Mohon tunggu...
Dwi Ernawati
Dwi Ernawati Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-10 dengan Media Stik Angka

28 Januari 2024   23:27 Diperbarui: 28 Januari 2024   23:42 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang Masalah

Menurut Asri Budiningsih (2003 : 26) Membilang merupakan salah satu bagian dari konsep matematika yang dapat dikenalkan pada anak usia dini. Belajar membilang akan mendukung anak dalam hal seperti kemampuan membilang benda, membilang angka, mengurutkan lambang bilangan dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda. Kegiatan membilang untuk anak TK A adalah anak membilang dari satu sampai sepuluh.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari kondisi yang ada pada kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan kelompok A. terdapat 9 dari 15 anak yang masih kebingungan dalam mengenal lambang bilangan 1-10.

Penyebab anak kesulitan dalam mengenal lambang bilangan yaitu :

1.Guru menggunakan media yang kurang bervariasi

2.Pembelajaran masih berpusat kepada Guru

3.Model pembelajaran kurang beragam

4.Guru masih menggunakan lembar Kerja Anak (LKA)

Langkah-langkah penggunaan media stik angka :

1. Anak mengamati media stik angka yang sudah ada gambar dan label angkanya

2. Anak mengambil stik angka kemudian meletakkan stik angka tersebut ke bentuk mobil yang sudah di beri lubang.

3. Anak meletakkan stik angka tersebut dengan urut dari bilangan 1-10.

4. Kemudian anak meniru bentuk lambang bilangan 1-10 dengan media loose part batu kerikil

5. Setelah selesai guru mendokumentasikan hasil karya anak.

6. Anak membereskan kembali alat main sesuai tempatnya.

7. Kemudian bergantian bermain dengan anak yang lain

Pembelajaran mengenalkan lambang bilangan 1-10 dengan media stik angka terbukti efektif dan telah berhasil menunjukkan perkembangan yang signifikan dari 15 anak yang hadir, 3 anak pada kriteria belum mampu mengenal bilangan dengan baik (20%) dan 12 anak mampu mengenal lambang bilangan dengan baik (80%). Dari aksi yang saya lakukan tersebut memiliki dampak yaitu membantu anak dalam mengenal lambang bilangan.hal ini dibuktikan dengan perilaku anak yang dapat mengenal lambang bilangan. Anak yang semula kesulitan dalam mengenal bilangan 1-10,kini lebih paham dan mampu menyebutkannya dengan benar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun