Mohon tunggu...
Duri Dyah Purwaningsih
Duri Dyah Purwaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru matematika

Hidup hanya sekali maka gunakan untuk belajar, berusaha dan bahagia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demontrasi Kontekstual Modul 3.3

16 Juni 2022   09:24 Diperbarui: 16 Juni 2022   10:20 1219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DEMOSTRASI KONTEKSTUAL

PROGRAM PEMILIHAN DEWAN GALANG

GUDEP 179 DAN 192

SMP NEGERI 6 PURWODADI

Tujuan:

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan (gotong royong, mandiri, berfikir kritis, kreatif dan inovatif, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa) didalam diri penggalang Gudep 179 dan 192 SMP Negeri 6 Purwodadi

Latar Belakang :

Filosofi pendidikan yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara didalam trilogi pendidikannya "Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" , dimana seorang guru didepan dia menjadi contoh, ditengah menuntun dan dibelakang memberi motivasi.  Dari filosofi ini menggambarkan bahwa seorang guru tidak diperkenankan untuk memaksakan kehendaknya kepada murid diluar kodratnya. Guru haruslah menuntun murid sesuai dengan kodratnya,  sehingga dapat membentuk karakter murid yang sesuai seusai dengan profil pelajar Pancasila.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menumbuh kembangkan karakter murid, begitu pula karakter kepemimpinan murid. Didalam karakter kepemimpinan murid ini murid mampu bergotong royong, berfikir kritis, kreatiatif dan inovasi serta murid mampu mengontrol emosional dalam diri sebagai kekuatan positif yang ada dalam diri murid.

Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

Didalam pembentukan jiwa kepemimpinan murid maka karakter yang ditumbuh kembangkan

  • Gotong royong ( Kepemimpinan murid mampu melakukan kerja sama yang baik dengan temannya)

  • Mandiri (Kepemimpinan murid menumbuhkan rasa tanggung jawab, mengontrol emosional diri sebagai kekuatan positif dalam pembelajarannya sendiri)

  • Berfikir Kritis ( kepemimpinan murid menumbuhkan rasa berfikir kritis dengan keputusan yang diambil secara bertanggung jawab)

  • Kreatif ( Kepemimpinan murid dengan mengekspos pengalaman kemampuan murid dalam bentuk produk yang kreatifias dan inovasi murid)

  • Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa ( Kepemimpinan murid menumbuhkan rasa syukur sesuai dengan sumpah dan janji kepramukaan didalam Dasa Dharma dan Trisatya)

Karateristik lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya Kemimpinan Murid yang dikembangkan

Lingkungan melatih kepemimpinan murid sebagai kekuatan diri sebagai murid yang berberkarakter.

Prakarsa Perubahan

Pemilihan Dewan Galang dalam kegiatan Kepramukaan menumbuhkan jiwa kepemimpinan didalam diri murid baik dalam lingkungan sosial maupun kemasyarakatan yang bertanggung jawab

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun