2.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.2
Tabel B.2b. Kegiatan Kompetensi Sosial Emosional
No.
Kegiatan
KSE dan Penjelasan
1
Melibatkan murid dalam membuat keyakinan kelas atau peraturan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan
nyaman
(Contoh)
 Kesadaran diri: murid memberikan  nilai yang diyakininya berkaitan dengan lingkungan  kelas dan sekolah  Kesadaran sosial: murid mempertimbangkan pendapat temannya.
 Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab: belajar membuat keputusan yang beralasan berdasarkan logika setelah menganalisis informasi
2
Memberikan kesempatan pada murid untuk  membaca buku pilihannya dalam suasana yang kondusif
Kesadaran diri : Murid dapat menghubungkan perasaan, pikiran, dan mengambil nilai-nilai dari buku yang dibacanya
Manajemen diri : murid dapat belajar mengenali dan mengelola emosi mereka sendiri saat membaca cerita yang menarik
Kesadaran sosial : murid dapat berbagi pemikiran, ide, dan pendapat mereka dengan cara yang efektif dan terstruktur lewat berdiskusi tentang cerita dengan teman sekelas atau guru.
Keterampilan Berelasi : murid dapat mempelajari tentang pentingnya hubungan yang sehat, komunikasi yang efektif, dan kerjasama dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain karena buku seringkali menggambarkan hubungan antara karakter.
Pengambilan Keputusan yang bertanggungjawab : murid dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari karena dalam buku mereka bisa melihat bagaimana karakter menghadapi masalah dan mencari solusi.
3
Memberikan kesempatan pada murid untuk  merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya)
Kesadaran diri : Murid dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis, mengevaluasi, dan merumuskan pemikiran mereka sendiri.
Manajemen Diri : Murid dapat mengidentifikasi emosi yang muncul selama pembelajaran, seperti kegembiraan, frustrasi, atau kebingungan. Dengan menyadari dan mengelola emosi mereka, mereka dapat mengembangkan kemampuan mengelola emosi secara positif dan efektif.
Kesadaran Sosial : Murid dapat memahami dan merasakan pengalaman belajar mereka sendiri serta pengalaman belajar teman sekelas. Ini dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan berempati, yaitu kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan, pikiran, dan perspektif orang lain.
Keterampilan Berelasi : Murid dapat berdiskusi dengan rteman sekelas dan guru dengan berdiskusi terkait apa yang mereka sukai, temui, menantang, atau ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara verbal maupun tulisan untuk menyampaikan pemikiran dan pengalaman mereka.
4
Mengadakan  dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial
Kesadaran Diri: Murid akan belajar untuk meningkatkan kesadaran diri dan mengenali dampak dari tindakan mereka terhadap orang lain.
Manajemen diri : Murid akan dapat mengelolah dan mengontrol perilakunya dalam menggunakan media sosial.
Kesadaran sosial : Murid akan belajar untuk memahami dan merasakan perspektif orang lain. Mereka akan belajar untuk memahami bagaimana tindakan mereka dalam menggunakan media sosial bisa mempengaruhi perasaan dan pengalaman orang lain.
Keterampilan Berelasi : Murid dapat berlatih dalam menyampaikan pendapat dan ide mereka dengan jelas dan terbuka. Mereka juga akan belajar untuk mendengarkan dengan baik dan menghargai pandangan orang lain.
Pengambilan Keputusan yang bertanggungjawab : Murid akan belajar tentang tanggungjawab dan etika dalam penggunaan media sosial. Dari dialog interaktif ini mereka dapat belajar untuk mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif dan mencari solusi yang saling menguntungkan.
5
Memberikan fleksibilitas pada murid untuk  mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu
Kesadaran diri : Murid dapat belajar mengembangkan kreativitas mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan cara yang unik dan orisinal.
Manajemen diri : Murid akan belajar untuk mengatur waktu dan mengambil inisiatif dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Hal ini dapat mengembangkan kemandirian mereka dalam belajar dan bekerja.
Keterampilan Berelasi : Murid dapat saling membantu dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka lewat diskusi.
Pengambilan keputusan yang bertanggungjawab : murid akan belajar untuk mempertimbangkan berbagai faktor dan membuat keputusan yang tepat. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengambil keputusan yang baik dan efektif.
6
Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan olahraga,
dll.)
Kesadaran diri : murid dapat mengenali minat dan
bakatdiri sendiri di bidang literasi, seni dan olahraga, dll. Dengan demikian mereka murid akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kreativitas mereka serta mereka dapat mengekspresikan diri mereka dengan cara yang unik dan orisinal.
Manajemen diri : Murid akan belajar untuk mengatur waktu mereka dengan baik. Mereka akan belajar untuk memprioritaskan tugas-tugas mereka, mengatur jadwal, dan mengelola waktu dengan efisien seuai dengan pilihan kegiatan yang dilakukan.
Kesadaran Sosial : Murid akan belajar untuk memahami dan menghargai perasaan dan perspektif orang lain. Mereka akan belajar untuk melihat situasi dari sudut pandang orang lain dan merespons dengan empati dan kepedulian.
Keterampilan Berelasi : Murid dapat belajar untuk mendengarkan ide-ide orang lain, berbagi tanggung jawab, dan bekerja secara efektif dalam kelompok.
Pengambilan Keputusan yang bertanggungjawab : Murid akan belajar untuk membuat keputusan yang baik dan efektif. Mereka akan belajar mempertimbangkan berbagai faktor, mengevaluasi pilihan, dan mengambil keputusan yang tepat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H