Mohon tunggu...
Egi Sujana
Egi Sujana Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - guru

suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

18 Januari 2025   17:18 Diperbarui: 18 Januari 2025   17:18 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan. Meskipun keduanya sama-sama fokus pada perkembangan anak, pendekatan dan konsep utama mereka berbeda, terutama dalam aspek sosial dan kognitif. Berikut penjelasan tentang teori masing-masing dan perbedaannya:

1. Teori Lev Vygotsky

Lev Vygotsky dikenal dengan Teori Sosiokultural, yang menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif dan sosial anak.

Konsep Utama Teori Vygotsky:

  • Interaksi Sosial sebagai Kunci Perkembangan:
    Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dengan orang dewasa atau teman sebaya. Proses ini dikenal sebagai scaffolding, yaitu bimbingan dari individu yang lebih berpengalaman untuk membantu anak mencapai pemahaman yang lebih tinggi.

  • Zona Perkembangan Proksimal (ZPD):
    ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain. Konsep ini menunjukkan bahwa pembelajaran terjadi paling efektif dalam zona ini.

  • Bahasa sebagai Alat Pemikiran:
    Vygotsky menekankan pentingnya bahasa dalam perkembangan kognitif. Ia berpendapat bahwa bahasa bukan hanya alat komunikasi tetapi juga alat untuk berpikir. Anak-anak menggunakan "bicara pribadi" (self-talk) untuk memandu tindakan mereka.

  • Budaya sebagai Faktor Utama:
    Budaya memengaruhi cara anak belajar dan memahami dunia. Nilai, norma, dan alat budaya, seperti bahasa, sangat menentukan bagaimana anak berpikir dan berkembang.

Fokus Teori:

  • Peran interaksi sosial dalam pembelajaran.
  • Pentingnya budaya dan lingkungan dalam membentuk pemikiran anak.

2. Teori Jean Piaget

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun