LK 3.1 Menyusun Best Practices
- Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK HIDAYATUL MUWAFFIQ
Lingkup Pendidikan
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Kancing Baju Berdasarkan Warna dan Jenis Pada Anak Kelompok B
Penulis
Dwi Mega Andrias Natalina Susanti, S.Pd
Tanggal
24 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:Â
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan numerasi pada anak kelompok B, dari 15 anak terdapat 9 anak yang kemampuan mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan jenis masih rendah.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini :
- Media yang digunakan kurang menarik
- Metode pembelajaran yang kurang inovatif
- Kurangnya stimulus dan pendekatan pada peserta didik
Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran yaitu:
- Media dan alat/ bahan pembelajaran lebih inovatif tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik
- Metode pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah:
- Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 4
- Saya berdiskusi dan mempersentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 4 bersama Dosen Pembimbing, Guru Pamong dan teman-teman Mahasiswa PPG
- Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL siklus 4 berdasarkan sharing dan hasil diskusi serta presentasi yang sudah dilaksanakan
- Mengunggah perangkat pembelajaran PPL siklus 4 di LMS
- Melaksanakan PPL siklus 4 berdasarkan perangkat pembelajaran ke-4 menggunakan Kurikulum Merdeka
- Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS
- Mengunggah video editing dengan durasi 15 menit pada LMS
- Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
- Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif, serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada perkembangan kognitifnya
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah:
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan mampu menarik  minat anak
- Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
- Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat
Adapun pihak-pihak yang terlibat pada praktek pembelajaran ini yaitu:Â
- Anak sebagai subjek praktik
- Guru sebagai fasilitator
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah
- Pemilihan media bahan alam yang dipilih sesuai dengan karakteristik anak
- Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- Menggunakan model dan metode pembelajaran inovatif
Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:
- Menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada pendekatan sanintifik, TPACK dan HOTs
- Melakukan pendekatan kepada peserta didik, sehingga mampu melibatkan peran aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
- Memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (bermain sambil belajar)
Proses pemilihan media pembelajaran: menggunakan media bahan alam yang terdapat di sekitar lingkungan anak, yang mudah dicari dan tidak memerlukan biaya mahal serta aman digunakan oleh anak
Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini:
- Kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan RPP, pembuatan LKPD dan instrumen penilaian yang berpusat pada aktifitas peserta didik
- Menggunakan media bahan alam tidak memerlukan biaya mahal serta aman digunakan oleh anak
- Materi pembelajaran juga diambil dari video youtobe untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang dijelaskan guru
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat positif hal ini dapat dilihat dari:
- Berdasarkan hasil PPL siklus 4, kemampuan anak dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan jenisnya pada anak kelompok B TK Hidayatul Muwaffiq sebanyak 7 peserta didik yang sudah muncul dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan jenis, sedangkan ada 2 peserta didik yang belum muncul dalam kegiatan mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan jenis. Hal ini dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan jenis menggunakan media kancing baju dinyatakan efektif, karena kemampuan anak sudah memenuhi kriteria keberhasilan.
- Tingkat keaktifan peserta didik meningkat pada kegiatan pembelajaran menggunakan media benda konkret (kancing baju)
Â
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
- Respon dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah peserta didik terlihat antusias dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan mengelompokkan kancing baju sesuai warna dan jenis menggunakan media kancing baju peserta didik mampu meningkatkan kemampuan numerasi dengan baik
- Kepala sekolah memberikan respon positif dan mendukung kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di sekolah
- Rekan sejawat tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang sudah saya laksanakan, sehingga mereka ingin melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut di kelasnya, karena penggunaan media benda konkret dapat mempermudah peserta didik memahami materi dengan baik
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain :
- Situasi dan kondisi yang mendukung terlaksananya kegiatan PPL siklus 4
- Kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media dan metode pembelajaran inovatif yang sudah dikembangkan dalam RPP yang telah direncanakan sebelumnya
Yang menjadi faktor ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan antara lain:
- Pada kegiatan mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan jenis berlangsung lama, karena guru menyediakan 10 macam kancing baju dengan jumlah yang relatif banyak
- Ada 2 peserta didik saat mengklasifikasikan benda pada kegiatan  mengelompokkan kancing baju berdasarkan warna dan jenis mengalami kesulitan,  karena peserta didik belum bisa membedakan berbagai warna kancing baju mulai dari gradasi warna kancing baju dan jenisnya
- Â
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut:Â
- Peserta didik termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar meningkat
- Peserta didik lebih tertarik dengan kegiatan pembelajaran menggunakan media benda konkret
- Pilihan media dan alat/ bahan pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi
- Pendidik dituntut untuk melakukan kegiatan pengembangan diri untuk bisa mengupdate diri di dalam mengikuti perkembangan teknologi