Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tiga Alasan Bahwa Profesi TNI Angkatan Laut Itu Mulia

27 Desember 2023   17:03 Diperbarui: 27 Desember 2023   17:42 5805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surya Bhaskara Jaya Bakti Kesehatan Di Sumenep. Sumber Gambar: https://tni.mil.id/

Kegiatan Operasi Pengamanan Perbatasan yang dilakukan oleh TNI Al tahun 2023 ini, dapat dilihat di perbatasan di Timor Leste dan Australia. Sebagaimana dilansir oleh Kompas.com (2023/3/18), bahwa  TNI Angkatan Laut (AL) telah menggelar operasi pengamanan dan penegakkan kedaulatan laut di perbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

Operasi oleh TNI AL tersebut dinamai Operasi Siaga Jaga Baruna. Laksamana Muhammad Ali selaku Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan, bahwa TNI AL mengerahkan dua hingga tiga kapal perang Republik Indonesia (KRI) dalam operasi itu.

“Unsurnya sekitar dua sampai tiga (KRI), melihat luasan sektor operasi,” ujar Ali saat ditemui di sela-sela bakti sosial korban gempa di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada hari Sabtu 18 Maret 2023.

Ketiga kegiatan operasi tersebut dapat menjadi bahan bagi orang tua untuk menguatkan cita-cita anak yang hendak menjadi Marinir atau tentara angkatan laut. Kegiatan-kegiatan operasi oleh TNI Al yang telah tercatat ini dapat menjadi alasan bahwa profesi TNI Angkatan Laut itu juga mulia karena menyangkut kepentingan dan keberlangsungan hidup masyarakat kita.

Oleh sebab itu, sebagai guru, terlebih jika kita bertugas sebagai walas (Wali kelas) kita dapat memberi pengertian kepada orang tua dan siswa mengenai profesi yang mereka cita-citakan.

Sumber Utama:

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/29813 (PENGAMANAN PULAU-PULAU TERLUAR INDONESIA DALAM UPAYA KEUTUHAN WILAYAH NEGARA REPUBLIK INDONESIA BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL)

https://www.researchgate.net/publication/318651140_PERAN_TNI_AL_DALAM_PENGAMANAN_DAN_PEMBERDAYAAN_PULAU_TERLUAR_RI/fulltext/59754fec0f7e9b4016a076ee/PERAN-TNI-AL-DALAM-PENGAMANAN-DAN-PEMBERDAYAAN-PULAU-TERLUAR-RI.pdf

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun