Mohon tunggu...
Dwi Mega Andrias Natalina S
Dwi Mega Andrias Natalina S Mohon Tunggu... Guru - Guru TK Hidayatul Muwaffiq

Hobi membaca dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practices dan RTL

11 Desember 2022   13:10 Diperbarui: 11 Desember 2022   13:40 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun BEST PRACTICES dan RTL

Nama

: Dwi Mega Andrias Natalina  Susanti

No UKG

: 201699590408

NIM

: 2200103922020011

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran di PAUD

Lokasi

TK HIDAYATUL MUWAFFIQ Desa Penompo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

Lingkup Pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Keterampilan Fisik Motorik Halus Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B

Penulis

Dwi Mega Andrias Natalina Susanti, S.Pd

Tanggal

11 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: 

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kesulitan belajar dari 15 anak kelompok B terdapat 8 anak yang belum berkembang fisik motorik halusnya dengan baik. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik halus pada anak kelompok B. Hal ini disebabkan karena:

  • Media yang digunakan kurang menarik
  • Metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi
  • Kurangnya stimulus saat kegiatan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran yaitu:

  • Metode dan model pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
  • Media dan alat/ bahan pembelajaran lebih inovatif tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah:

  • Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 3
  • Saya berdiskusi dan mempersentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 3 bersama Dosen Pembimbing, Guru Pamong dan teman-teman Mahasiswa PPG
  • Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL siklus 3 berdasarkan sharing dan hasil diskusi serta presentasi yang sudah dilaksanakan
  • Mengunggah perangkat pembelajaran PPL siklus 3 di LMS
  • Melaksanakan PPL siklus 3 berdasarkan perangkat pembelajaran ke-3
  • Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS
  • Mengunggah video editing dengan durasi 15 menit pada LMS
  • Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
  • Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada perkembangan fisik motorik halusnya

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah:

  • Tehnik dalam menggunakan bahan dan media dari bahan alam
  • Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
  • Penggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat

Adapun pihak-pihak yang terlibat pada praktek pembelajaran ini yaitu: 

  • Anak sebagai subjek praktik
  • Guru sebagai fasilitator
  • Kepala sekolah sebagai fasilitator dalam praktik
  • Teman sejawat yang membantu proses perekaman

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah

  • Menjelaskan tehnik secara detail dalam menggunakan media bahan alam dari awal sampai akhir kegiatan
  • Menjalin kedekatan dengan anak dan mampu menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi peserta didik
  • Menggunakan metode dan model belajar yang dapat menarik minat anak untuk belajar

Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Memanfaatkan media bahan alam dengan tehnik yang tepat (menarik dan dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik halus pada anak).
  • Melakukan pendekatan kepada anak, sehingga anak dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
  • Memilih metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik Anak Usia Dini (belajar sambil bermain)

Proses pemilihan media pembelajaran: menggunakan media bahan alam yang terdapat di sekitar lingkungan anak, yang mudah dicari, tidak memerlukan biaya mahal, menarik dan aman digunakan oleh anak

Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini:

  • Kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan RPP, pembuatan LKPD dan instrumen penilaian yang berpusat pada aktifitas peserta didik
  • Menggunakan media bahan alam yang ada di sekitar anak

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan yaitu:

  • Penggunaan media bahan alam dapat membantu anak-anak memahami materi yang disampaikan guru
  • Pemilihan metode dan model pembelajaran yang digunakan efektif, terlihat dari peran aktif peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar dari awal sampai akhir
  • Kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya
  • Tercapainya tujuan kegiatan belajar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif? Mengapa?

  • Berdasarkan hasil PPL siklus 3, kemampuan anak dalam perkembangan fisik motorik halus pada anak kelompok B TK Hidayatul Muwaffiq memperoleh presentase nilai BSH 2 anak dan presentase nilai BSB sebanyak 6 anak. Hal ini dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak dinyatakan berhasil, karena kemampuan anak sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

  • Kepala sekolah memberikan respon positif dan mendukung kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di sekolah
  • Rekan sejawat tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang sudah saya lakukan, sehingga mereka ingin melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut di kelasnya

Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain :

  • Dukungan kepala sekolah dan teman sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dan proses perekaman kegiatan PPL siklus 3
  • Situasi dan kondisi yang mendukung terlaksananya kegiatan PPL siklus 3
  • Kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media dan metode pembelajaran inovatif yang sudah dikembangkan dalam RPP yang telah direncanakan sebelumnya
  • Dapat mengantisipasi segala tantangan yang dihadapi sebelum pelaksanaan PPL siklus 3

Yang menjadi faktor ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan antara lain:

  • Pada saat proses meremas kertas krep menjadi bulatan kecil berlangsung lama, karena perkembangan fisik motorik halus pada anak masih belum berkembang dengan sempurna
  • Kekuatan otot tangan dan jari anak masih memerlukan latihan

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut: 

  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehari-hari menjadi lebih terstruktur
  • Peserta didik termotivasi dalam kegiatan belajar, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar
  • Media dan alat/ bahan pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi
  • Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan yang sesuai dengan karakteristik anak didik
  • RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)

 

MENINGKATKAN KETERAMPILAN FISIK MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN BAHAN MEDIA ALAM DI TK HIDAYATUL MUWAFFIQ DESA PENOMPO KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO 

OLEH: 

DWI MEGA ANDRIAS NATALINA SUSANTI, S.Pd

NIM 2200103922020011

NO.UKG 201699590408

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN KATEGORI II

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 

TAHUN 2022

  • PENDAHULUAN
  • Latar Belakang
  • Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi di TK Hidayatul Muwaffiq Desa Penompo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto pada anak kelompok B terkait keterampilan fisik motorik halus terdapat 8 dari 15 anak yang mengalami kesulitan dalam kegiatan kolase. Salah satu penyebabnya adalah media yang digunakan kurang menarik, anak cenderung melakukan kegiatan belajar pada Lembar Kerja Anak (LKA) sehingga pembelajaran kurang optimal. Guru menggunakan metode ceramah saat menyampaikan materi, sehingga anak-anak merasa bosan. Model pembelajaran yang digunakan masih klasikal dimana semua anak melakukan kegiatan yang sama. Guru juga kurang memberikan stimulus yang tepat kepada anak.
  • Oleh karena itu guru perlu melakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan fisik motorik halus anak melalui kegiatan yang mampu menguatkan otot-otot dan kelenturan jari tangan anak menggunkan media bahan alam yang bervariasi.
  • Tujuan
  • Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:
  • Menyusun perangkat pembelajaran yang menarik minat belajar siswa,
  • Memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, sehingga mampu meningkatkan daya fikir, kreatifitas, dan daya imajinasi anak.
  • Garis Besar Kegiatan
  • Pada saat pendalaman materi di awal pelaksanaan PPG dan membuat rencana pembelajaran saya mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang materi yang harus dikuasai, mulai dari kompetensi guru profesional dan pedagogik serta cara menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan pembelajaran, pembelajaran berbasis berpikir tingkat tinggi (HOTS), pembelajaran dengan pendekatan TPACK sampai dengan penerapan kurikulum merdeka. Setelah menyelesaikan semua materi tersebut, saya berupaya untuk memperbaiki pembelajaran saya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang saya sesuaikan dengan pengetahuan baru yang saya peroleh dari kegiatan setelah pendalaman materi dan perancangan pembelajaran.
  • Selain itu saya juga mendapatkan berbagai masukan dan  saran dari Dosen, Guru Pamong dan teman sejawat. Pada tahapan berikutnya yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja saya sebagai seorang guru yang kreatif dan professional, dalam pelaksanan PPL ini saya selalu berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat demi kelancaran kegiatan ini. Sebelum pelaksanaan PPL saya perlu menyiapkan perangkat pembelajaran yang bisa menarik minat belajar siswa. Selanjutnya dari pengalaman saya pada masa PPL bisa dijadikan bahan acuan untuk guru yang ada di lembaga untuk membuat perangkat yang sesuai, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Setelah kegiatan PPL selesai guru dituntut untuk bisa mengedit video pembelajaran yang  di unggah di media sosial yang dimiliki. Dari keseluruhan kegiatan PPL ini, saya menuangkannya  dengan cara membuat Best Practice
  • KONEKSI
  • Manfaat Penyusunan RTL
  • Manfaat yang dapat diperoleh dalam penyusunan RTL yaitu saya selaku mahasiswa PPG setelah berakhirnya proses PPG ini yaitu dapat kembali ke lembaga sekolah untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang saya peroleh selama menjadi mahasiswa PPG.
  • Hambatan Saat Menyusun RTL
  • Adapun hambatan yang terjadi saat menyusun RTL yaitu :
  • Terbatasnya waktu dalam proses penyusunan RTL
  • Informasi yang diperoleh dalam tata penyusunan RTL masih kurang jelas
  • Media yang digunakan guru masih terbatas
  • Komponen Yang Diperlukan Dalam Menyusun RTL
  • Lingkungan kelas yang aman dan nyaman untuk proses pembelajaran
  • Cara kerja guru yang efektif dan efisien
  • Cara kerja siswa yang aktif dan kreatif
  • Kepala sekolah yang mendukung penuh proses pembelajaran, memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan
  • Kriteria RTL Yang Baik
  • Terarah yaitu tercapainya tujuan pembelajaran dengan optimal pada setiap kegiatan yang ada dalam rencana tindak lanjut
  • Jelas artinya rencana yang dibuat dapat dimengerti dan diterapkan dengan optimal dalam masing-masing kegiatan.
  • Fleksibel yang artinya mudah disesuaikan dengan perkembangan situasi.
  • PENERAPAN
  • Diseminasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran RTL-1 
  • Nama      : Dwi Mega Andrias Natalina Susanti, S.Pd
  • Instansi   : TK Hidayatul Muwaffiq
  • Prodi       : PG PAUD

Rencana kegiatan

Waktu

Tempat kegiatan

Pihak yang terkait

Kegiatan

  • RPP 3
  • Selasa, 08 November 2022
  • Ruang Kelas A
  • Teman Sejawat guru kel. A
  • Pukul 10.00 Kegiatan merancang perangkat yang akan digunakan untuk Pelaksanaan Siklus ke 3
  • Bahan Ajar
  • Selasa, 08 November 2022

Ruang Kelas A

  • Teman Sejawat guru kel. A
  • Pukul 10.00 Menyiapkan alat dan bahan serta media yang akan digunakan dalam praktik pembelajaran
  • Media
  • Selasa, 08 November 2022

Ruang Kelas A

  • Teman Sejawat guru kel. A
  • Media yang digunakan adalah media bahan alam dan video pembelajaran
  • LKPD
  • Rabu, 09 November 2022

Ruang Kelas A

  • Teman Sejawat
  • Mencari sumber informasi dari media sosial
  • Instrumen
  • Rabu, 09 November 2022

Ruang Kelas A

  • Teman Sejawat
  • Menyusun format Penilaian formatif meliputi ceklist, catatan anekdot dan hasil karya
  • Diseminasi Pembutan Dan Edit Video Praktik Pembelajaran 
  • Nama      : Dwi Mega Andrias Natalina Susanti, S.Pd
  • Instansi   : TK Hidayatul Muwaffiq
  • Prodi       : PG PAUD

Rencana kegiatan

Waktu

Tempat kegiatan

Pihak yang terkait

Kegiatan

  • Pembuatan skenario video RPP siklus ke 3
  • Kamis, 10 November 2022
  • Ruang Kelas A dan halaman bermain
  • Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
  • Menyiapkan segala perlengkapan yang digunakan untuk sign in
  • Melakukan persiapan dan briefing dengan teman sejawat yang membantu proses perekaman video Siklus 3
  • Latihan Membuat Video
  • Kamis, 10 November 2022

Ruang Kelas Adan halaman bermain

  • Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
  • Latihan pengambilan video pembelajaran dan memberikan pengarahan kepada siswa yang akan dilibatkan dalam kegiatan Siklus ke-3
  • Rekaman Video
  • Jum'at, 11 November 2022

Ruang Kelas A dan halaman bermain

  • Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
  • Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Siklus ke-3 bersama dengan peserta didik. Pelaksanaan ini juga di sign in oleh Dosen Pembimbing dan Guru Pamong.
  • Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Siklus ke-3 dilakukan proses perekaman video sebagai bukti bahwa telah dilakukan proses pembelajaran.
  • Untuk menghasilkan kualitas video yang baik, maka proses perekaman dilakukan di kelas A serta dengan kondisi kelas yang kondusif.
  • Editing Video
  • Sabtu, 12 November 2022

Di rumah

  • Peserta PPG dan teman
  • Proses editing video dilakukan setelah kegiatan sign in. Proses editing dilakukan di luar jam mengajar.
  • Finalisasi Video
  • Senin, 14 November 2022

Di rumah

  • Peserta PPG dan teman
  • Hasil akhir dari proses editing video dengan durasi 15 menit di unggah ke Youtobe lalu link di salin dan di unggah  pada LMS
  • Sedangkan Video full di unggah di google drive dan link di unggah pada forum diskusi pada LMS.

 

  • Diseminasi Penyusunan Best Practice Pembelajaran Dengan Pendekatan STAR
  • Nama      : Dwi Mega Andrias Natalina Susanti, S.Pd
  • Instansi   : TK Hidayatul Muwaffiq
  • Prodi       : PG PAUD

Rencana kegiatan

Waktu

Tempat kegiatan

Pihak yang terkait

Kegiatan

  • Koordinasi Persiapan Best Practice
  • Senin, 07 November 2022
  • TK Hidayatul Muwaffiq
  • Kepala sekolah dan teman sejawat
  • Menyiapkan materi dan perangkat yang akan digunakan untuk menyusun Best Practice
  • Pelaksanaan PPL Siklus 3
  • Jum'at, 11 November 2022

TK Hidayatul Muwaffiq

  • Teman sejawat dan peserta didik
  • Melaksanakan kegiatan PPL Siklus 3 dengan proses perekaman video pembelajaran dan sign in oleh Dosen Pembimbing dan Guru Pamong
  • Analisis Data
  • Jum'at, 11 November 2022

TK Hidayatul Muwaffiq

  • Pesera PPG
  • Setelah dilakukan PPL dengan  Siklus ke-3 kemudian peserta PPG melakukan penilaian hasil pembelajaran dan dimasukkan pada format penilaian yang sudah disiapkan. Dari hasil pelaksanaan PPL siklus ke-3, akan terlihat hasil peningkatan perkembangan belajar anak.
  • Pembuatan laporan Best Practice

Sabtu, 10 Desember 2022

TK Hidayatul Muwaffiq

  • Peserta PPG
  • Pelaksanaan PPL Siklus ke-3 yang selanjutnya dimasukkan ke dalam laporan Best Practice yang sudah tersedia untuk di unggah sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun