2.
3.
4.
5.
6.
Modul ajar dan LKPD berbasis masalah.
Media Pembelajaran berupa replika bangun datar dan
power point yang disisipi video pembelajaran.
Soal evaluasis berbasis HOTS. Sarana teknologi: Laptop dan LCD
Alat  dan  Bahan  Karya  Montase:  Gunting,  berbagai gambar, kertas HVS dan lem
Refleksi Hasil dan dampak
Dampak dari aksi dari langkah yang dilakukan
Bagaimana dampak dari aksi
1.  Penerapan   model   pembelajaran   Problem   Based
dari Langkah-langkah yang
Learning  (PBL)  berdampak  pada  peningkatan  minat
dilakukan? Apakah hasilnya
siswa  terhadap  pembelajaran.  Hal  ini  terlihat  dari
efektif? Atau tidak efektif?
meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran.
Mengapa? Bagaimana respon
2. Â Penggunaan media pembelajaran berupa replika bangun
orang lain terkait dengan strategi
datar dan power point yang disisipi video pembelajaran
yang dilakukan, Apa yang
berdampak   pada   meningkatnya   perhatian   siswa
menjadi faktor keberhasilan atau
terhadap  materi  yang  disampaikan  melalui  media
ketidakberhasilan dari strategi
tersebut.  Hal  ini  dibuktikan  dengan  meningkatnya
yang dilakukan? Apa
jumlah  siswa  yang  ingin  menjawab  pertanyaan  dari
pembelajaran dari keseluruhan
guru.
proses tersebut
3. Â Penggunaan LKPD berbasis masalah berdampak pada
meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam diskusi kelompok.
Respon orang lain yang terlibat
Siswa merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan
terutama ketika menonton video yang ditayangkan melalui proyektor. Selain itu siswa juga senang ketika mengerjakan LKPD pada pembelajaran matematika karena siswa terlibat secara langsung dalam menyelesaikan LKPD.
Faktor keberhasilan atau tidak keberhasilan
Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini
antara  lain:  penguasaan  guru  terhadap  kelas,  materi
pembelajaran,    model    pembelajaran,    dan    media
pembelajaran  yang  digunakan.  Faktor  lainnya  adalah
keterampilan guru dalam mengajar dan gaya penyampaian
materi yang menarik.
Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang  sudah  dilakukan  guru  antara  lain  menjadikan  guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media
pembelajaran,serta   menyusun   LKPD   yang   menarik
sehingga  dapat  meningkatkan  minat  belajar  siswa  yang
berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H