ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan tokoh-tokoh  filsafat pendidikan perrennialismeÂ
Pengertian
Perrennialisme berasal dari kata perrennial yang artinya abadi atau kekal dan dapat berarti pula tiada akhir dengan demikian esensi filsafat perrennial berarti kepercayaan filsafat perrennial berpegang pada nilai-nilai atau norma-norma yang bersifat abadi aliran ini mengambil analogi realitas budaya manusia seperti realitas pohon bunga yang terus-menerus mekar dari musim ke musim datang dan pergi berubah warna secara tetap sepanjang masa dengan gejala yang terus ada dan sama dengan pengertian yang lebih umum dapat dikatakan bahwa tradisi dipandang juga sebagai prinsip-prinsip yang abadi dan teru-menerus mengalir sepanjang sejarah manusia karena ini merupakan anugrah tuhan kepada manusia dan merupakan hakikat insaniyah manusia.Â
Menurut aliran perrennialisme bahwasanya pendidikan harus didasari oleh nilai-nilai kultural masa lampau oelh karena itu kehidupan modern saat ini banyak menimbulkan krisis dalam banyak bidang  perrennialisme dapat dikenali dengan mudah karena memiliki ke khasan diantaranya:
1. perrennialisme mengambil jalan regresif yaitu kembali kepada nilai dan prinsip dasar yang menjiwai pendidikan yang kembali pada masa yunani kuno  dan abad pertengahanÂ
2. perrennialisme beranggapan bahwa realita itu mengandung tujuan,
3. perrennialisme beranggapan bahwa belajar adalah latihan dan disiplin mental.
4.perrennialisme beranggapan bahwa kenyataan tertinggi itu beasal dari alam penuh kedamaina dan trasendental.
aliran perrennialisme menginginkan bahwa zaman terdahulu tetap harus dipertahankan dan diabadikan sebab zaman modern membawa dampak kerusakan pada manusia mereka juga berpendapat bahwa zaman modern ini adalah suatu zaman yang sakit karena zaman modern ini menjadikan krisis diberbagai bidang baik itu tingkah laku manusia atau kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan kebudayaan mereka dahulu oleh karena itu aliran ini berinisiatif untuk mengembalikan kepada budaya lama dan ideal karena budaya lama dan ideal itu sesuai dengan prinsip hidup mereka.Â
filsafat perrennialisme pendidikan lahir pad abad ke-20, perrennialisme lahir karen areaksi  terhadap pendidikan progresif,  perrennialisme menentang pandangan progresifisme yang menekankan pada perubahan sesuatu yang jauh, perrennialisme memandang situasi dunia saat ini penuh dengan kekacauan, ketidakastian terutama dalam kehidupan moral, intelektual dan sosial kultur, solusi yang diajrkan kaum perrenialis adlah dengan jalan mundur kebelakang dengan menggunakan kembali nilai-nilai dan atau prinsip-prsinsip umum yang menjadi pandangan hidup yang kokoh dan kuat pada abad pertengahan oleh karena itu perrennialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti kedalam keadaan ideal.