Sosial media telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan remaja dan siswa. Penggunaan sosial media tidak hanya memengaruhi aspek sosial dan komunikasi, tetapi juga memiliki dampak signifikan terhadap minat literasi siswa. Artikel ini akan membahas bagaimana sosial media mempengaruhi minat literasi siswa secara positif dan negatif, serta upaya yang dapat diambil untuk meminimalkan dampak negatif tersebut.
1. Pengaruh positif sosial media terhadap minat literasi siswa
a. Akses mudah ke informasi literatur
Sosial media menyediakan akses cepat dan mudah ke berbagai sumber literatur. Siswa dapat dengan mudah menemukan artikel, buku, dan informasi literer lainnya melalui platform sosial media.
b. Komunitas literasi online
Adanya komunitas literasi di sosial media dapat meningkatkan minat siswa terhadap membaca. Diskusi, ulasan buku, dan tantangan literasi sering kali dapat memotivasi siswa untuk terlibat lebih aktif dalam membaca.
c. Pembelajaran kolaboratif
Sosial media memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam proyek literasi. Mereka dapat berbagi ide, memberikan umpan balik, dan saling mendukung dalam pengembangan keterampilan literasi.
2. Pengaruh negatif sosial media terhadap minat literasi siswa
a. Gangguan terhadap waktu
Sosial media seringkali menjadi sumber gangguan yang menyebabkan siswa menghabiskan waktu yang seharusnya untuk membaca dengan aktivitas online yang kurang bermanfaat.