Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tiga Alasan Bahwa Profesi TNI Angkatan Laut Itu Mulia

27 Desember 2023   17:03 Diperbarui: 27 Desember 2023   17:42 5805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: KOMPAS.com

“Patroli Bersama Keamanan dan Keselamatan Laut Nasional tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dimulai,” tutur Kepala Bakamla RI Laksdya TNI. Kamis (16/3/2023).

Target patroli bersama tersebut adalah untuk memberantas illegal fishing, logging, mining, penyelundupan (narkoba, miras, senjata, BBM, pencari suaka melalui jalur laut), perompakan, pencemaran laut, dan pengangkatan barang muatan kapal tenggelam (BMKT).

2. Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ)

Surya Bhaskara Jaya Bakti Kesehatan Di Sumenep. Sumber Gambar: https://tni.mil.id/
Surya Bhaskara Jaya Bakti Kesehatan Di Sumenep. Sumber Gambar: https://tni.mil.id/

Kegiatan Bhakti Surya Bhaskara Jaya adalah wujud kepedulian dan peran serta TNI Angkatan Laut untuk pembangunan daerah terpencil dan pulau-pulau terluar; khususnya pulau-pulau kecil terluar yang tidak terjangkau oleh transportasi darat dan udara.

Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya pada tahun 2023 sudah tercatat dilakukan di sejumlah tempat. Misalnya di Sumenep dan pulau Masalembu-Madura bulan Juli lalu.

Sebagaimana dikabarkan dalam Tni.mil.id (19 Juli 2023), Prajurit Petarung Batalyon Kesehatan 2 Marinir turut serta melaksanakan kegiatan Surya Bhaskara Jaya Tahun 2023, di Sumenep dan Pulau Masalembu Madura, Selasa (18/07/2023).

3. Operasi Pengamanan Perbatasan

Sumber Gambar: KOMPAS.com
Sumber Gambar: KOMPAS.com

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di sela-sela bakti sosial korban gempa di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Sabtu (18/3/2023).(Kompas.com)

Indonesia memiliki perbatasan darat dengan tiga negara, yaitu Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Serta perbatasan laut dengan sepuluh negara yakni India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Timor Leste, dan Australia.

Terkait dengan pengamanan perbatasan, TNI telah menggelar 373 pos perbatasan (TNI AL 117 pos) di sepanjang perbatasan darat serta melaksanakan operasi pengamanan perbatasan laut sepanjang tahun. Operasi pengamanan perbatasan laut dilakukan secara unilateral serta bilateral dengan negara terkait melalui Patroli Terkoordinasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun