Mohon tunggu...
DWI KHAIRA RAMDHANNI
DWI KHAIRA RAMDHANNI Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Digitech University

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Studi Kualitatif Deskriptif Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskemsas Melong Asih

20 Mei 2024   08:30 Diperbarui: 20 Mei 2024   08:33 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Kajian Pustaka

    2.1.1 Puskesmas

         A. Pengertian Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan fasilitas penting dalam penyediaan pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Sebagai bagian dari dinas kabupaten/kota, Puskesmas berfungsi sebagai unit teknis yang bertanggung jawab atas pelaksanaan program pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja tertentu, Depkes(2011) (dalam jurnal Mayang Sari, 2019).

Menurut Azrul Azwar (1996) dalam jurnal (Mayang Sari, 2019) menyatakan bahwa Puskesmas adalah sebuah badan operasional yang berperan sebagai pusat pengembangan kesehatan, memperkuat keterlibatan masyarakat dalam hal kesehatan, serta sebagai tempat penyediaan layanan kesehatan primer yang menyelenggarakan kegiatan secara komprehensif dan terpadu dalam suatu wilayah tertentu.

Puskesmas adalah unit organisasi yang berfungsi menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, terpadu, dan merata, yang dapat diakses dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam pelaksanaannya, Puskesmas melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan. Sementara itu, pembiayaan untuk operasional Puskesmas dapat ditanggung oleh pemerintah maupun masyarakat secara luas, dengan tujuan mencapai derajat kesehatan yang optimal, namun tetap memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada setiap individu menurut Depkes, 2009 dalam jurnal ( Mayang Sari, 2019).

B. Sistem Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat

Puskesmas merupakan suatu sistem yang terdiri dari dari sub sistem, dan suprasistem. Sub sistem di puskesmas seperti Bagian Perbaikan Gizi Masyarakat (Gizi), Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kesehatan Lingkungan (Kesling), Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Promosi Kesehatan (Promkes), dan Bagian Pengobatan. Suprasistem adalah bagian atau komponen yang berada diluar sistem. Seperti dinas kesehatan, rumah sakit, klinik swasta, pengobatan tradisional/keluarga dan lintas sector kecamatan. Menurut (Reni, 2020 : 8) menuliskan dari bagian-bagian sub sitem, kemudian diuraikan komponen-komponen sistemnya yaitu dimulai dari :

1. Komponen Imput

  • Man, yaitu petugas (medis/paramedis dan non medis/paramedis).
  • Money, yaitu sumber-sumber pembiayaan kesehatan
  • Material, yaitu bahan dan obat serta persediaan lainnya.
  • Method, yaitu prosedur kerja/layanan kesehatan masyarakat
  • Markets, yaitu masyarakat dan penderita di wilayah puskesmas.
  • Machine, yaitu perlengkapan dan peralatan kesehatan lainnya.

2. Komponen Proses

  • proses kinerja petugas ,edis/paramedis dan non medis/paramedis.
  • Proses pembagunan bahan dan obat serta penyediaan lainnya.
  • Proses penggunaan prosedur kerja/layanan kesehatan masyarakat.
  • Proses pelayanan penderita dan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat.
  • Proses penggunaan pengeluara anggaran (pengganggaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun