Mohon tunggu...
Elvina Santika Putri
Elvina Santika Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - UMM

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Berbisnis Online karena Dampak Covid-19

7 April 2021   06:32 Diperbarui: 7 April 2021   06:37 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

"Servis Excellent untuk Customer bisnis online di era covid-19"

Menjual barang dan jasa melalui toko online merupakan salah satu strategi bisnis yang sudah sangat banyak saat ini. Di toko online dari mulai sekala besar hingga kecil sudah sangat mudah ditemukan baik dengan website sendiri atau di dalam sosial media.

Tentu saja,  sudah banyak bisnis online yang sudah membuat persaingan semakin ketat. Setiap toko online hendaknya menerapkan Service Excellence untuk semakin menambah nilai lebih dan kepuasan pelanggan.

Service Excellence yang semestinya diterapkan oleh para pemilik toko online pada dasarnya sama saja dengan toko -- toko di dunia nyata. Sedikit perbedaan hanya terletak pada cara pelayanan yang semuanya terjadi lewat dunia maya.

Apasih contoh service excellence dalam bisnis?

disini ada beberapa contoh Service Excellence dalam berbisnis yang dapat dilakukan . Dengan menanggapi semua pertanyaan semua calon pelanggan dengan baik dan sopan, selalu meng-update/ Menginformasi barang -- barang yang dijual , baik barang baru atau pun barang yang telah habis lengkap dengan informasi detil barang, serta mengusahakan pengiriman barang yang tepat waktu dan jaminan barang dalam keadaan baik. Sama halnya dengan berbisnis di dunia nyata, menjual barang di toko online juga tak kalah sibuknya dan Service Excellence juga mutlak diperlukan.

Hal ini merupakan tantangan tersendiri dari sebuah bisnis online karena para pelanggan yang tidak dapat melihat barang secara langsung. Dengan itu Anda harus bisa membangun kepercayaan dengan baik salah satunya dengan Service Excellence.

Bisnis online saat ini merupakan salah satu tren yang sangat populer. Dari segi peluang pun sangat besar dan menguntungkan, sudah banyak pelaku bisnis online ini sukses meraup keuntungan jutaan rupiah dari penjualannya. Tak jarang banyak yang ingin ikut sukses dan terjun ke situ. Namun tak jarang juga mereka sebagai pemula masih kesulitan dan banyak kendala yang di jumpainya salah satunya yaitu pelanggan. 

Membuka toko online memang mudah dan siapa saja bisa membangun dan memiliki tokonya sendiri bahkan gratis untuk siapa saja. Saat ini telah banyak penyedia layanan marketplace yang bisa digunakan secara gratis seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Olx, Bukalapak dan lain sebagainya yang kebanyakan dari mereka memang disediakan secara gratis.Namun faktor keberhasilan dari toko online tersebut adalah dengan meperhatikan dari segi Pelayanan Prima yang diberikan oleh pelaku usahanya.

Pelayanan prima ? pelayanan prima itu apa sih ? Disini Pelayanan prima adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas, karena dituntut sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan atau masyarakat.

Lalu apa saja keuntungan dari bisnis online ini ?  

Banyak sekali keuntungan nya yang didapatkan dari berjualan online ini yaitu biaya yang terjangkau, modal relatif kecil, dukungan ekspedisi pengiriman yang cukup banyak, tidak perlu memiliki toko nyata , jangkauan pelanggan pun sudah meluas dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan di toko online.

Pelayanan Prima untuk mendapatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, sebagai pemilik usaha perlu memberikan pelayanan prima ini dan juga sebagai pemilik usaha atau bisnis perlu untuk berpedoman pada pelayanan prima (service excellent). Suatu pelayanan akan terbentuk karena adanya proses pemberian layanan tertentu dari pihak penyedia layanan kepada pihak yang dilayanai.

Cara menghadapinya bisnis online di era Covid 19 ini selalu mengedepankan protokol kesehatan untuk setiap komunikasi eksternal pada berbagai channel yang dimiliki..

Komunikasi melalui media digital menjadi begitu penting terutama dalam menghadapi masa Pandemi COVID-19. Semua bisnis merasakan dampak ekonomi dari pandemi ini, tak terkecuali bisnis online pun . Namun begitu, edukasi dan layanan prima bagi pelanggan harus tetap berjalan.

"Kami fokus pada digital marketing seperti meningkatkan spend pada SEM, mengangkat topik tentang COVID-19 secara regular serta pencegahannya dengan menawarkan solusi yang dimiliki melalui content marketing di media sosial, newsletter dan electronic direct mail .

Walaupun tidak ada aktivitas di lapangan, tetapi bisnis online ini memberikan edukasi kepada pelanggan tentang perlunya langkah saat menerima barang dengan menyemprotkan disinfektan terlebih dahulu pada paket yang akan di terima.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun