Email marketing adalah strategi email bisnis yang hingga saat ini masih relevan. Bahkan, tidak hanya relevan, namun penggunaan email marketing juga semakin meluas seiring perkembangan zaman.
Beberapa dekade lalu, email marketing mungkin hanya digunakan kalangan perusahaan-perusahaan besar, yang punya sumber dana finansial atau kapital cukup besar.
Atau, mungkin juga beberapa perusahaan yang sudah melek teknologi lebih awal.
Tapi, itu dulu. Kini email marketing sebenarnya sudah bisa digunakan semua kalangan bisnis, baik besar maupun kecil. Sudah banyak penyedia layanan email marketing yang tidak hanya menyasar perusahaan-perusahaan besar, seperti DocoBlast misalnya.
Selain datang dengan harga yang bersahabat di kantong, email marketing dewasa ini juga masih menjanjikan hasil yang efektif pula. Entah untuk penjualan atau tujuan bisnis lainnya.
Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu kalau menggunakan email marketing itu mudah dan efektif. Tidak banyak bisnis pula yang mulai menggunakan email marketing, selain perusahaan-perusahaan besar yang sudah mengenalinya terlebih dahulu.
Padahal, email marketing sangat cocok untuk beberapa industri ini.
UMKM
Siapa sangka, email marketing ternyata cocok untuk UMKM. Di bidang apa saja. Serius, bidang apa saja.
Dalam penerapannya untuk UMKM, email marketing dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Pelaku UMKM bisa mengirimkan promosi dengan mudah melalui email.
Hal ini akan menjadi alternatif yang baik untuk media sosial, mengingat memulai usaha dengan media sosial memerlukan konsistensi dan biaya yang tidak sedikit pula.