Mohon tunggu...
Dyah Handayani
Dyah Handayani Mohon Tunggu... Guru - PNS Guru

Saya suka membaca buku, terutama buku yang berkaitan dengan planet-planet, dan keajaiban dunia. Selain itu saya juga suka membaca novel terjemahan dengan tema kelahiran kembali dan komik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

13 Desember 2022   17:58 Diperbarui: 13 Desember 2022   18:20 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

2.

3.

4.

5.

6.

Modul ajar dan LKPD berbasis masalah.

Media Pembelajaran berupa replika bangun datar dan

power point yang disisipi video pembelajaran.

Soal evaluasis berbasis HOTS. Sarana teknologi: Laptop dan LCD

Alat  dan  Bahan  Karya  Montase:  Gunting,  berbagai gambar, kertas HVS dan lem

Refleksi Hasil dan dampak

Dampak dari aksi dari langkah yang dilakukan

Bagaimana dampak dari aksi

1.   Penerapan    model    pembelajaran    Problem    Based

dari Langkah-langkah yang

Learning  (PBL)  berdampak  pada  peningkatan  minat

dilakukan? Apakah hasilnya

siswa  terhadap  pembelajaran.  Hal  ini  terlihat  dari

efektif? Atau tidak efektif?

meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran.

Mengapa? Bagaimana respon

2.   Penggunaan media pembelajaran berupa replika bangun

orang lain terkait dengan strategi

datar dan power point yang disisipi video pembelajaran

yang dilakukan, Apa yang

berdampak    pada    meningkatnya    perhatian    siswa

menjadi faktor keberhasilan atau

terhadap   materi   yang   disampaikan   melalui   media

ketidakberhasilan dari strategi

tersebut.   Hal   ini   dibuktikan   dengan   meningkatnya

yang dilakukan? Apa

jumlah  siswa  yang  ingin  menjawab  pertanyaan  dari

pembelajaran dari keseluruhan

guru.

proses tersebut

3.   Penggunaan LKPD berbasis masalah berdampak pada

meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam diskusi kelompok.

Respon orang lain yang terlibat

Siswa merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan

terutama ketika menonton video yang ditayangkan melalui proyektor. Selain itu siswa juga senang ketika mengerjakan LKPD pada pembelajaran matematika karena siswa terlibat secara langsung dalam menyelesaikan LKPD.

Faktor keberhasilan atau tidak keberhasilan

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini

antara   lain:   penguasaan   guru   terhadap   kelas,   materi

pembelajaran,      model      pembelajaran,      dan      media

pembelajaran   yang   digunakan.   Faktor   lainnya   adalah

keterampilan guru dalam mengajar dan gaya penyampaian

materi yang menarik.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang  sudah  dilakukan  guru  antara  lain  menjadikan  guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media

pembelajaran,serta    menyusun    LKPD    yang    menarik

sehingga  dapat  meningkatkan  minat  belajar  siswa  yang

berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun