Program Pemdidikan Guru Penggerak  melalui proses belajar  secara tatap maya maupun tatap muka. Dalam PGP didesain dengan pendekatan orang dewasa dan berbasis pengalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengembangan pengalaman guru maka diperlukan pembimbingan dalam bentuk pendampingan individu kepada guru penggerak, agar dapat berhasil dengan maksimal. Oleh sebab itu kami menyajikan panduan pendampingan Individu 2,yang bersumber dari  buku Pegangan Pendampingan Individu Program Pendidikan Guru penggerak sebagai berikut:
PENDAMPINGAN IN DIVIDU 2 : PERUBAHAN PARADIGMA PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran
Waktu : 4 x 45 menit
Waktu Pelaksanaan :Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 2
Bahan Yang Dibutuhkan:
1. Buku Pegangan Pendampingan Individu
2. Jurnal hasil pemantauan pembelajaran Daring CGP
3. Jurnal Pendampingan, daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya
4. Rumusan Visi Sekolah
5. Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi
6. Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2
NO
AKTIFITAS PP
AKTFITAS CGP
1
BAGIA AWAL
1. Bagian awal pendampingan (10')
a) Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
Menjawab pertanyaan dan sapaan  PP
b) Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
Mendengarkan fokus pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran
c) Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan
individu sudah disiapkan CGP.
- Rumusan Visi Sekolah
- Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi
- Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2
d) Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring) e) Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak
2
BAGIAN INTI PENDAMPINGAN
Â
Bagian inti pendampingan (160')
a) Refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah (15')
Lakukan diskusi dengan CGP terkait lingkungan belajar di sekolah dengan
memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:
1) Bagaimana dukungan Kepala Sekolah/ Rekan Sejawat terhadap
pendidikan guru penggerak yang Bapak/Ibu jalani?
2) Apa bentuk dukungan yang mereka berikan?
3) Apa tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menjalani pendidikan guru
penggerak di lingkungan selolah Bapak/Ibu?
4) Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?
5) Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya sehingga kegiatan pendidikan guru
penggerak yang Bapak/Ibu jalani berjalan maksimal?
b) Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. (15')
Lakukan diskusi dengan CGP tekait perubahan apa saja yang dirasakan setelahÂ
mempelajari modul, dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:
1) Apa saja yang sudah Bapak/Ibu pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3?
2) Apakah yang Bapak/Ibu pelajari sudah diimplementasikan di kelas
Bapak/Ibu?
Berikan beberapa contohnya.
3) Apakah terjadi perubahan terhadap murid Bapak/Ibu di kelas? dan
bagaimana tanggapan atau respons murid Bapak/Ibu terhadap perubahan
yang dilakukan?
4) Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah menerapkan Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 di kelas Bapak/Ibu?
5) Apa yang yang sudah baik dan yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya?
c) Rencana merintis/menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah (20')
Ajak CGP untuk melihat lagi hasil pemetaan komunitas praktisi di lokakarya 1.Â
Kemudian diskusikan pertanyaan pemantik berikut ini dengan CGP.
1) Apakah Bapak/ibu memiliki pengalaman merintis komunitas praktisi di
sekolah/ lingkungan?
2) Apa tantangan selama penerapan komunitas praktisi di sekolah dan
bagaimana Bapak/Ibu mengatasi tantangan tersebut?
3) Apa saja hal menarik dan menjadi pembelajaran saat merintis komunitas
praktisi?
Setelah CGP menjawab 4 pertanyaan di atas, berikan pertanyaan lanjutanÂ
berikut ini:
1) Strategi apa saja yang akan Bapak/ Ibu lakukan untuk segera memulai
komunitas praktisi di lingkungan sekolah Bapak/ Ibu? (jika belum dimulai)
2) Apa rencana yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk pengembangan komunitas
praktiksi yang sudah dibentuk?
d) Mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah (110')
Pengajar praktik mendampingi dan membimbing CGP berdiskusi terkait visi dan prakasa perubahan sekolah.
Peserta dan pembagian peran dalam berdiskusi:
1) Pengajar Praktik : Moderator
2) Calon Guru Penggerak : Pemandu diskusi
3) Peserta diskusi : Kepala sekolah, Guru, tenaga
kependidikan
Proses diskusi:
1) CGP membuka diskusi dan menyampaikan tujuan diskusi kepada peserta.
Jika berkenan, CGP dapat membuka sesi dengan pembacaan beberapa bait
puisi "Aku Melihat Indonesia" karya Ir. Soekarno, untuk memantik semangat
peserta dalam memaknai visi
2) CGP mengajak peserta diskusi untuk membahas dan menganalisis visi
sekolah, CGP memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta diskusi:
a) Apakah visi sekolah saat ini sudah menggambarkan dengan jelas impian
dan cita-cita yang ingin kita capai dari murid kita? Apakah visi tersebut sudah menunjukkan hal yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah kita dengan murid di sekolah lain? Ajaklah peserta diskusi mengisi bersama kalimat rumpang yang tercantum pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak.
b) Apakah visi sekolah sudah berpihak kepada murid? Jika visi masih berupa
jargon/slogan, dorong warga sekolah untuk membuatnya lebih
terdeskripsikan.
c) Jika visi sudah berpihak kepada murid, lakukan identifikasi program apa
saja yang bisa dilakukan oleh warga sekolah untuk mendorong
pertumbuhan diri murid dari segala sisinya.
d) Jika visi belum berpihak kepada murid, ajak warga sekolah merumuskan
visi yang berpihak kepada murid. Setelah visi dirumuskan, ajak warga
sekolah melakukan identifikasi dan mengembangkan program yang bisa
dilakukan oleh warga sekolah.
3) PP memberikan penguatan di akhir diskusi.
4) Semua hasil diskusi dicatat dan didokumentasikan oleh CGP
5) Laporan hasil diskusi diserahkan CGP kepada Kepala sekolah dan Pengajar
Praktik
3
Bagian akhir pendampingan (10')
a) Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:
1) Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses
pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut
Bapak/ Ibu?
2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping pada kegiatan pendampingan berikutnya?
a) Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang
sudah dilakukan dari pembelajaran daring.
Â
b) Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan menginput survei diÂ
LMS tentang kompetensi guru penggerak (lembar umpan balik, lampiran 3).Â
Kegiatan ini dilakukan satu minggu sebelum pelaksanaan PI 3. Yang harus
dilakukan CGP:
1) Menyebarkan kuesioner survey Lembar Umpan Balik sesuai peran dan
jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan
guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)
2) CGP mengisi lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.
3) CGP membuat refleksi tertulis terkait umpan balik dari para responden dan
hasil asesmen mandiri. Refleksi ini diunggah di LMS pada bagian Pendampingan Individu 3 (Lampiran 2).
.
c) Memotivasi untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihakÂ
pada murid.
Â
d) Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator,Â
maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi
 Sumber : Pendampingan Individi PGP
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H