Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Artikel Utama

Membiasakan Nobar Film untuk Mengatasi Loyo di Kelas

13 April 2023   23:23 Diperbarui: 15 April 2023   20:15 850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guru dan Siswa Nobar di Kelas ( Sumber gambar: Pixabay.com)

Bulan ramadan membuat kondisi sehari-hari kita terasa berbeda. Khususnya dalam kondisi rutinitas pembelajaran di kelas. Mungkin ada dampak tertentu dari rasa lapar dan haus terhadap efektivitas kegiatan belajar-mengajar di kelas. 

Oleh karena itu, khusus di bulan ramadan ini saya menerapkan sejumlah "hobi" atau kegemaran baru ketika mengajar di kelas, yaitu mengajak siswa nobar (nonton bareng) film pendek.

Biasanya, dalam materi-materi tertentu saja saya memutar film di kelas. Misalnya pada topik cerita pendek dan novel di akhir bab, untuk membangun asosiasi siswa tentang bagaimana karya sastra direspon di zaman digital iini. 

Namun, khusus di  bulan ramadan ini saya membiasakan untuk memutar film pendek atau bahkan film Panjang  ketika di kelas untuk semua topik.

Rupanya kebiasaan memutar film dalam pembelajaran sebagai pemantik proses pembelajaran bahasa cukup menyenangkan dan efektif. 

Bukan hanya membuat siswa dapat menjadi lebih fokus, antusias, dan tidak mengantuk, tapi juga membuat kemampuan berbahasa siswa dapat bertumbuh. Hal ini saya sadari terlebih ketika membaca riset berikut.

Penelitian Dampak Menonton Film dalam Pembelajaran Bahasa

Pertama terjadinya peningkatan kemampuan berbicara. Penelitian Eko Priyo Purnomo dan Fitri AL, dalam The Effect of Watching Movies on Students' Speaking Ability in Indonesian Language" pada tahun 2021, telah mengevaluasi pengaruh menonton film terhadap keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Indonesia. 

Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP. Para siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menonton film dan kelompok kontrol atau yang tidak menonton film. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok siswa yang menonton film mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan keterampilan berbicara dibandingkan dengan kelompok kontrol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun