Mohon tunggu...
Elly Rahmalia
Elly Rahmalia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Pamulang

Halo nama saya elly rahmalia sayang sedang berkuliah di Universitas Pamulang semester 6 dengan jurusan akuntansi keuangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

22 Juni 2024   12:11 Diperbarui: 22 Juni 2024   12:22 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem pengendalian manajemen adalah bagian penting dari organisasi mana pun dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan digunakan secara efisien dan efektif. Artikel ini  menjelaskan sistem pengendalian manajemen  PT TELKOM, salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa dan jaringan  di Indonesia. PT TELKOM telah menerapkan pengendalian internal, yaitu prosedur mekanis untuk memverifikasi keakuratan data manajemen, termasuk prosedur akuntansi dan bisnis. Pembaruan sistem pengendalian akan terus dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Perusahaan memperhatikan proses manajemen seperti perencanaan strategis, persiapan peraturan, pengarsipan, dan evaluasi kinerja.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. memiliki departemen audit internal atau Internal Audit (IA) yang bertanggung jawab untuk melakukan audit internal terhadap pengendalian internal perusahaan. Departemen ini menerapkan berbagai pengendalian internal dengan tujuan mencegah dan mendeteksi pelanggaran, termasuk pelanggaran peraturan perundang-undangan. Misi Audit Internal (IA) Telkom adalah memberikan gambaran yang  independen dan obyektif mengenai keadaan pengendalian internal, manajemen risiko, dan proses tata kelola perusahaan (GCG) dalam aktivitas bisnis yang dijalankan perusahaan.

Visi dan Misi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Dalam menjalankan aktivitas operasional, PT TELKOM berpedoman pada visi dan misi yang membantu Perusahaan untuk tetap fokus dalam meraih pencapaian keberhasilan. Visi dan misi ini membantu PT TELKOM untuk selalu berupaya mencapai idealisme dengan mengingatkan manajemen serta karyawan bahwa mereka bekerja sama demi tujuan-tujuan yang sama.

VISI PT TELKOM adalah menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.

MISI

1. Mempercepat pembangunan infrastruktur dan platfrom digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

2. Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.

3. Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.

Tata Nilai Perusahaan

PT TELKOM menggunakan nilai-nilai perusahaan yang menjadi landasan pemikiran, tindakan dan perbuatan para karyawannya. Enam nilai yang diusung PT TELKOM atau disebut AKHLAK: dapat diandalkan, kompeten, harmonis, setia, mudah beradaptasi, dan kooperatif, menjadi landasan perilaku insan BUMN. 

Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja

Penerapan dan pengukuran kinerja PT Telkom merupakan upaya  perusahaan telekomunikasi  untuk menilai dan memantau sejauh mana pencapaian visi, misi, dan strategi perusahaan. Dalam hal ini PT Telkom menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) sebagai cara yang efektif untuk mengukur kinerja. 

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja

Pengawasan internal berfungsi untuk memastikan perusahaan dijalankan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dan mendukung pencapaian tujuan perusahaan serta untuk mengurangi risiko bisnis yang signifikan mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Berikut evaluasi kinerja PT TELKOM :

a. Perusahaan melakukan evaluasi kinerja secara komprehensif, berjenjang, dan berkala untuk mengukur pencapaian rencana dan kinerja perusahaan.

b. Evaluasi kinerja menghasilkan tindakan koreksi atas deviasi realisasi terhadap target, di samping itu juga mempertimbangkan isu-isu relevan yang dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan, dan melakukan benchmark terhadap kinerja perusahaan pesaing atau perusahaan yang setara untuk membuat keputusan perbaikan yang tepat.

c. Proses pengambilan keputusan evaluasi kinerja menggunakan data dan informasi yang didukung oleh teknologi sistem informasi

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun