Mohon tunggu...
Kelvin Layzuardy
Kelvin Layzuardy Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Menulis ulasan produk

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Customer Service akan Punah? Bagaimana Mencegahnya di Era Digital?

28 Juli 2022   23:55 Diperbarui: 29 Juli 2022   00:03 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Customer Service by inMakerting

Customer service di era digital sering diramalkan akan punah bahkan bisa dibilang digantikan oleh robot. Apakah hal ini benar akan terjadi atau hanya asumsi belaka?

Sampai saat ini sendiri masih belum ada riset yang membenarkan hal tersebut. Walau begitu, memang peran customer service saat ini sudah mulai terasa kurang. Apa lagi tidak banyak customer service yang saat ini bisa menyesuaikan dengan era digital.

Perlu diketahui, customer service dapat bertahan tentunya karena mengikuti era digital yang ada. Dimana Customer Service hadir sesuai platform pada era tersebut.

Salah satu cara untuk membuat customer service dalam bisnis agar bisa menyesuaikan era digital saat ini sendiri adalah dengan penggunaan platform komunikasi yang sesuai.

Platform komunikasi yang bisa digunakan untuk membantu customer service menyesuaikan diri pada era digital ini adalah dengan menggunakan WhatsApp Business Platform yah.

Lalu, apa sebenarnya WhatsApp Business Platform itu?

Secara sederhana WhatsApp Business Platform bisa dibilang sebagai platform komunikasi dalam bisnis yang bisa digunakan oleh customer service untuk berkomunikasi dengan customer.

Melalui WhatsApp Business Platform sendiri sebenarnya kamu bisa menghubungi atau menjangkau customer dengan mudah melalui pesan di WhatsApp loh.

Saat ini sendiri sebenarnya penggunaan WhatsApp Business Platform sudah banyak diterapkan di bisnis. Namun, ada juga beberapa bisnis yang belum mengetahui adanya platform komunikasi ini.

WhatsApp Business Platform tentunya bukan tanpa alasan dikatakan sebagai platform komunikasi bisnis yang bisa membantu bisnis meningkatkan kemampuan komunikasi.

Hal ini dapat dilihat dari fitur yang dimiliki oleh platform komunikasi. Dimana fitur-fitur yang dimiliki bisa membantu kamu komunikasi dengan customer dengan lebih mudah bahkan sebaliknya.

Fitur WhatsApp Business Platform

Beberapa fitur WhatsApp Business Platform sendiri sebagai berikut:

Pertama ada chatbot yang merupakan fitur yang dapat membantu kamu membalas customer dengan cepat. Melalui chatbot kamu bisa membalas pesan customer dalam hitungan detik.

Selain itu, terdapat juga fitur chat panel yang dimana melalui fitur ini customer service bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan customer secara real time.

Lalu, ada juga fitur broadcast messages dimana melalui fitur ini kamu bisa mengirimkan pesan dengan mudah kepada customer baik itu dalam bentuk promosi atau informasi yah.

Terakhir, terdapat juga dashboard yang ada. Dimana melalui dashboard kamu bisa melihat statistik pengiriman pesan melalui WhatsApp Business Platform ini.

Nah, jadi itu dia beberapa fitur dan juga penjelasan mengenai apa itu WhatsApp Business Platform. Penggunaan WhatsApp Business Platform sendiri sebenarnya bisa menjadi solusi yang tepat di era digital saat ini.

Apa lagi jangkauan yang sangat luas melalui WhatsApp membuat platform ini cocok menjadi pilihan platform komunikasi dalam bisnis kamu loh.

Saat ini sendiri pengunaan WhatsApp Buisness Platform sudah sangat mudah karena ada banyak penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada di Indonesia salah satunya adalah Wappin yah.

Cara di atas, tentunya bisa kamu terapkan jika memang kamu ingin meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bisnis kamu yah!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun