LK 3.1 Menyusun Best Practices
PPG Daljab Gelombang 2 Tahun 2022
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi SMK Farmasi Bina Medika Palembang
Lingkup Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
1. Meningkatkan Kemampuan dasar numerasi peserta didik masih rendah
2. Meningkatkan rasa percaya diri peserta didik saat presentasi dalam pembelajaran
3. Meningkatkan keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran
4. Meningkatkan kemampuan guru mengimplentasikan model-model pembelajaran inovatif
5. Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran
Penulis apt.Dwi Meirani, S.Farm
Tanggal 13 Oktober 2022 - 24 November 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi Latar belakang masalah dalam praktik pembelajaran ini adalah :
latar belakang masalah dialam praktik pembelajaran ini adalah kemampuan dasar  numerasi peserta didik  yang masih rendah, kurangnya percaya diri dan keberanian mengemukakan pendapat  menyebabkan kurangnya aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik kurang berinteraksi di kelas, kurang maksimalnya guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kurangnya guru mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran  menambah penurunan aktivitas pembelajaran dalam kelas.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini
Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru,tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan,LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat, saya berupaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media dan model  pembelajaran yang inovatif.
Tantangan :
Tantangan yang dihadapi oleh guru untuk mecapai tujuan adalah:
1. Penekanan pelajaran numerasi
2. Melatih rasa percaya diri peserta didik
3. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan inovatif
Di sini yang terlibat adalah Guru, peserta didik, rekan guru, kepala sekolah, orang tua.
Aksi :
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan adalah:
1. Penggunaan metode dan model pembelajaran
  Strategi yang dilakukan guru yaitu memenggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) sedangkan untuk metodenya berupa penyampaian materi singkat, peragaan stabilitas suspensi oleh siswa di bimbing oleh guru, diskusi kelompok, presentasi. Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik. Sumber daya yang diperlukan yaitu guru harus memahami sintaks model pembelajaran PBL dan juga memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis metode yang dipakai dalam pembelajaran.
2. Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
  Strategi yang dilakukan guru dengan menggunakan jadwal mengajar di kelas pada jam pertama agar siswa masih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Proses yang dilakukan dengan memberikan informasi kepada peserta didik pada pertemuan tersebut akan dilakukan pengambilan video agar waktu pengambilan video berjalan maksimal. Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan untuk mengkondisikan kelas agar lebih kondusif dari biasanya.
3. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
  Strategi yang dilakukan guru yaitu memilih media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik dengan memanfaatkan gambar gambar, video Youtube yang sesuai dengan cakupan materi yang ditayangkan dalam bentuk slide power point. Proses yang dilakukan yaitu dengan mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik. Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan guru dalam mengaitkan atau menghubungkan apakah gambar atau video tersebut sudah sesuai dengan materinya
4. Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik
Strategi yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam RPP. Proses yang dilakukan yaitu merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran yang terpilih. Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan guru dalam merancang dan menyusun setiap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik agar lebih termotivasi dan aktif sehingga aktivitas dan hasil belajarnya akan meningkat.
Refleksi Hasil dan dampak
Â
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan antara lain:
Penggunaan model pembelajaran PBL dimana kegiatannya berpusat pada peserta didik, menjadikan peserta didik lebih aktif, dapat berpikir analisis dan kreatif dibandingkan dengan saat masih menggunakan model dan metode yang monoton. Selain itu, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta per kelompok menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru siswa menjadi berani untuk mengemukakan pendapatnya.
Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video dan slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, peserta didik lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga aktivitas dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.
Dalam proses pembelajaran yang berlangsung, dengan menggunakan strategi tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:
a. Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
b. Â Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan peserta didik dapat terlibat secara aktif.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi  stabilitas sediaan suspensi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H