Â
LK 2.3 Rencana AksiÂ
LK 2.3 Rencana Aksi
Nama     : ELVA SULASTRI,SPd
Tujuan
Bukti penilaian
Kegiatan belajar dan asesmen formative
(1)
(2)
(3)
Mapel: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PPKN
Kelas : IV
Materi : Musyawarah di lingkungan sekitar
Bab/Materi : 2. Konstitusi dan Norma di Masyarakat /Musyawarah di Lingkungan Sekitar
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa aturan yang ada di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar; serta melaksanakannya dengan pantauan orang tua dan guru, dan mengidentifikasi hak dan  kewajibannya sebagai anggota keluarga dirumah, sebagai peserta didik di sekolah, dan sebagai anggota masyarakat di lingkungan. Serta dapat mengimplementasikan dikehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungan sekitar dengan baik
Peserta didik dapat menelaah pelaksanaan musyawarah melalui contoh-contoh dilingkungan sekitar dengan tepat
Peserta didik dapat menggali contoh-contoh pelaksanaan musyawarah dilingkungan sekolah dan rumah dengan cermat
                                                                 Â
Penilaian sikap :
Instrumen pengamatan
No
Nama
Aspek Penilaian
Religius
Komunikatif
Bertanggungjawab
1
2
3
4
5
dst
Penilaian pengetahuan :
Bentuk soal :
Pilihan ganda 10 soal
Isian 3 soal
Uraian 2 soal
Penilaian Keterampilan :
Nama Kelompok
BaikSekali
Baik
Cukup
Kurang
Kegiatan Pendahuan :
Peserta didik memulai kegiatan dengan mengucapkan salam dan menjawab salam dari guru
Absensi
Berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran
Untuk memotivasi semangat belajar peserta, guru meminta peserta didik berdiri untuk melakukan tepuk Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK)
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dari guru (pertanyaan pemantik)
Peserta didik mendengarkan tujuan pembelajaran dan langkah pembelajaran yang disampaikan guru.
Kegiatan Inti :
Tahap 1 (Orientasi pada masalah)
Peserta didik menyimak video yang ditampilkan guru.
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang video yang ditayangkan
Guru memberikan tanggapan mengenai jawaban yang diberikan.
Siswa memperhatikan gambar yang ditampilkan guru
Peserta didik diarahkan oleh guru untuk menentukan contoh-contoh musyawarah
Tahap 2 (Mengorganisasikan peserta didik)
Peserta didik dikelompokkan kedalam beberapa kelompok
Peserta didik mendiskusikan pertanyaan LKPD
Tahap 3 (Membimbing peserta didik)
Peserta didik diajak membaca teks sesuai dengan materi
Peserta didik berdiskusi dengan bimbingan guru
Tahap 4 (mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya)
Peserta didik menyajikan atau mempresentasikan hasil karyanya
tahap 5 (menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)
Peserta didik menanggapi kelompok lain yang sedang presentasi
Peserta didik menulis kesimpulan.
Peserta didik mengumpulkan LKPD
Memberi penghargaan kepada kelompok yang bagus.
Kegiatan Penutup :
Melakukan refleksi
Menyimpulkan isi materi
Mengkomunikasikan kendala yang dihadapi selama pembelajaran
Guru memberikan penguatan materi
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
Berdoa dan mengakhiri kegiatan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H