Mohon tunggu...
Dwi Diah Fadilah
Dwi Diah Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Konstruktivisme

8 November 2024   10:49 Diperbarui: 8 November 2024   11:17 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tiga teori pembelajaran dalam Psikologi Pendidikan yang meliputi psikologi kognitif, metakognitif, dan pendekatan konstruktivisme, yang ketiganya memiliki kontribusi signifikan dalam memahami dan mengembangkan strategi pembelajaran efektif. Psikologi kognitif berfokus pada proses mental internal seperti pemikiran dan memori, teori konstruktivisme menekankan peran aktif pelajar dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan, dan metakognisi berpusat pada kesadaran seseorang tentang proses berpikirnya sendiri.

Teori Belajar Psikologi Kognitif

  • Prinsip Dasar Psikologi Kognitif

Psikologi kognitif adalah cabang psikologi yang mengkaji proses mental, termasuk persepsi, memori, dan pemecahan masalah. Menurut teori ini, belajar merupakan proses aktif di mana individu memahami dan memproses informasi baru berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang sudah dimiliki.

  • Teori Belajar Cognitive Field Lewin

Kurt Lewin mengemukakan teori Cognitive Field yang melihat bahwa perilaku individu dipengaruhi oleh interaksi kekuatan internal dan eksternal, yang disebut "medan kognitif." Perubahan dalam struktur kognitif akan mempengaruhi perilaku, dan dalam konteks pendidikan, teori ini mendorong pendekatan yang mempertimbangkan aspek sosial dan psikologis.

  • Teori Belajar Cognitive Development Piaget

Jean Piaget menggagas teori perkembangan kognitif, yang menyatakan bahwa perkembangan intelektual anak berlangsung melalui empat tahap: sensorimotor, pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal. Menurut Piaget, setiap tahapan perkembangan memiliki karakteristik kognitif yang berbeda, yang sangat berpengaruh terhadap bagaimana anak-anak belajar.

  • Discovery Learning Bruner

Jerome Bruner berpendapat bahwa belajar adalah proses aktif di mana peserta didik menemukan konsep melalui eksplorasi. Ia memperkenalkan tiga tahap perkembangan kognitif dalam belajar, yaitu tahap enaktif (aksi), ikonik (visualisasi), dan simbolik (abstraksi). Discovery Learning memberikan siswa kesempatan untuk berpikir mandiri dan menemukan solusi, yang diyakini lebih bermakna.

  • Implikasi Teori Belajar Kognitif dalam Proses Pembelajaran

Dalam teori belajar kognitif, pembelajaran harus memperhatikan perbedaan individual, pengembangan keterampilan berpikir kritis, serta penggunaan teknologi untuk memperkaya proses pembelajaran. Pengajaran berbasis kognitif berfokus pada proses mental yang membantu siswa mengorganisir dan memahami pengetahuan baru.

Pendekatan Konstruktivisme

  • Pengertian Pendekatan Konstruktivisme

Konstruktivisme adalah pendekatan yang menyatakan bahwa pengetahuan dibangun oleh individu melalui interaksi aktif dengan lingkungan mereka. Pembelajaran terjadi secara subjektif karena setiap individu memiliki pengalaman dan persepsi yang unik. Kolaborasi sosial dan penerapan dalam konteks nyata juga dianggap penting.

  • Konstruktivisme Individual dan Sosial (Vygotsky)

Pendekatan konstruktivis individual lebih berfokus pada proses mental individu dalam membangun pengetahuan, sebagaimana dinyatakan oleh Piaget. Sebaliknya, konstruktivisme sosial oleh Vygotsky menekankan peran interaksi sosial dalam pembentukan pengetahuan melalui konsep Zone of Proximal Development (ZPD), di mana bimbingan dari orang lain membantu perkembangan belajar seseorang.

  • Prinsip-Prinsip Dasar Konstruktivisme

Dalam konstruktivisme, pengetahuan dianggap sebagai hasil konstruksi aktif, bersifat subjektif, dan berhubungan dengan konteks nyata. Pembelajaran sebaiknya berpusat pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator yang menyediakan pengalaman belajar yang mendukung perkembangan pengetahuan melalui pengalaman aktif dan refleksi.

  • Model Pembelajaran Konstruktivisme

Model pembelajaran konstruktivisme meliputi Discovery Learning, Inquiry-Based Learning, Problem-Based Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-Based Learning, Cognitive Apprenticeship, dan Reciprocal Teaching. Setiap model ini mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Kognitif dan Perkembangannya

  • Tahap Perkembangan Kognitif

Teori Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif terbagi dalam empat tahap: sensorimotor (usia 0-2 tahun), pra-operasional (usia 2-7 tahun), operasional konkret (usia 7-11 tahun), dan operasional formal (usia 11 tahun ke atas). Setiap tahap menggambarkan bagaimana anak-anak mengembangkan cara berpikir yang memungkinkan mereka memahami dunia dengan cara yang berbeda sesuai dengan usia mereka.

  • Hubungan Kognitif dengan Tingkah Laku dan Hasil Belajar

Pemahaman kognitif mempengaruhi tingkah laku dan hasil belajar siswa. Kognisi yang baik mendorong perilaku belajar yang positif, sedangkan perilaku aktif dalam belajar berperan dalam memperkuat proses kognitif siswa sehingga tercapai hasil belajar yang optimal.

  • Karakteristik Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif ditandai oleh kemampuan berpikir yang semakin kompleks. Misalnya, anak-anak mulai bisa berpikir logis dan memahami hubungan sebab-akibat pada tahap operasional konkret, sedangkan pada tahap operasional formal, mereka mampu berpikir abstrak dan mengembangkan hipotesis.

  • Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Faktor keturunan, lingkungan, kematangan, minat, bakat, serta kebebasan dalam berpikir mempengaruhi perkembangan kognitif individu. Peran lingkungan sangat penting dalam merangsang perkembangan kognitif melalui interaksi dan pengalaman belajar yang beragam.

Metakognitif

  • Pengertian dan Tujuan Metakognitif

Metakognisi mengacu pada kesadaran dan kontrol seseorang terhadap proses berpikirnya. Flavell mendefinisikan metakognisi sebagai kemampuan untuk merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi proses belajar sendiri. Metakognitif membantu siswa menjadi lebih mandiri dan kritis dalam pembelajaran.

  • Penerapan Metakognitif dan Belajar

Penerapan strategi metakognitif mencakup tiga tahapan: perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, siswa menentukan tujuan belajar dan memilih strategi yang tepat. Pada tahap pemantauan, mereka menilai keefektifan strategi tersebut. Terakhir, evaluasi dilakukan untuk melihat apakah tujuan belajar tercapai atau tidak. Dengan menggunakan strategi metakognitif, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan belajar secara lebih efektif.

Ketiga teori ini kognitif, metakognitif, dan konstruktivisme memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan. Teori belajar kognitif menjelaskan pentingnya proses mental dalam belajar, sementara metakognitif membantu siswa memahami dan mengelola proses berpikir mereka sendiri. Konstruktivisme, di sisi lain, menekankan pentingnya peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman langsung. Dengan memahami dan menerapkan ketiga teori ini, proses pembelajaran dapat lebih terarah, mendukung perkembangan kognitif siswa, dan mendorong mereka menjadi pembelajar mandiri dan kritis.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun