Mohon tunggu...
Edy Susilo
Edy Susilo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sejak tahun 1993 menjadi Penyusun soal UASBN 2007,2008,2009,Guru dan kepala Sekolah prestasi, Instruktur Nasional Guru Pembelajar,Tim penilai Siswa Prestasi,Kordinator Penulis soal Olimpiade IPA SD Bengkulu Utara,Ketua KKKS dan PGRI Hulu Palik,Advokasi Kurikulum Merdeka Bengkulu Utara,Pengajar Praktik pada Program Guru Penggerak angkatan 7 Fasilitator PGP 16

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Skenario Pendampingan Individu 2 PGP 7

5 Februari 2023   18:15 Diperbarui: 5 Februari 2023   18:32 10313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pemdidikan Guru Penggerak  melalui proses belajar  secara tatap maya maupun tatap muka. Dalam PGP didesain dengan pendekatan orang dewasa dan berbasis pengalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengembangan pengalaman guru maka diperlukan pembimbingan dalam bentuk pendampingan individu kepada guru penggerak, agar dapat berhasil dengan maksimal. Oleh sebab itu kami menyajikan panduan pendampingan Individu 2,yang bersumber dari  buku Pegangan Pendampingan Individu Program Pendidikan Guru penggerak sebagai berikut:

PENDAMPINGAN IN DIVIDU 2 : PERUBAHAN PARADIGMA PEMIMPIN PEMBELAJARAN

Pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran

Waktu : 4 x 45 menit

Waktu Pelaksanaan :Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 2

Bahan Yang Dibutuhkan:

1. Buku Pegangan Pendampingan Individu

2. Jurnal hasil pemantauan pembelajaran Daring CGP

3. Jurnal Pendampingan, daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya

4. Rumusan Visi Sekolah

5. Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi

6. Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2

NO

AKTIFITAS PP

AKTFITAS CGP

1

BAGIA AWAL

1. Bagian awal pendampingan (10')

a) Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak

Menjawab pertanyaan dan sapaan  PP

b) Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.

Mendengarkan fokus pendampingan 2: Perubahan Paradigman Pemimpin Pembelajaran

c) Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan

individu sudah disiapkan CGP.

  • Rumusan Visi Sekolah
  • Hasil pemetaan CGP dari lokakarya 1 terkait komunitas praktisi
  • Isian lembar kerja penugasan untuk lokakarya 2

d) Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring) e) Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak

2

BAGIAN INTI PENDAMPINGAN

 

Bagian inti pendampingan (160')

a) Refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah (15')

Lakukan diskusi dengan CGP terkait lingkungan belajar di sekolah dengan

memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:

1) Bagaimana dukungan Kepala Sekolah/ Rekan Sejawat terhadap

pendidikan guru penggerak yang Bapak/Ibu jalani?

2) Apa bentuk dukungan yang mereka berikan?

3) Apa tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menjalani pendidikan guru

penggerak di lingkungan selolah Bapak/Ibu?

4) Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

5) Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya sehingga kegiatan pendidikan guru

penggerak yang Bapak/Ibu jalani berjalan maksimal?

b) Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. (15')

Lakukan diskusi dengan CGP tekait perubahan apa saja yang dirasakan setelah 

mempelajari modul, dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini:

1) Apa saja yang sudah Bapak/Ibu pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3?

2) Apakah yang Bapak/Ibu pelajari sudah diimplementasikan di kelas

Bapak/Ibu?

Berikan beberapa contohnya.

3) Apakah terjadi perubahan terhadap murid Bapak/Ibu di kelas? dan

bagaimana tanggapan atau respons murid Bapak/Ibu terhadap perubahan

yang dilakukan?

4) Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah menerapkan Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 di kelas Bapak/Ibu?

5) Apa yang yang sudah baik dan yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya?

c) Rencana merintis/menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah (20')

Ajak CGP untuk melihat lagi hasil pemetaan komunitas praktisi di lokakarya 1. 

Kemudian diskusikan pertanyaan pemantik berikut ini dengan CGP.

1) Apakah Bapak/ibu memiliki pengalaman merintis komunitas praktisi di

sekolah/ lingkungan?

2) Apa tantangan selama penerapan komunitas praktisi di sekolah dan

bagaimana Bapak/Ibu mengatasi tantangan tersebut?

3) Apa saja hal menarik dan menjadi pembelajaran saat merintis komunitas

praktisi?

Setelah CGP menjawab 4 pertanyaan di atas, berikan pertanyaan lanjutan 

berikut ini:

1) Strategi apa saja yang akan Bapak/ Ibu lakukan untuk segera memulai

komunitas praktisi di lingkungan sekolah Bapak/ Ibu? (jika belum dimulai)

2) Apa rencana yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk pengembangan komunitas

praktiksi yang sudah dibentuk?

d) Mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah (110')

Pengajar praktik mendampingi dan membimbing CGP berdiskusi terkait visi dan prakasa perubahan sekolah.

Peserta dan pembagian peran dalam berdiskusi:

1) Pengajar Praktik : Moderator

2) Calon Guru Penggerak : Pemandu diskusi

3) Peserta diskusi : Kepala sekolah, Guru, tenaga

kependidikan

Proses diskusi:

1) CGP membuka diskusi dan menyampaikan tujuan diskusi kepada peserta.

Jika berkenan, CGP dapat membuka sesi dengan pembacaan beberapa bait

puisi "Aku Melihat Indonesia" karya Ir. Soekarno, untuk memantik semangat

peserta dalam memaknai visi

2) CGP mengajak peserta diskusi untuk membahas dan menganalisis visi

sekolah, CGP memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta diskusi:

a) Apakah visi sekolah saat ini sudah menggambarkan dengan jelas impian

dan cita-cita yang ingin kita capai dari murid kita? Apakah visi tersebut sudah menunjukkan hal yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah kita dengan murid di sekolah lain? Ajaklah peserta diskusi mengisi bersama kalimat rumpang yang tercantum pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

b) Apakah visi sekolah sudah berpihak kepada murid? Jika visi masih berupa

jargon/slogan, dorong warga sekolah untuk membuatnya lebih

terdeskripsikan.

c) Jika visi sudah berpihak kepada murid, lakukan identifikasi program apa

saja yang bisa dilakukan oleh warga sekolah untuk mendorong

pertumbuhan diri murid dari segala sisinya.

d) Jika visi belum berpihak kepada murid, ajak warga sekolah merumuskan

visi yang berpihak kepada murid. Setelah visi dirumuskan, ajak warga

sekolah melakukan identifikasi dan mengembangkan program yang bisa

dilakukan oleh warga sekolah.

3) PP memberikan penguatan di akhir diskusi.

4) Semua hasil diskusi dicatat dan didokumentasikan oleh CGP

5) Laporan hasil diskusi diserahkan CGP kepada Kepala sekolah dan Pengajar

Praktik

3

Bagian akhir pendampingan (10')

a) Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:

1) Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses

pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut

Bapak/ Ibu?

2) Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping pada kegiatan pendampingan berikutnya?

a) Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang

sudah dilakukan dari pembelajaran daring.

 

b) Mengingat CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan menginput survei di 

LMS tentang kompetensi guru penggerak (lembar umpan balik, lampiran 3). 

Kegiatan ini dilakukan satu minggu sebelum pelaksanaan PI 3. Yang harus

dilakukan CGP:

1) Menyebarkan kuesioner survey Lembar Umpan Balik sesuai peran dan

jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan

guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)

2) CGP mengisi lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.

3) CGP membuat refleksi tertulis terkait umpan balik dari para responden dan

hasil asesmen mandiri. Refleksi ini diunggah di LMS pada bagian Pendampingan Individu 3 (Lampiran 2).

.

c) Memotivasi untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak 

pada murid.

 

d) Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, 

maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi

 Sumber : Pendampingan Individi PGP

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun