Mohon tunggu...
Dyah Handayani
Dyah Handayani Mohon Tunggu... Guru - PNS Guru

Saya suka membaca buku, terutama buku yang berkaitan dengan planet-planet, dan keajaiban dunia. Selain itu saya juga suka membaca novel terjemahan dengan tema kelahiran kembali dan komik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

15 Desember 2022   22:25 Diperbarui: 15 Desember 2022   22:29 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LAPORAN BEST PRACTICE

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD Negeri 10 Singkawang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Penulis

Dyah Handayani, S.Pd.

Tanggal

3 Desember 2022

Kondisi yang menjadi latar

belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1.   Perhatian siswa mudah teralihkan.

2. LKPD yang dibuat tidak menarik dan tidak sesuai panduan penyusunan.

3.   Guru  cenderung  menggunakan  metode  ceramah  dari awal hingga akhir pembelajaran sehingga siswa mudah merasa bosan.

4.   Media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sehingga tidak menarik minat siswa terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Alasan praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena masih banyak

guru termasuk rekan sejawat saya di sekolah tempat saya mengajar   mengalami   permasalahan   seperti   yang   saya

hadapi.   Saya   berharap   dengan    praktik   ini   mampu

memotivasi  saya untuk  lebih  meningkatkan keterampilan

mengajar sehingga proses pembelajaran dapat lebih efektif dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Saya juga berharap praktik ini dapat bermanfaat pula bagi rekan sejawat yang menghadapi permasalahan yang sama.

Peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah

mengidentifikasi  masalah  yang  ada  di  kelas  yang  saya ampu, menganalisis penyebab masalah, dan menentukan solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Solusi yang saya gunakan antara lain menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa, menggunakan metode student centered, membuat LKPD yang menarik dan sesuai dengan panduan penyusunan, serta menggunakan media pembelajaran yang bervarias sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Tantangan :

Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut

1.   Tantangan yang dihadapi siswa

a. Siswa belum terbiasa mengerjakan LKPD sesuai langkah  kerja  yang  telah  dibuat  dan  disampaikan oleh guru.

Apa saja yang menjadi

tantangan untuk mencapai

tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

b.   Siswa       belum       terbiasa       berdiskusi       dan

mengemukakan pendapatnya dalam kelompok.

c.   Beberapa siswa belum terlibat aktif dalam diskusi kelompok.

d.   Siswa   belum   percaya   diri   dalam   melakukan

presentasi di hadapan teman-temannya.

2.   Tantangan yang dihadapi guru

a.   Memilih  model  dan  metode  pembelajaran  yang

sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.

b.   Membuat media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa.

c.   Mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran.

d.   Membuat LKPD yang menarik dan sesuai dengan panduan penyusunan.

e.   Memotivasi   siswa   untuk   aktif   selama   diskusi

kelompok.

b.   Siswa       belum       terbiasa       berdiskusi       dan

mengemukakan pendapatnya dalam kelompok.

c.   Beberapa siswa belum terlibat aktif dalam diskusi kelompok.

d.   Siswa   belum   percaya   diri   dalam   melakukan

presentasi di hadapan teman-temannya.

2.   Tantangan yang dihadapi guru

a.   Memilih  model  dan  metode  pembelajaran  yang

sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.

b.   Membuat media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa.

c.   Mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran.

d.   Membuat LKPD yang menarik dan sesuai dengan panduan penyusunan.

e.   Memotivasi   siswa   untuk   aktif   selama   diskusi

kelompok.

Aksi :

Langkah-langkah  yang  dilakukan  untuk  menghadapi

Langkah-langkah apa yang

tantangan tersebut

dilakukan untuk menghadapi

tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

1.   Langkah yang saya lakukan untuk mengatasi tantangan

yang dihadapi siswa adalah perlunya bimbingan dan pembiasaan dalam penerapan diskusi kelompok. Selain itu guru juga harus memberikan motivasi yang dapat meningkatkan minat belajar, keaktifan, dan rasa percaya diri siswa.

2.   Langkah yang saya lakukan untuk mengatasi tantangan yang  dihadapi  guru  adalah  dengan  berdiskusi  serta

berkoordinasi   dengan   kepala   sekolah   dan   teman

sejawat,  serta  mencari  literatur  terkait  masalah  yang

sama dari berbagai sumber. Selanjutnya saya membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, media pembelajaran  berbasis  IT,  LKPD,  dan  soal  evaluasi. Saat membuat perangkat saya juga meminta saran dan pendapat dari teman sejawat agar perangkat yang saya buat sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.

Strategi yang digunakan dan prosesnya

Saya  menggunakan  model  pembelajaran  Problem  Based

Learning (PBL), pendekatan Saintifik, LKPD bebasis masalah, dan media pembelajaran berupa replika bangun datar dan power point yang disisipi video pembelajaran.

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terdiri dari 5 tahap, yaitu:

Tahap 1: Orientasi peserta didik pada masalah

  • Strategi    yang    digunakan    adalah    siswa    menyimak percakapan antara guru dan siswa tentang lingkungan kelas yang    tidak    bersih.    
  • Siswa    bertanya    tentang    akibat lingkungan  kelas  yang  tidak  bersih. 
  • Siswa  menyimak pertanyaan  guru tentang kosakata lingkungan kelas  yang tidak bersih. 
  • Siswa menemukan 3 kosakata tentang lingkungan kelas yang tidak bersih. Siswa menyimak video pada power point yang ditampilkan tentang kosakata lingkungan kelas yang tidak bersih. 
  • Siswa menuliskan kosakata  lingkungan  kelas  yang  tidak  bersih  dari  video yang disimak.

Tahap 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar 

  • Strategi  yang  digunakan  adalah  siswa  dibagi  menjadi  6 kelompok belajar. 
  • Siswa menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan  oleh  guru.  
  • Siswa  dan  teman  sekelompoknya melakukan diskusi untuk mengisi bagan ciri-ciri lingkungan kelas  yang  tidak  bersih  dan  cara  mengatasi  lingkungan kelas yang tidak bersih berdasarkan langkah kerja di LKPD.

Tahap 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

  • Strategi yang digunakan adalah guru berkeliling kelas untuk memantau kegiatan siswa dan membimbing kelompok belajar jika mengalami kesulitan.

Tahap 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

  • Strategi    yang    digunakan    adalah    setiap    perwakilan kelompok menyajikan bagan tentang lingkungan kelas yang tidak bersih dan bagan tentang cara mengatasi lingkungan kelas yang tidak bersih hasil diskusi kelompok.

Tahap  5:  Menganalisis  dan  mengevaluasi  proses pemecahan masalah.

  • Strategi yang digunakan adalah kelompok yang lain memberikan  tanggapan  dari  hasil  penyajian  temannya. 
  • Hasil diskusi yang belum tepat diluruskan oleh guru. 
  • Siswa bersama   guru   merangkum   hasil   diskusi   yang   telah dilakukan. 
  • Pemberian reward untuk 3 kelompok terbaik.

Yang Terlibat Dalam Kegiatan Ini:

1.   Guru sebagai erancang perangkat dan pelaksana praktik

pembelajaran.

2.   Kepala sekolah yang telah memberikan izin untuk PPL dan menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik

3.   Teman sejawat yang membantu mempersiapkan alat dan merekam video selama proses pembelajaran.

4. Siswa kelas 2 B yang berjumlah 24 orang sebagai partisipan.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • RPP yang menggunakan model pembelajaran Problem
  • Based Learning (PBL),dan pendekatan Saintifik.
  • Modul ajar dan LKPD berbasis masalah.
  • Media Pembelajaran berupa replika bangun datar dan
  • power point yang disisipi video pembelajaran.
  • Soal evaluasis berbasis HOTS. Sarana teknologi: Laptop dan LCD
  • Alat  dan  Bahan  Karya  Montase:  Gunting,  berbagai gambar, kertas HVS dan lem

Refleksi Hasil dan dampak

Dampak dari aksi dari langkah yang dilakukan

Bagaimana dampak dari aksi

1.   Penerapan    model    pembelajaran    Problem    Based

dari Langkah-langkah yang

Learning  (PBL)  berdampak  pada  peningkatan  minat

dilakukan? Apakah hasilnya

siswa  terhadap  pembelajaran.  Hal  ini  terlihat  dari

efektif? Atau tidak efektif?

meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran.

Mengapa? Bagaimana respon

2.   Penggunaan media pembelajaran berupa replika bangun

orang lain terkait dengan strategi

datar dan power point yang disisipi video pembelajaran

yang dilakukan, Apa yang

berdampak    pada    meningkatnya    perhatian    siswa

menjadi faktor keberhasilan atau

terhadap   materi   yang   disampaikan   melalui   media

ketidakberhasilan dari strategi

tersebut.   Hal   ini   dibuktikan   dengan   meningkatnya

yang dilakukan? Apa

jumlah  siswa  yang  ingin  menjawab  pertanyaan  dari

pembelajaran dari keseluruhan

guru.

proses tersebut

3.   Penggunaan LKPD berbasis masalah berdampak pada

meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam diskusi kelompok.

Respon orang lain yang terlibat

Siswa merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan

terutama ketika menonton video yang ditayangkan melalui proyektor. Selain itu siswa juga senang ketika mengerjakan LKPD pada pembelajaran matematika karena siswa terlibat secara langsung dalam menyelesaikan LKPD.

Faktor keberhasilan atau tidak keberhasilan

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini

antara   lain:   penguasaan   guru   terhadap   kelas,   materi

pembelajaran,      model      pembelajaran,      dan      media

pembelajaran   yang   digunakan.   Faktor   lainnya   adalah

keterampilan guru dalam mengajar dan gaya penyampaian

materi yang menarik.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang  sudah  dilakukan  guru  antara  lain  menjadikan  guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media

pembelajaran,serta    menyusun    LKPD    yang    menarik

sehingga  dapat  meningkatkan  minat  belajar  siswa  yang

berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun