Mohon tunggu...
Dyes
Dyes Mohon Tunggu... Mahasiswa - Writer

Saya tertarik pada Bahasa Inggris, film, dan buku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Fun and Useful English di TK Islam Siti Khadijah IV Kelurahan Babakan Sari

6 Agustus 2022   17:15 Diperbarui: 4 September 2022   13:48 720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses pembelajaran kosa kata buah-buahan,sayuran, dan warna dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi

Bandung – Pada saat ini, Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, menguasai Bahasa Inggris menjadi suatu keahlian yang dibutuhkan di zaman sekarang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peluang karier yang membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan mumpuni.

Tidak hanya itu, banyak pula orang-orang yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ataupun memiliki pekerjaan atau karier diluar negeri. Selain itu, menguasai Bahasa Inggris juga bisa sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, bisa memperluas koneksi dan menambah wawasan.

Dengan bertumpu pada pentingnya kemampuan berbahasa inggris, penulis dan rekan kelompok kecil (Kelompok 1), yang mana ditempatkan untuk melaksanakan KKN di Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, memutuskan untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Inggris murid-murid di TK Islam Siti Khadijah IV beriringan dengan program kerja lainnya. 

Penulis dan rekan kelompok melakukan pendampingan, bimbingan, dan pengajaran. Dengan mengusung konsep “Fun and Useful English”, penulis dan rekan kelompok berusaha untuk menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan namun tetap serius pada waktunya. Kegiatan pembelajaran yang dinamai "Fun and Useful English di TK Islam Siti Khadijah IV Kelurahan Babakan Sari" merupakan salah satu implementasi dari tema yang didapatkan oleh Kelompok 63, yaitu "Desa Pendidikan Sepanjang Hayat".

Penulis dan rekan kelompok lainnya juga berusaha untuk selalu melibatkan murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh, meminta murid-murid untuk mengajukan diri untuk maju ke depan, bernyanyi, berhitung, menjawab pertanyaan, diskusi, dan lainnya. 

Dengan begini, murid-murid terlihat lebih enjoy dan bersemangat dalam belajar, khususnya belajar Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris sendiri dibagi menjadi beberapa pembelajaran, seperti: mempelajari huruf alfabet, angka, berhitung, dan mempelajari beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris.

1. Pembelajaran huruf alfabet dalam Bahasa Inggris

Sebagai tahap awal, pembelajaran Bahasa Inggris pertama di TK Islam Siti Khadijah IV dimulai dengan pengenalan huruf alfabet dalam Bahasa Inggris. Pembelajaran huruf alfabet dalam Bahasa Inggris dilakukan dengan bernyanyi sambil menunjukkan huruf-hurufnya.

Proses pembelajaran huruf alfabet dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi
Proses pembelajaran huruf alfabet dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi

Setelah diberi contoh, murid-murid diminta mengajukan diri untuk memimpin bernyanyi di depan kelas. Murid-murid yang lain ikut bernyanyi di mejanya masing-masing dan bernyanyi bersama-sama. Kegiatan ini terus dilakukan secara berulang-ulang dan bergantian.

Selain bernyanyi dan belajar huruf alfabet dalam Bahasa Inggris, kegiatan ini diharapkan dapat mengasah keberanian murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV untuk tampil di depan kelas. Dengan begitu, diharapkan murid-murid bisa memahami dan mengingat huruf alfabet dalam Bahasa Inggris dengan lebih efektif.

2. Pembelajaran kosa kata (vocabulary) buah-buahan, sayuran, dan warna dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya, pembelajaran Bahasa Inggris kedua di TK Islam Siti Khadijah IV dilanjutkan dengan pembelajaran kosa kata warna, buah-buahan, dan sayuran dalam Bahasa Inggris. Pembelajaran ini dilakukan secara bersamaan dan bisa disebut sebagai pembelajaran kombinasi. 

Pembelajaran ini dilakukan dengan mengenalkan kosa kata buah-buahan dan sayuran dalam Bahasa Inggris. Kemudian warna dari buah-buahan dan sayuran tersebut. Sebagai contoh, Bahasa Inggris dari pisang adalah banana, pisang berwarna kuning, dan Bahasa Inggris dari kuning adalah yellow.

Untuk pembelajaran ini, penulis dan rekan kelompok menggunakan media kertas dan gambar. Setiap kertas bergambar dan kertas polos kemudian ditempelkan di papan tulis. Setelah semua kertas selesai ditempelkan di papan tulis, penulis dan rekan kelompok akan bertanya kepada murid-murid lalu menjelaskan kosa kata Bahasa Inggris dan mengucapkan cara pengucapannya yang benar. 

Kemudian, murid-murid akan diberikan kertas berwarna dan diminta maju kedepan untuk menempelkan warna sesuai dengan warna buah-buahan dan sayuran yang tertera di papan tulis. Murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Proses pembelajaran kosa kata buah-buahan,sayuran, dan warna dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi
Proses pembelajaran kosa kata buah-buahan,sayuran, dan warna dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi

3. Pembelajaran kosa kata (vocabulary) makanan, minuman, angka, dan berhitung dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya, pembelajaran Bahasa Inggris ketiga di TK Islam Siti Khadijah IV dilanjutkan dengan pembelajaran kosa kata makanan dan minuman dalam Bahasa Inggris. Pembelajaran ini juga digabungkan dengan pembelajaran angka dan berhitung dalam Bahasa Inggris.

Tidak berbeda jauh dari pembelajaran sebelumnya, pembelajaran kali ini juga menggunakan media kertas dan gambar yang ditempelkan di papan tulis. Setelah kertas bergambar ditempelkan, penulis dan rekan kelompok bertanya kepada murid-murid dan menjelaskan kosa kata Bahasa Inggris dan mengucapkan cara pengucapannya yang benar.

Proses pembelajaran kosa kata makanan dan minuman dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi
Proses pembelajaran kosa kata makanan dan minuman dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi

Setelah murid-murid memahami dan bisa mengucapkan kosa katanya dengan benar, kegiatan tanya jawab dilakukan secara berulang-ulang agar murid-murid bisa mengingat dan memahami kosa kata makanan dan minuman dalam Bahasa Inggris dengan lebih efektif.

Tingginya tingkat antusiasme murid-murid terhadap kegiatan pembelajaran ini bisa dilihat dari cara murid-murid tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dijawab dengan bersemangat. Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembelajaran angka dan berhitung dalam Bahasa Inggris. Penulis menulis angka-angka dan menyebutkannya dalam Bahasa Inggris. Saat diminta untuk berhitung dalam Bahasa Inggris, murid-murid memberi respons yang positif.

Proses pembelajaran berhitung dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi
Proses pembelajaran berhitung dalam Bahasa Inggris/Dokumentasi pribadi

Setelah murid-murid mengenal angka dan bisa mengucapkannya dalam Bahasa Inggris, penulis dan rekan kelompok meminta murid-murid untuk menghitung jumlah makanan dan minuman yang ada pada kertas bergambar yang sudah ditempelkan di papan tulis sebelumnya. Lagi-lagi murid-murid TK Islam Siti Khadijah memberikan respons yang sangat positif.

Setelah kegiatan tanya jawab selesai dilakukan secara berulang-ulang, penulis dan rekan kelompok memberi murid-murid dua lembar soal. Lembar pertama berisikan angka-angka dengan garis putus-putus dan tabel kosong untuk menulis angka. Lembar kedua berisi gambar-gambar makanan dan minuman yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan tiga pilihan jawaban kosa kata Bahasa Inggris, dan tabel kosong untuk menuliskan jumlah makanan dan minuman yang ada pada gambar.

Dengan tingginya tingkat antusiasme yang ditunjukkan oleh murid-murid, dapat disimpulkan bahwa murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV dapat menerima dan memahami pembelajaran Bahasa Inggris yang diberikan dengan sangat baik.  Murid-murid bahkan terlihat sangat bersenang-senang dan berlomba-lomba untuk menyebutkan kosa kata (vocabulary) dan berhitung dalam Bahasa Inggris.

Meskipun kegiatan KKN ini hanya dilaksanakan dalam kurun waktu beberapa hari, diharapkan ilmu-ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat, khususnya bagi murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV. 

Selain itu, diharapkan juga apa yang sudah diajarkan dapat menjadi salah satu langkah awal dan motivasi bagi murid-murid TK Islam Siti Khadijah IV untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya di masa depan, khususnya kemampuan berbahasa Inggris.

TK Islam Siti Khadijah IV/Dokumentasi pribadi
TK Islam Siti Khadijah IV/Dokumentasi pribadi

Penulis: Dyes Ayuning Tyas (1905068)

Program Studi: Bahasa dan Sastra Inggris

Kelompok 63

DPL: Drs. Amir, M. Pd.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun