Mohon tunggu...
Dzurriyatus Sadiyah
Dzurriyatus Sadiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

MOTIVATOR AFILIATOR FAKULTAS TARBIYAH (UINKHAS)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Teori Pembelajaran Konstruktivis dan Penerapannya dalam Pengajaran

22 Juni 2024   10:40 Diperbarui: 22 Juni 2024   11:33 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A.Definisi Teori Belajar Konstruktivisme 

 Teori konstruktivisme sudah sangat populer di dunia pendidikan. penting untuk mempelajari teori itu sendiri sebelum mempelajari lebih jauh tentangnya Konstruktivisme adalah tentang membangun.

konstruktivisme, dalam filsafat pendidikan, adalah upaya untuk membangun tata letak kehidupan yang berbudaya modern.teori yang menekankan pada kemampuan membangun dan memahami selama proses pembelajaran , sesuai dengan justifikasi yang diberikan .

Menurut Tasker teori belajar konstruktivisme lebih menganjurkan bahwasanya terdapat 3  yhalang wajib tersedia dalam suatu proses belajar, antara lain ialah:

1.Peserta didik berperan aktif dalam konstruktivisme pengetahuan yang bermakna.

2.Mengaitkan antar ide-ide baru sangat penting dalam proses pengkonstruksian.

3.Mengaitkan antara informasi yang baru diterima dengan gagasan-gagasan yang dikembangkan.

B. Tujuan Belajar Menurut Aliran Belajar Konstruktivisme

Salah satu elemen yang harus ada dalam proses pembelajaran adalah perubahan, terutama ketika menyangkut konsepsi. Pada langkah pertama, asimilasi, dan tahap kedua, akomodasi, masing-masing, mewakili perubahan. Siswa akan menggunakan konsep-konsep yang sudah mereka miliki untuk menghadapi fenomena baru ketika mereka berasimilasi. Siswa menyesuaikan gagasan mereka yang tidak lagi sesuai untuk fenomena yang muncul sementara itu melalui akomodasi. Dengan demikian, bahkan dalam teori konstruktivis, perubahan masih merupakan tujuan utama.

Namun, ada sejumlah tujuan tambahan yang harus dipahami ketika ditelaah melalui lensa filsafat konstruktivisme, seperti:

1.Mendorong pemikiran inovatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun