Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

esai

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kritik terhadap Pemikiran Derrida

6 Februari 2024   10:53 Diperbarui: 6 Februari 2024   11:08 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

"Kritik Terhadap Pemikiran Derrida: Meninjau Konsep Dekonstruksi dan Implikasinya pada Sastra Kontemporer. Dan Praktek Otokritik Melalui Sudut Pandang Masyarakat Kontemporer."
Oleh: Eko Windarto

Dalam esai ini, saya akan mencoba untuk mengkritisi pemikiran Jacques Derrida, salah satu tokoh penting dalam filosofi postmodernisme. Saya akan menilai konsep dekonstruksi Derrida dan dampaknya pada sastra kontemporer. Saya akan memberikan interpretasi kedalaman dari judul ini, yaitu bahwa kritik terhadap Derrida tidak harus menolak seluruh pemikirannya, tetapi dapat membangun pemikiran dan konsep dengan cara yang lebih berkelanjutan, dimana menghasilkan pengertian yang lebih luas dan bersifat terus-menerus.

Pemikiran Derrida didasari oleh gagasan bahwa bahasa tidak memiliki makna tetap, dan bahwa makna dihasilkan dari interaksi antara banyak tanda yang tidak pernah stabil atau pasti. Konsep ini dikenal sebagai dekonstruksi, dan dianggap sebagai salah satu perubahan besar dalam pandangan dunia kontemporer. Namun, pandangan tentang dekonstruksi ini telah menuai kritikan dari berbagai kalangan, baik dari kalangan filosofis maupun sastra kontemporer.

Dalam esai ini, saya akan memandang bahwa konsep-konsep dalam Derrida, termasuk dekonstruksi, perlu disaring lebih lanjut melalui pemikiran yang lebih kritis untuk memberi pengertian yang lebih berkelanjutan terhadap karya sastra dan pemikiran kontemporer. Derrida mengajukan ide dekonstruksi sebagai alat untuk membuka ruang baru bagi interpretasi sastra dengan cara yang lebih kritis dan radikal. Namun, hal ini juga menyebabkan kesulitan dalam membangun makna yang stabil dan memahami proses baca yang konvensional. Oleh karena itu, saya akan mengkritisi Derrida dengan pendekatan rasional yang lebih kritis dan mencoba memberikan pendekatan terhadap implikasi dekonstruksi pada sastra kontemporer.

Dalam melihat dampak yang dihasilkan, saya akan memulai dengan terminologi kunci dalam dekonstruksi, seperti logocentrism dan differance. Saya akan meninjau kembali pemikiran Derrida tentang dua istilah penting ini dengan kritik yang matang dan pemikiran saya sendiri. Saya juga akan menggali bagaimana dekonstruksi memengaruhi penafsiran karya sastra dan bagaimana kritik sistematis dan logika tradisional dapat membantu membentuk interpretasi sastra yang lebih konkret dan berkelanjutan.

Kritik saya terhadap Derrida bukanlah menolak pemikirannya secara menyeluruh, tetapi mencoba untuk membingkai makna konsep-konsep tersebut dengan pandangan yang lebih luas dan terus-menerus, sehingga memudahkan pemahaman terhadap esensi yang selalu berubah. Saya akan menggunakan pendekatan yang lebih moderat untuk meninjau pemikiran Derrida dan memberikan penjelasan makna yang lebih luas bagi pihak yang tertarik dalam konsep yang diangkat oleh Derrida dalam sastra dan filsafat.

Untuk menyelesaikan esai ini, saya akan menilai dua sisi pemikiran Derrida dan pernyataan mereka yang dapat diterima atau dihindari untuk memberikan penjelasan kritis pada pemikiran Derrida. Bagian terakhir dari esai ini akan mencoba menggali perbedaan dalam pendekatan interpretatif dengan dan tanpa dekonstruksi dan merangkum konsep pemikiran Derrida dengan sintesis dari sebuah pemikiran yang memiliki tujuan dalam mencapai kebenaran yang lebih komprehensif.

Dalam kesimpulan, saya menyatakan bahwa Derrida memberikan sumbangan yang penting dalam dunia filsafat dan sastra, tetapi harus dilihat dalam konteks yang lebih luas dan komprehensif untuk memahami konsep dekonstruksi secara maksimal dan menghasilkan pengertian yang lebih berkelanjutan. Melalui pendekatan kritis dan analitis yang lebih terstruktur, pemikiran Derrida dapat diaplikasikan pada cara membaca dan interpretasi karya sastra yang lebih menyeluruh dan berkelanjutan.

Konsep dekonstruksi Derrida masih sangat relevan di era kontemporer, terutama dalam bidang sastra dan filsafat. Meskipun ada beberapa kritik terhadap pemikiran Derrida, namun konsep dekonstruksi masih menjadi topik yang menarik dan kontroversial dalam pandangan postmodernisme, serta menjadi topik yang sering diperdebatkan dalam diskusi akademis dan sastra kontemporer.

Dalam era kontemporer, ketidakpastian dan ketidakberpihakan terhadap suatu makna masih menjadi isu yang relevan dalam studi sastra. Konsep dekonstruksi mempertanyakan ideologi-ideologi dan makna-makna yang tertanam dalam sebuah teks. Gagasan bahwa makna hanya bisa dicapai melalui interpretasi, menunjukkan betapa pentingnya sebuah interpretasi ketimbang makna mutlak. Oleh karena itu, penggunaan dekonstruksi sebagai sebuah metode kritis untuk mendekonstruksi, atau membongkar, ideologi-ideologi dan makna-makna yang tertanam dalam suatu teks masih sangat relevan di era kontemporer.

Dalam filsafat, konsep dekonstruksi Derrida masih menjadi topik yang kontroversial, terutama dalam bidang etika. Dekonstruksi menyatakan bahwa bahasa dan makna tidak dapat ditegaskan dengan pasti dan secara radikal mempertanyakan otoritas bahasa dan makna yang ada. Hal ini dapat diterapkan pada isu-isu yang relevan di era kontemporer, seperti politik dan kebijakan, sosial dan lingkungan hidup, dan implikasi teknologi modern.

Namun, terdapat juga kritik terhadap konsep dekonstruksi Derrida. Kritik tersebut antara lain bahwa dekonstruksi terlalu abstrak dan sulit diaplikasikan dalam konteks kehidupan sehari-hari, atau bahwa dekonstruksi hanya memperumit konsep makna dan tidak memberikan hasil yang nyata.

Meskipun begitu, konsep dekonstruksi Derrida masih relevan di era kontemporer karena mengajarkan cara untuk membaca dan menafsirkan teks yang lebih kritis dan reflektif. Dekonstruksi memungkinkan pembaca untuk membaca teks secara kontekstual dan membangun pemahaman yang berbeda dengan makna-makna konvensional yang ada. Oleh karena itu, konsep dekonstruksi masih banyak digunakan dalam penelitian dalam bidang sastra dan cultural studies.

Dalam kesimpulan, saya percaya bahwa konsep dekonstruksi Derrida masih relevan di era kontemporer. Meskipun ada kritik terhadap konsep tersebut, dekonstruksi tetap penting sebagai metode kritis dalam membaca dan menafsirkan teks, serta untuk mempertanyakan otoritas bahasa dan pemikiran. Konsep dekonstruksi juga memiliki implikasi yang luas di berbagai bidang, termasuk politik, sosial dan teknologi. Oleh karena itu, pemahaman tentang dekonstruksi Derrida dan konsep-konsep yang terkait dapat membantu dalam pengembangan kegiatan ilmiah, sastra, dan filsafat di masa yang akan datang.

Konsep dekonstruksi Derrida, yang pertama kali muncul di dunia filsafat, menawarkan alat kritis untuk membuka penafsiran alternatif terhadap teks dan makna yang ada di dalamnya. Namun, dekonstruksi juga dapat digunakan untuk membantu kita memahami isu-isu sosial dan politik yang kompleks dalam masyarakat kontemporer. Di bawah ini adalah beberapa cara dimana dekonstruksi dapat membantu kita dalam memahami isu-isu sosial dan politik yang kompleks:

Tantangan terhadap otoritas makna: Dekonstruksi menunjukkan bahwa bahasa dan makna yang ada di dalamnya selalu ditentukan oleh konteks sosial dan sejarah. Oleh karena itu, dekonstruksi dapat membantu kita menantang otoritas makna yang sudah mapan terhadap kata-kata atau frasa yang terdapat dalam isu sosial dan politik yang kompleks. Melalui dekonstruksi, kita dapat mengungkapkan makna yang tersembunyi dan melihat bagaimana tarik ulur kekuasaan dan bahasa terjadi ketika kita membicarakan topik seperti diskriminasi, rasisme, seksisme, dan isu sosial lainnya.

Menilai identitas politik: Dekonstruksi menganalisis posisi kekuasaan yang beroperasi dalam sebuah teks atau bahasa. Dalam isu sosial dan politik, dekonstruksi dapat membantu kita memahami berbagai identitas politik, seperti gender, agama, ras, dan kelas sosial. Dalam konteks identitas ini, dekonstruksi dapat membantu kita mengeksplorasi bagaimana makna terbentuk dan diberdayakan atau diabaikan atau digunakan dalam konteks sosial dan politik, yang mempengaruhi bagaimana masyarakat memahami dan menerima atau menolak identitas politik tertentu.

Analisis diskursif: Dekonstruksi berguna dalam menganalisa diskursif atau penggunaan bahasa yang digunakan dalam isu sosial dan politik. Melalui dekonstruksi, kita dapat memperlihatkan bahwa bahasa digunakan sebagai alat kekuasaan dan pembenar diri suatu pandangan. Dalam konteks politik, dekonstruksi dapat membantu kita untuk mengenali bagaimana koneksi atau hubungan suatu pernyataan atau tindakan dengan diskursus atau kajian yang terlatih dan terarah pada pemahaman kebenaran publik (public truth). Dekonstruksi dapat membantu kita untuk mengidentifikasi posisi kekuasaan dari suatu diskursus dan mengimplementasikan perubahan dalam diskursus tersebut.

Mengakui kompleksitas: Isu sosial dan politik biasanya melibatkan kompleksitas dan ambiguitas yang sulit dipahami. Dekonstruksi dapat membantu kita untuk mengakui kompleksitas dan ambiguitas ini dan memperlihatkan bagaimana konseptualisasi pada tindakan atau pernyataan kita mengandung kesalahan atau ketidaksempurnaan. Dengan demikian, dalam isu sosial dan politik, kita dapat melihat bagaimana berbagai posisi sosial dan politik saling berinteraksi dan bagaimana makna tersebar dalam hubungan sosial dan kekuasaan yang kompleks.

Dekonstruksi Derrida menawarkan alat kritis yang kaya dan bermanfaat dalam memahami isu-isu sosial dan politik yang kompleks dalam masyarakat kontemporer. Dengan menggali dalam-dalam, kita dapat memahami bagaimana isu-isu sosial dan politik merupakan alur kajian yang kompleks dan multidimensi, yang melibatkan bahasa, identitas politik, diskursus, kompleksitas, dan ambiguitas. Oleh karena itu, kegunaan dekonstruksi Derrida cukup penting dan menawarkan sumbangan yang positif ke dalam diskusi publik dan studi sosial-politik.

Praktek Otokritik Atas Masyarakat Kontemporer Melalui Sudut Pandang Dekonstruksi

Dekonstruksi, teori kritis Prancis yang berasal pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, memaparkan bahwa pandangan dan konsep-konsep yang dianggap stabil dalam budaya dan masyarakat sebenarnya ruwet dan berkelindan. Dengan cara ini, dekonstruksi merombak sifat-sifat yang dianggap solid dan konstan dari teks, ideologi, atau bahkan pandangan kehidupan. Sikap dekonstruktif memproduksi analisis teksual yang mengungkapkan sisi yang tersembunyi dari sistem yang memproduksinya. Oleh karena itu, melalui dekonstruksi kita dapat mengkritik struktur kekuasaan pembangun masyarakat kontemporer.

Perspektif dekonstruksi dalam konteks ini bisa digunakan untuk membuat otokritik terhadap masyarakat kontemporer. Sebagai contoh, kita dapat mengkritik soal kemewahan dan konsumerisme di masyarakat saat ini. Dalam masyarakat kontemporer, kemewahan dan konsumerisme dianggap sebagai simbol kesuksesan dan kebahagiaan. Namun, sebuah analisis dekonstruktif pada kemewahan akan menunjukkan bahwa penampilannya hanya berupa hiasan dan yang sebenarnya tersembunyi adalah pengabaian atas ketidakadilan sosial yang ada.

Sikap dekonstruktif juga memperlihatkan sudut pandang yang lebih inklusif, memungkinkan orang untuk mempertanyakan kategori-kategori yang dihasilkan oleh ideologi kapitalis dan (neo)liberal. Ini berarti bahwa penggunaan label, identitas, dan kategori harus benar-benar ditempatkan dalam diskursus kritis. Simbol-simbol dan kata-kata yang berkuasa selama ini harus dikritisi dan didekonstruksi, mengingat mereka juga telah menjadi alat pembentukan dominasi sekaligus pembentukan identitas. Dalam kasus ini, perspektif dekonstruksi memungkinkan adanya ruang untuk mempertanyakan nativisme, supremasi kulit putih, orientalis, feminisme esensialis, dan nasionalisme yang banyak beredar di masyarakat.

Dalam otokritik masyarakat kontemporer dengan sikap dekonstruktif, kita tidak hanya mengkritik kegembiraan dari kemewahan dan konsumerisme dalam masyarakat, tetapi juga mempertanyakan cara kita memandang tubuh, gender, seksualitas, agama, dan ras. Otokritik dalam dekonstruksi akan membantu kita untuk mencari solusi, berbicara dengan lebih jujur dan sadar dalam mendorong kesetaraan dan kemanusiaan. Kita dapat memerhatikan bagaimana pandangan kita terhadap penelitian ilmiah dan bahkan cara kita mempertanyakan otoritas kemasyarakatan.

Tuntutan dekonstruksi dapat diistemewakan dengan konsep "kritis pedagogis"; bahwa di dalam masyarkat, besar problemnya bukanlah soal tersedianya informasi, namun bagaimana menghargai informasi dalam diskursus kritis. Hal inilah yang kemudian dikenal sebagai budaya bersikap kritis. Perspektif dekonstruksi membantu kita untuk memahami kontradiksi di masyarakat dan menantang sampai berbicara secara lebih jujur dan akurat, selain membantu pembaca dan lain-lain pemirsa untuk memahami diskursus itu secara lebih baik.

Dalam kesimpulannya, perspektif dekonstruksi memberi tahu kita bahwa masyarakat kontemporer mempunyai ceruk besar untuk memeriksa kritis dirinya sendiri. Penggunaan analisis dekonstruktif pada masyarakat membawa kepada otokritik yang membuka pandangan atas kecenderungan dan ketidakadilan sosial yang mendalam. Perspektif dekonstruksi memperlihatkan bahwa masyarakat kontemporer, dan kemudian diri kita, dapat dipoles menjadi lebih lebih tahu atas realita dan kontradiksi sosial yang menanamkan kelemahan atas system sosial-politiknya. Oleh karena itu, dekonstruksi harus mendapat perhatian sebagai alat kritik sosial yang penting.
Sekar Putih, 3122023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun