Mohon tunggu...
Ervina Desiviola Tommy
Ervina Desiviola Tommy Mohon Tunggu... Lainnya - Content Writer

Senior Content Writer Executive at RevoU

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

Pemanfaatan AI dalam Analisis Pasar & Kompetitor

30 Desember 2024   07:36 Diperbarui: 30 Desember 2024   07:36 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Artificial Intelligence. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Gerd Altmann

Riset pasar dan analisis kompetitor merupakan kegiatan yang memakan waktu dan memiliki risiko besar terhadap kesalahan manusia. 

Banyak perusahaan kerap melewatkan insight penting akibat besarnya volume data yang harus diolah secara manual.

Di sinilah teknologi AI berperan. Dengan kemampuannya yang luar biasa, AI membantu perusahaan mengotomatisasi pengumpulan data, mengenali pola tersembunyi, serta memberikan pandangan yang lebih mendalam dari data yang ada. 

Tim RevoU telah bereksperimen langsung dan juga membantu organisasi lain tentang bagaimana AI bisa mempercepat dan mempermudah pengambilan keputusan berdasarkan data real-time.

Dalam artikel ini, tim RevoU akan memberikan beberapa pembelajaran mengenai bagaimana AI dapat dioptimalkan untuk mengatasi tantangan riset pasar dan analisis kompetitor, sehingga organisasi dapat lebih tanggap dalam merespons dinamika pasar dan kompetitor.

#1 Analisis Tren Pasar

AI memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari berbagai sumber secara lebih cepat dan akurat, seperti laporan industri, media sosial, hingga berita terkini. 

Dengan AI, tim dapat mendeteksi tren yang sedang berkembang dalam industri tertentu, memberikan waktu respons yang lebih cepat untuk memanfaatkan peluang.

Bagaimana AI dapat membantu?

  • Pengumpulan dan Persiapan Data: AI memudahkan pengumpulan data dari berbagai sumber, membersihkannya, dan menyajikan dalam format yang siap dianalisis.

  • Mengidentifikasi Peluang Baru: Algoritma AI mampu mengenali pola dan tren baru yang mungkin tidak terlihat oleh manusia.

  • Merekomendasikan Strategi Berbasis Data: Dengan data yang dihasilkan, AI membantu tim pemasaran dan manajemen dalam merumuskan strategi yang tepat.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
    Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun