DEMOSTRASI KONTEKSTUAL
PROGRAM PEMILIHAN DEWAN GALANG
GUDEP 179 DAN 192
SMP NEGERI 6 PURWODADI
Tujuan:
Menumbuhkan jiwa kepemimpinan (gotong royong, mandiri, berfikir kritis, kreatif dan inovatif, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa) didalam diri penggalang Gudep 179 dan 192 SMP Negeri 6 Purwodadi
Latar Belakang :
Filosofi pendidikan yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara didalam trilogi pendidikannya "Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" , dimana seorang guru didepan dia menjadi contoh, ditengah menuntun dan dibelakang memberi motivasi. Â Dari filosofi ini menggambarkan bahwa seorang guru tidak diperkenankan untuk memaksakan kehendaknya kepada murid diluar kodratnya. Guru haruslah menuntun murid sesuai dengan kodratnya, Â sehingga dapat membentuk karakter murid yang sesuai seusai dengan profil pelajar Pancasila.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menumbuh kembangkan karakter murid, begitu pula karakter kepemimpinan murid. Didalam karakter kepemimpinan murid ini murid mampu bergotong royong, berfikir kritis, kreatiatif dan inovasi serta murid mampu mengontrol emosional dalam diri sebagai kekuatan positif yang ada dalam diri murid.
Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan
Didalam pembentukan jiwa kepemimpinan murid maka karakter yang ditumbuh kembangkan
Gotong royong ( Kepemimpinan murid mampu melakukan kerja sama yang baik dengan temannya)
Mandiri (Kepemimpinan murid menumbuhkan rasa tanggung jawab, mengontrol emosional diri sebagai kekuatan positif dalam pembelajarannya sendiri)
Berfikir Kritis ( kepemimpinan murid menumbuhkan rasa berfikir kritis dengan keputusan yang diambil secara bertanggung jawab)
Kreatif ( Kepemimpinan murid dengan mengekspos pengalaman kemampuan murid dalam bentuk produk yang kreatifias dan inovasi murid)
Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa ( Kepemimpinan murid menumbuhkan rasa syukur sesuai dengan sumpah dan janji kepramukaan didalam Dasa Dharma dan Trisatya)
Karateristik lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya Kemimpinan Murid yang dikembangkan
Lingkungan melatih kepemimpinan murid sebagai kekuatan diri sebagai murid yang berberkarakter.
Prakarsa Perubahan
Pemilihan Dewan Galang dalam kegiatan Kepramukaan menumbuhkan jiwa kepemimpinan didalam diri murid baik dalam lingkungan sosial maupun kemasyarakatan yang bertanggung jawab
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H