Mohon tunggu...
Edi Prayitno
Edi Prayitno Mohon Tunggu... Guru - Principle of Senior High School 3 Dumai

I like reading books, watching movie and gardening

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Assessment Awal dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

22 Juli 2024   11:35 Diperbarui: 22 Juli 2024   11:38 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assessment awal, atau penilaian awal, adalah langkah kritis dalam pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pengajaran yang berusaha memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik. Assessment awal membantu guru untuk memahami kekuatan, kelemahan, minat, dan gaya belajar peserta didik sehingga mereka dapat merancang strategi pengajaran yang sesuai. Berikut adalah beberapa peran penting assessment awal dalam pembelajaran berdiferensiasi:

 1. Mengidentifikasi Tingkat Pemahaman dan Keterampilan

Assessment awal membantu guru mengidentifikasi tingkat pemahaman dan keterampilan peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Dengan mengetahui apa yang sudah diketahui dan dipahami oleh peserta didik, guru dapat menyesuaikan materi dan metode pengajaran untuk mengatasi kekurangan dan membangun pengetahuan yang ada.

 2. Memahami Gaya Belajar Peserta Didik

Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi dari beberapa gaya belajar. Assessment awal dapat mengidentifikasi preferensi gaya belajar ini, memungkinkan guru untuk merancang aktivitas yang sesuai dengan cara belajar peserta didik yang berbeda.

 3. Menentukan Minat dan Motivasi

Penilaian awal juga berfungsi untuk mengetahui minat dan motivasi peserta didik. Informasi ini sangat penting untuk merancang pelajaran yang menarik dan relevan bagi peserta didik, sehingga meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran.

 4. Menyesuaikan Tujuan Pembelajaran

Dengan memahami kebutuhan dan kemampuan peserta didik melalui assessment awal, guru dapat menetapkan tujuan pembelajaran yang realistis dan menantang bagi setiap peserta didik. Tujuan ini dapat disesuaikan untuk memastikan semua peserta didik mendapatkan tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka dan mengalami kemajuan dalam pembelajaran.

 5. Mengembangkan Rencana Pembelajaran Individual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun