Email marketing adalah strategi email bisnis yang hingga saat ini masih relevan. Bahkan, tidak hanya relevan, namun penggunaan email marketing juga semakin meluas seiring perkembangan zaman.
Beberapa dekade lalu, email marketing mungkin hanya digunakan kalangan perusahaan-perusahaan besar, yang punya sumber dana finansial atau kapital cukup besar.
Atau, mungkin juga beberapa perusahaan yang sudah melek teknologi lebih awal.
Tapi, itu dulu. Kini email marketing sebenarnya sudah bisa digunakan semua kalangan bisnis, baik besar maupun kecil. Sudah banyak penyedia layanan email marketing yang tidak hanya menyasar perusahaan-perusahaan besar, seperti DocoBlast misalnya.
Selain datang dengan harga yang bersahabat di kantong, email marketing dewasa ini juga masih menjanjikan hasil yang efektif pula. Entah untuk penjualan atau tujuan bisnis lainnya.
Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu kalau menggunakan email marketing itu mudah dan efektif. Tidak banyak bisnis pula yang mulai menggunakan email marketing, selain perusahaan-perusahaan besar yang sudah mengenalinya terlebih dahulu.
Padahal, email marketing sangat cocok untuk beberapa industri ini.
UMKM
Siapa sangka, email marketing ternyata cocok untuk UMKM. Di bidang apa saja. Serius, bidang apa saja.
Dalam penerapannya untuk UMKM, email marketing dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Pelaku UMKM bisa mengirimkan promosi dengan mudah melalui email.
Hal ini akan menjadi alternatif yang baik untuk media sosial, mengingat memulai usaha dengan media sosial memerlukan konsistensi dan biaya yang tidak sedikit pula.
Selain promosi penjualan, email marketing juga bisa digunakan untuk menjalin relasi bisnis dengan pelanggan sebuah UMKM. Relasi bisnis adalah hal yang sangat penting, dan email bisa menjadi salah satu alat komunikasi yang baik dalam menjawab kebutuhan tersebut.
Bisnis Online (Olshop)
Dewasa ini, banyak sekali bisnis online bermunculan. Entah di media sosial seperti Instagram, di platform e-commerce seperti Shopee, maupun di forum jual beli seperti Kaskus, atau di kanal komunikasi seperti WhatsApp.
Ya, kemudahan mengakses teknologi berperan besar untuk menghadirkan kemudahan memulai bisnis, seperti bisnis online semacam ini.
Namun, sayangnya, bisnis online semacam ini acap kali hanya memanfaatkan satu ruang bisnis saja dan melayani 1x pembelian saja.Â
Jarang sekali bisnis-bisnis semacam ini melakukan nurturing pada pelanggan yang pernah melakukan pembelian, atau melakukan ekspansi bisnis secara proaktif dan "aggresif".
Biasanya, bukan karena tidak mau. Tapi tidak tahu.
Nah, solusi untuk melakukan kedua hal itu bisa didapatkan dengan menerapkan strategi email marketing.
Entah untuk menyebarkan promosi atau menginformasikan ketersediaan stock baru.
Lembaga Pelayanan Publik
Ya, lembaga pelayanan publik, yang biasanya dimiliki pemerintah daerah maupun pusat, juga dapat menggunakan email marketing.
Apakah untuk berjualan? Tidak juga. Kegunaan email marketing tidak sebatas jual beli dan pemasaran saja.
Email marketing bisa juga digunakan untuk memberikan informasi-informasi tertentu pada publik.
Email blast dengan email marketing tool mampu menjangkau banyak audiens hanya dalam 1x klik saja.
Alhasil, hal ini akan menaikkan tingkat pelayanan publik sebuah lembaga pelayanan publik. Dan lagi, hal ini juga selaras dengan konsep pelayanan publik yang harus senantiasa melayani tanpa membuat publik menunggu untuk dilayani.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H