Pembaca tentu pernah mendengar atau membaca istilah budaya organisasi, bukan? Tetapi, bagi yang kurang familiar dengan istilah yang satu ini, mungkin merasa masih tidak jelas benar apa yang dimaksud.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai budaya organisasi. Di dalamnya dikupas tentang pengertian dan peranannya, disertai dengan contoh yang relevan. Mari kita mulai.
Mengenal dan Memahami Budaya Organisasi
Istilah budaya organisasi dibentuk dari dua kata, yakni "budaya" dan "organisasi." Budaya pada umumnya dimaknai sebagai adat-istiadat, kebiasaan, dan sikap dan perilaku suatu kelompok, organisasi, dan daerah.
Sementara itu, istilah organisasi bisa ditinjau dari dua sisi. Bisa dilihat dari sisi struktur dan bisa juga dipandang dari sudut proses.
Dari sisi struktur, akan terdapat hierarkhi yang merepresentasikan tugas dan kewenangan bagi siapa pun yang berada dalam organisasi.
Siapa yang menjadi atasan dan siapa yang menjadi bawahan dapat dilihat jelas dalam struktur organisasi. Ada garis (lini) komando di dalamnya.
Selain sebagai struktur, organisasi juga dapat  diteropong dari sudut proses. Artinya, di dalam organisasi ada proses, ada dinamika, yang mengantarkan organisasi pada produktivitas dan kinerjanya.
Dalam kaitannya dengan proses inilah muncul istilah budaya organisasi. Bagaimana seluruh elemen organisasi berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan, dilandasai oleh nilai-nilai yang dipedomani yang mewujud ke dalam sikap dan perilaku anggota organisasi merupakan cerminan dari budaya organisasi.
Definisi Budaya Organisasi