Mohon tunggu...
Elva Sulastri
Elva Sulastri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pekerjaan sebagai guru di SDN 15 Sidang Tangah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas IV

3 Februari 2024   21:59 Diperbarui: 3 Februari 2024   22:31 2246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CONTOH MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

MATEMATIKA KELAS IV

 

INFORMASI UMUM

  • IDENTITAS SEKOLAH
  • Penyusun                                 : ELVA SULASTRI, S.Pd
  • Instansi                                     : SDN 15 Sidang Tangah
  • Tahun Penyusun                   : Tahun 2024
  • Jenjang Sekolah                     : SD
  • Mata Pelajaran                       : Matematika
  • Fase / Kelas                              : B / IV
  • Bab / Tema                               : 5. Bangun Datar
  • Alokasi Waktu                         : 1 kali pertemuan / 2x35 Menit
  • KOMPETENSI AWAL
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
  • PROFIL PEMBELAJARAN PANCASILA
  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan kreatif.
  • SARANA DAN PRASARANA
  • Laptop
  • Alat bantu audio (Speaker)
  • Proyektor
  • Papan tulis
  • Alat bantu tulis ( Spidol dan lain-lain)
  • Sumber belajar: (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2022 Buku Panduan Guru Matematika Kelas IV, Penulis: Hobri, Lembar kerja peserta didik.
  • Video terkait dengan bangun datar (Segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan).
  • Alat peraga (kertas karton berbentuk bangun datar)
  • Soal-soal terkait bangun datar
  • Peserta didik reguler/tipikal umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan cepat, dan keterempilan membuat suatu proyek.
  • JUMLAH PESERTA DIDIK
  • 6 Peserta didik
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Model Pembelajaran           : Project Based Learning (PjBL)
  • Pendekatan                             : Scientific Learning dan TPACK
  • Strategi                                     : Pembelajaran Kontekstual
  • Metode                                      : Pengamatan, percobaan, tanya jawab, diskusi,                                                         penugasan, presentasi.

KOMPONEN INTI

  • TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik dapat mengembangkan pemahaman tentang berbagai bangun datar dan karakteristiknya sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif. (Audience)
  • Siswa dapat mencontohkan bentuk dari bangun segi banyak beraturan dan bangun segi banyak tak beraturan ( Behavior ).
  • Melalui pemaparan video dan alat peraga, peserta didik mampu menentukan bangun datar segi banyak beraturan dan tidak beraturan( Condition ).
  • Setelah mengamati video pembelajaran terkait bangun datar,siswa dapat memberikan 2 contoh lain bangun datar. ( Degree )
  • PEMAHAMAN BERMAKNA
  • Peserta didik mampu memahami materi tentang bangun datar terkait dengan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
  • PERTANYAAN PEMANTIK
  • Bangun datar apa saja yang telah dipelajari?
  • Bagaimana cara menyusun bangun datar?
  • PERSIAPAN PEMBELAJARAN
  • Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti media ajar guru, laptop, alat dan bahan ajar yang dibutuhkan.
  • KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Langkah-Langkah Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  • Guru membuka pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik (Religius dan Disiplin)
  • Ketua kelas memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran. (Religius)
  • Peserta didik dan guru menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila (Nasionalisme)

      

  • Untuk memotivasi semangat belajar peserta didik, guru meminta peserta didik berdiri untuk melakukan tepuk Pengembangan Pendidikan  Karakter (PPK)
  •  

  • Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dari guru (pertanyaan pemantik).
  • Bangun datar apa saja yang telah dipelajari?
  • Bagaimana cara menyusun bangun datar?
  • Peserta didik mendengarkan tujuan pembelajaran dan langkah pembelajaran yang disampaikan guru.

10 Menit

Kegiatan Inti

Sintak 1

Penentuan Pertanyaan Mendasar

  • Peserta didik menyimak video yang ditampilkan guru (Video terkait dengan bangun datar) (TPACK) https://youtu.be/slTG7rbeL_M?si=u0RZGncrVWU2pG_p
  •  
  • Peserta didik mengamati video tersebut.
  •  
  • Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang materi yang ada di video tentang bangun datar dan yang dapat menjawab mendapatkan nilai tambahan.
  •  
  • Peserta didik dan guru saling bertanya jawab tentang pemecahan masalah, seperti Mengapa bentuk tersebut menunjukkan segi banyak?

 

Sintak 2

Mendisain Perencanaan Produk

Peserta didik telah menerima LKPD dari guru, peserta didik membaca petunjuk LKPD, jika dirasa ada yang belum dipahami bisa ditanyakan kepada guru. (Mandiri, Berpikir Kritis-PPK).

Peserta didik mendapat pengarahan dari guru tentang kegiatan di LKPD (Komunikasi)

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, dan sumber yang dibutuhkan.

 

Sintak 3

Menyusun jadwal pembuatan

Peserta didik dan guru membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (Tahapan-tahapan pengumpulannya) (Berpikir Kritis, TPACK)

Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama.

Sintak 4

Memonitor kemajuan  proyek.

Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan bimbingan jika mengalami kesulitan

Peserta didik melakukan pekerjaan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan setiap masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru.

 

Sintak 5

Menguji hasil

Peserta didik dan guru berdiskusi tentang langkah-langkah membuat karya tempel contoh-contoh bangun datar (Komunikasi, Berpikir kritis)

Guru memantau hasil proyek yang telah dibuat dan mengukur ketercapaian standar.

Peserta didik membahas kelayakan proyek yang telah dibuat

Peserta didik memaparkan laporan karya yaitu menampilkan hasil pembuatan karya tempel.

 

Sintak 6

Evaluasi pengalaman belajar

Peserta didik melakukan bimbingan proses pemaparan proyek yaitu memamerkan hasil karya kelompok masing-masing.

 

Setiap kelompok menampilkan hasil karyanya di depan kelas

 

Peserta didik kelompok lain menanggapi hasil proyek

 

Guru memberikan penilaian hasil proyek (Berpikir kritis)

 

Kelompok yang karyanya paling bagus dan rapi mendapatkan reward berupa nilai tambahan.

50 Menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan jika ada materi yang belum dipahami (Berpikir kritis)

Peserta didik bersama guru membuat simpulan tentang poin-poin yang muncul dalam pembelajaran yang telah dilakukan

Siswa mengerjakan tes evaluasi mengenai bangun datar yang telah diberikan oleh guru.

Peserta didik bersama guru melakukan refleksi mandiri

Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. (Tindak lanjut)

Peserta didik dan guru berdoa menutup pembelajaran dengan berdoa bersama (Religius)

Guru mengucapkan salam penutup (Religius)

10 Menit

  • REFLEKSI
  • Guru
  • Refleksi guru merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru itu sendiri berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan mulai dari selama mempersiapkan, melaksanakan, hingga mengevaluasi kegiatan belajar yang dilakukan selama satu kali pertemuan. Refleksi guru ini bertujuan untuk menilai kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran berikutnya.
    • No
    • Pertanyaan
    • Jawaban
    • 1.
    • Apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
    •  
    • 2.
    • Apakah gaya penyampaian materi mampu ditangkap oleh pemahaman peserta didik?
    •  
    • 3.
    • Apakah keseluruhan pembelajaran dapat memberikan makna pembelajaran yang hendak dicapai?
    •  
    • 4.
    • Apakah pemilihan metode pembelajaran sudah efektif untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran?
    •  
    • 5.
    • Apakah pelaksanan pembelajaran hari ini dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran selanjutnya?
    •  

     

    • Refleksi Siswa
      • No

      Pertanyaan

      Jawaban

      • 1.

      Apakah menurutmu pembelajaran hari ini cukup menarik?

      • 2.

      Apakah media pembelajaran yang diberikan guru mempermudah kamu dalam memahami pembelajaran?

      • 3.

      Apakah kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan media?


  • ASESMEN / PENILAIAN
  • Penilaian Pengetahuan
  •  

Konversi Nilai

Predikat

Klasifikasi

81-100

A

SB (Sangat Baik)

66-80

B

B (Baik)

51-65

C

C (Cukup)

0-50

D

K (Kurang)

                        Instrumen Penilaian: test tertulis

                        Skor maksimal: 100

                        Penilaian: Skor yang diperoleh x 100

                                                Skor maksimal

  •  
  • Penilaian keterampilan

                Rubrik Penilaian Keterampilan Peserta Didik

No

Nama Peserta Didik

Aspek yang dinilai

N

Ket

Menyusun (Komposisi) Bangun Datar

Mengurai (Dekomposisi) Bangun Datar

Menyusun atau Mengurai dari 1 Cara

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Nk =  x 100 =

 

                        Keterangan:

Skor

Keterangan

1.

Peserta didik tidak dapat menyusun bangun datar,mengurai bangun datar,maupun menyusun atau mengurai bangun datar lebih dari 1 cara.

2.

Peserta didik dapat menyusun bangun datar,mengurai bangun datar,maupun menyusun atau mengurai bangun datar lebih dari 1 cara,akan tetapi salah.

3.

Peserta didik dapat menyusun bangun datar, mengurai bangun datar,maupun menyusun atau mengurai bangun datar lebih dari 1 cara dengan bantuan guru.

4.

Peserta didik dapat menyusun bangun datar, mengurai bangun datar, maupun menyusun atau mengurai bangun datar lebih dari 1 cara dengan tepat.

 

  • Penilaian Sikap

No

Nama

Religius

Akhlak

Berkebhinekaan

Gotong Royong

Mandiri

Kritis

Kreatif

1.

2.

3.

4.

5.

6.

     Nb: Beri ceklis apabila penilaian sikap sudah dilaksanakan oleh siswa

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun