Mohon tunggu...
Eis Nina Marlina
Eis Nina Marlina Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA N 1 OKU

saya pribadi yang suka menulis dan belajar, kenal saya akan banyak tertawa....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

30 November 2022   20:59 Diperbarui: 30 November 2022   21:06 10707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belajar sesuai dengan gaya belajar anak (dokpri)

assalamualaikum wr.wb

Saya Eis Nina Marlina, calon guru penggerak angkatan 7 dari Kabupaten OKU Sumatera Selatan. pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata modul 1.2 Nilai dan peran Guru Penggerak.

Saya melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P di bagian Koneksi Antar Materi mengenai "pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang". Kumpulkan tersebut dalam bentuk dokumentasi kumpulan foto yang bercerita saat diri saya menjalankan rencana. Dan tak  lupa saya sertakan refleksi sepanjang proses menjalankannya, seperti apa perasaan saya, apa ide atau gagasan yang timbul, pembelajaran apa saja yang dapat diambil, dan apa dampak (perubahan positif) yang paling dirasakan oleh diri saya.

BERPIHAK PADA MURID

  • Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa dan media yang inovatif dan kreatif

perasaan saya dengan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid yaitu  bahagia termotivasi dan tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai gaya belajar anak. Ide atau gagasan yang timbul kedepannya akan membuat kreasi dalam metode dan media pembelajaran dan menerapkan  anak bebas dalam mengeksplorasi diri dalam mengumpulkan hasil pembelajaran mereka. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah saya merasa menjadi guru yang optimis bergerak untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan siswa jadi lebih aktif dan merasa senang akan pembelajaran Bahasa Inggris.

  • Saya menerapkan kegiatan 5s senyum, sapa, salam, sopan dan santun yang merupakan pembentukan budi pekerti anak
    kegiatan 5 S (dokpri)
    kegiatan 5 S (dokpri)
  • menjadikan siswa sebagai teman tetapi tidak melewati batas dalam arti tetap mengedepankan sikap saling menghormati, sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tak lupa menyisipkan permainan dalam proses pembelajaran

Belajar sambil bermain (dokpri)
Belajar sambil bermain (dokpri)
  • Membangun kesepakatan kelas untuk pembelajaran yang lebih baik menunjukan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran
    kesepakatan kelas (dokpri)
    kesepakatan kelas (dokpri)
    MANDIRI
  • Mengikuti pelatihan, seminar, dan BIMTEK kemudian diimbaskan ke rekan guru lain termasuk peran coach bagi rekan guru lain
    Pelatihan Mandiri(dokpri)
    Pelatihan Mandiri(dokpri)
    Pelatihan Mandiri(dokpri)
    Pelatihan Mandiri(dokpri)

Pengimbasan atau coaching ke rekan guru lainnya (dokpri)
Pengimbasan atau coaching ke rekan guru lainnya (dokpri)

Refleksi terhadap penerapan guru penggerak pada nilai Mandiri, perasaan saya termotivasi dan terinspirasi. Ide atau gagasan yang timbul, menggunakan smartphone atau laptop untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti webinar dan mengikuti pelatihan, BIMTEK baik yang diadakan di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional kemudian saya imbaskan ke rekan guru lain (coach bagi guru Lain). Pembelajaran yang dapat saya ambil, kemandirian dalam meningkatkan kompetensi diri akan berdampak positif pada proses pembelajaran ke murid. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan dari Aksi Nyata saya, saya bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri untuk bergerak memajukan negeri.

REFLEKTIF

  • Melaksanakan evaluasi dan refleksi yang bertujuan perbaikan di segala aspek pembelajaran

reflektif-63875de548feef4ee672a572.jpeg
reflektif-63875de548feef4ee672a572.jpeg
Penerapan Nilai Guru Penggerak -Reflektif- Aksi nyata saya adalah menuliskan kelemahan dan kekuatan saya dalam proses pembelajaran, membuat rencana perbaikan, lalu mengejawantahkannya dalam tindakan nyata.

reflektif (dokpri)
reflektif (dokpri)
Penerapan nilai reflektif yang telah saya lakukan, perasaan saya optimis yakin dan termotivasi. Ide atau gagasan yang timbul memperbaiki diri dengan sebaik-baiknya dengan selalu melakukan refleksi diri. Pembelajaran yang dapat saya ambil, refleksi menjadikan diri lebih baik, menjadikan pembelajaran lebih berkualitas dan bermakna. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, saya bertekad menjadi guru yang selalu berubah ke arah yang lebih baik.
  • KOLABORATIF

Penerapan Nilai Guru Penggerak --Kolaboratif- Aksi Nyata yang saya lakukan adalah melakukan komunikasi dengan wali murid dan bersama rekan sejawat melakukan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah kami lakukan.

Refleksi terhadap Penerapan nilai kolaboratif yang telah saya lakukan, perasaan saya semangat, optimis. Ide atau gagasan yang timbul banyak inspirasi baik dari wali murid maupun tentang sejarah sehingga ada banyak ide dan solusi dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dapat saya ambil, kolaboratif memberikan kemudahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, bersemangat dalam bekerja sama dengan tim demi kebaikan.

KOLABORATIF

  • Mengadakan kolaborasi antar guru mata pelajaran dalam pengembangan proyek siswa, misalanya mata pelajaran PKWU, Bahasa Inggris, dan Ekonomi

kolaborasi guru mapel (dokpri)
kolaborasi guru mapel (dokpri)
  • membentuk komunitas praktisi yang berisikan guru guru untuk belajar dan berpartisipasi dalam pengembangan diri mereka. Interaksi dan dialog antara anggota komunitas dapat berupa berbagi kekhawatiran, masalah, dan praktik baik untuk direfleksikan bersama-sama

komunitas praktisi (dokpri)
komunitas praktisi (dokpri)

Menjadi teladan dan agen perubahan disekolah untuk lebih baik lagi

Guru Penggerak (dokpri)
Guru Penggerak (dokpri)

INOVATIF

Penerapan Nilai Guru Penggerak --Inovatif- Aksi Nyata saya, melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan teknologi, dalam hal ini anak-anak dalam belajar diajak menonton video yang menarik, kemudian melakukan inovasi dalam proses pembelajaran misalnya menggunakan kelas virtual CanvaSaya dan anak haruslah bahagia dalam pelaksanaan pembelajaran, merdeka mengajar dan belajar Memasukan kearifan lokal dalam pembelajaran baik berupa bahan ajar ataupun media dalam pembelajaran sehingga nilai nilai sosio kultural akan terus dapat dilestarikan dan dikenalkan ke siswa

pembelajaran interaktif (dokpri)
pembelajaran interaktif (dokpri)

Refleksi terhadap Penerapan nilai inovatif yang saya lakukan, perasaan saya semangat optimis percaya dan bahagia. Ide atau gagasan yang timbul berinovasi memanfaatkan apapun di sekitar kita untuk pembelajaran. Pembelajaran yang dapat saya ambil, inovasi mampu memaksimalkan laku kodrat anak sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Sebagai seorang guru penggerak saya juga harus memiliki peran dalam dunia pendidikan peran saya yang pertama adalah sebagai pemimpin pembelajaran, yang kedua sebagai coach bagi guru lainnya, yang ketiga sebagai pendorong kolaborasi, yang keempat mewujudkan kepemimpinan murid, dan yang kelima adalah penggerak komunitas praktisi.

semoga menginspirasi, Semangatttt rekan pendidik Indonesia, teruslah bersinar dan berkarya.

Wassalamualaikum wr,wb

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun