses pembelajaran dilakukan dengan penerapan berfikir anak HOTS melalui pertanyaan 5W1H sebagai kalimat dalam tujuan pembelajaran.
Proses praktik baik :
1. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan langkah :
- Menyapa kabar anak dan memberikan salam pembuka
- Melakukan presensi
- Memberikan apersepsi
2. Guru melakukan kegitaan inti pembelajaran
- Guru menggali informasi tentang tema tanaman buah pisang pada anak-anak dengan menggunakan buah pisang dan tunas pohon pisang asli
- Guru menayangkan video pembelajaran pada siswa untuk memberikan sumber informasi tentang tema tanaman buah pisang
- guru memberikan pertanyaan 5W1H tentang video tanaman buah pisang yang sudah ditayangkan
-Guru menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan hari ini
- anak memilih kegiatan yang akan dilakukan dengan bergantian
3. Kegiatan akhir pembelajaran:
- Recalling tentang kegiatan apa yang sudah dilakukan hari ini
- Guru melakukan evaluasi dan pemberian reward kepada anak
- Guru memberikan pesan moral yang berkaitan dengan tema hari ini
- Guru memberikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan esok hari.
- Membaca do'a penutup
Sumber daya atau materi untuk melaksanakan praktik baik :
Alat dan bahan:
Media balok huruf, buah pisang asli, tunas pisang asli, gambar buah pisang berwarna hijau, kuning dan merah, cup besar, gambar buah pisang, lem, daun pisang kering, gunting
Sarana pra sarana: Laptop, proyektor, Speaker.
Materi pembelajaran : Video pembelajaran tentang tema pisang yang mencakup pertanyaan 5W1H
Â
Â
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak aksi dari langkah- langkah yang dilakukan :
1. dalam proses pembelajaran anak menjadi lebih aktif dan kondusif karena dengan menggunakan metode demonstrasi
2. anak lebih mudah mengenal symbol huruf vocal dan konsonan dengan cara  menyusun balok huruf menjadi kata buah pisang
3. Anak terlihat senang dan antusias mengikuti pembelajaran karena media yang menarik dan konkrit. diskusi yang dilakukan didalam kelas melibatkan seluruh anak ketika kegiatan tanya jawab dengan melihat video pembelajaran dan dengan menggunakan buah pisang asli.
4. Hasil refleksi penilaian kegiatan mengenal simbol huruf vocal dan konsonana dengan menggunakan balok huruf dari 10 anak terdapat 2 anak yang mendapatkan BSB, 7 anak mendapatkan BSH dan 1 anak mendapatkan MB
5. Praktik baik yang telah dilaksanakan ini dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan anak kelom B TK DWP Mondoluku dalam mengenal huruf vocal dan konsonan.
Faktor keberhasilan :
Dukungan kepala sekolah yang telah membantu mengakomodasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam praktik baik.serta Kerjasama antara teman sejawat dengan memberikan saran dan masukan dalam hal pemilihan ide dalam pembuatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Pembelajaran dari keseluruhan proses :
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan perlu mengidentifikasi karakteristik siswa, Â berkolabolasi dengan berbagai pihak, serta mencari referensi berbagai kajian literatur. Mempersiapkan perencanaan dengan matang, melaksanakan pembelajaran sesuai rencana yang telah dibuat, mengevaluasi hasil pembelajaran dan melakukan refleksi diri untuk pembelajaran agar dapat berjalan lebih baik lagi.
Dari serangkaian pembelajaran yang dilakukan, media balok huruf dengan prinsip berpusat pada anak dapat menyelesaikan permasalahan mengenal huruf vocal dan konsonan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H