Mohon tunggu...
Eliza QothrunnadaAzzahro
Eliza QothrunnadaAzzahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Definisi dan Konsep Belajar dalam Perspektif Psikologi Pendidikan

27 September 2024   05:36 Diperbarui: 27 September 2024   07:34 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam psikologi pendidikan, belajar didefinisikan sebagai suatu proses perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku seseorang yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman atau latihan. Perubahan ini tidak hanya melibatkan aspek kognitif (pengetahuan dan keterampilan) tetapi juga afektif (sikap dan nilai) serta psikomotor (kemampuan fisik dan gerakan).

Konsep Utama dalam Belajar:


1. Proses Aktif: Belajar bukan sekadar menerima informasi secara pasif, tetapi melibatkan interaksi aktif antara individu dan lingkungannya. Siswa memproses, mengorganisasikan, dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada.

2. Perubahan Perilaku: Belajar ditandai oleh perubahan perilaku yang relatif permanen. Ini berarti bahwa setelah seseorang belajar, ia memiliki kemampuan yang dapat ditunjukkan dalam tindakan atau keputusan di masa depan.

3. Pengalaman dan Latihan: Belajar terjadi melalui pengalaman langsung atau tidak langsung. Pengalaman ini bisa berupa pembelajaran formal (di sekolah) atau informal (pengalaman hidup).

4. Proses Adaptif: Menurut teori-teori kognitif, belajar adalah cara individu beradaptasi dengan lingkungannya. Ini melibatkan pemecahan masalah, penyesuaian diri, dan penerapan pengetahuan dalam situasi baru.

5. Pengaruh Lingkungan: Psikologi pendidikan menekankan pentingnya lingkungan belajar, termasuk faktor sosial, budaya, dan teknologi yang berkontribusi terhadap proses belajar.

Perspektif Teoretis dalam Psikologi Pendidikan:


1. Teori Behavioristik: Fokus pada perubahan perilaku yang dapat diamati sebagai hasil dari pengkondisian. Tokoh seperti B.F. Skinner dan Ivan Pavlov menekankan pentingnya reinforcement (penguatan) dan punishment (hukuman) dalam membentuk perilaku belajar.

2. Teori Kognitif: Menekankan pentingnya proses mental dalam belajar, seperti pemahaman, ingatan, dan pemecahan masalah. Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah tokoh penting dalam teori kognitif, dengan fokus pada bagaimana siswa memproses informasi dan membangun pengetahuan.

3. Teori Konstruktivis: Menyatakan bahwa belajar adalah proses aktif di mana individu membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Vygotsky juga menekankan pentingnya pembelajaran sosial dan bahasa dalam pengembangan kognitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun