Sistem pengendalian manajemen adalah bagian penting dari organisasi mana pun dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan digunakan secara efisien dan efektif. Artikel ini  menjelaskan sistem pengendalian manajemen  PT TELKOM, salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa dan jaringan  di Indonesia. PT TELKOM telah menerapkan pengendalian internal, yaitu prosedur mekanis untuk memverifikasi keakuratan data manajemen, termasuk prosedur akuntansi dan bisnis. Pembaruan sistem pengendalian akan terus dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Perusahaan memperhatikan proses manajemen seperti perencanaan strategis, persiapan peraturan, pengarsipan, dan evaluasi kinerja.
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. memiliki departemen audit internal atau Internal Audit (IA) yang bertanggung jawab untuk melakukan audit internal terhadap pengendalian internal perusahaan. Departemen ini menerapkan berbagai pengendalian internal dengan tujuan mencegah dan mendeteksi pelanggaran, termasuk pelanggaran peraturan perundang-undangan. Misi Audit Internal (IA) Telkom adalah memberikan gambaran yang  independen dan obyektif mengenai keadaan pengendalian internal, manajemen risiko, dan proses tata kelola perusahaan (GCG) dalam aktivitas bisnis yang dijalankan perusahaan.
Visi dan Misi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Dalam menjalankan aktivitas operasional, PT TELKOM berpedoman pada visi dan misi yang membantu Perusahaan untuk tetap fokus dalam meraih pencapaian keberhasilan. Visi dan misi ini membantu PT TELKOM untuk selalu berupaya mencapai idealisme dengan mengingatkan manajemen serta karyawan bahwa mereka bekerja sama demi tujuan-tujuan yang sama.
VISI PT TELKOM adalah menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.
MISI
1. Mempercepat pembangunan infrastruktur dan platfrom digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
2. Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.
3. Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.
Tata Nilai Perusahaan
PT TELKOM menggunakan nilai-nilai perusahaan yang menjadi landasan pemikiran, tindakan dan perbuatan para karyawannya. Enam nilai yang diusung PT TELKOM atau disebut AKHLAK: dapat diandalkan, kompeten, harmonis, setia, mudah beradaptasi, dan kooperatif, menjadi landasan perilaku insan BUMN.Â