Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemikiran Soekarno Akan Menjadi "Memory of the World"

7 Juni 2017   13:20 Diperbarui: 7 Juni 2017   15:06 700
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dari kiri: Peter Kasenda (Pemakalah), Rieke Diah Pitaloka (Pemakalah), Diah Kusumawardhani Wijayanti (Moderator), dan R. Tjahjopurnomo (Kepala Museum Kebangkitan Nasional)/Dokpri

Menurut pandangan saya Museum Kebangkitan Nasional paling rajin menyelenggarakan diskusi bulanan. Tema diskusi biasanya disesuaikan dengan peristiwa atau tokoh. Kali ini, tepatnya 6 Juni 2017, tema diskusi adalah Politik Kebangsaan Soekarno. Sengaja dipilih 6 Juni karena merupakan tanggal kelahiran Soekarno, Presiden pertama RI.

Sejarawan Peter Kasenda tampil sebagai pembicara pertama. Peter memang banyak menulis buku tentang Soekarno. Ia membawakan makalah berjudul "Membaca Ulang Teks Soekarno: Nasionalisme, Islamisme, dan Marxisme".

Terpenting dan terbesar

Di awal makalahnya Peter mengatakan di antara para pemikir modern Indonesia, Soekarno adalah yang terpenting dan terbesar. Bukan saja karena kualitas pemikirannya yang orisinal dan brilian, tetapi juga karena pemikiran-pemikirannya itu berhasil menjangkau jauh ke dalam masyarakat. Pemikiran-pemikiran Soekarno dituangkan ke dalam tulisan, yang berdampak permanen bagi kehidupan bangsa dan negara.

Menurut Peter, di penghujung 1926, beberapa bulan setelah menyelesaikan studinya di THS Bandung, Soekarno menulis dalam Soeloeh Indonesia Moeda, nama sebuah majalah milik Kelompok Studi Umum Bandung. Tulisan yang pertama berjudul "Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme".

Dalam tulisan tersebut Soekarno menegaskan, yang pertama-tama disadari adalah kenapa para kolonialis Eropa datang di Asia bukanlah untuk kewajiban luhur tertentu. Karena alasan ekonomi, berabad-abad bangsa Eropa menjajah Asia. Melalui kolonialisme bangsa Eropa memeras tenaga dan menguras kekayaan alam rakyat negeri-negeri terjajah demi keuntungan mereka. "Sebenarnya Soekarno sadar bahwa antara Nasionalisme, Islamisme, dan Marxisme terdapat perbedaan dan tekanannya masing-masing," demikian Peter. Meskipun demikian, menurut Soekarno sebagaimana dikatakan Peter, di antara ketiganya juga terdapat berbagai persamaan yang dapat dijadikan titik tolak untuk perjuangan bersama melawan kolonialisme dan imperialisme.

Selanjutnya Soekarno menyatakan, sebagai bagian upaya menentang kolonialisme dan imperialisme itu tiga kelompok utama dalam perjuangan kemerdekaan di Indonesia, yakni para pejuang Nasionalis, Islam dan Marxis, hendaknya bersatu. "Dalam persatuan itu, mereka nanti akan bekerja sama demi terciptanya kemerdekaan Indonesia," demikian Soekarno yang saya kutip dari makalah Peter itu.

Trisakti

Rieke Diah Pitaloka menjadi pembicara kedua dengan makalah "Pancasila Sumber Politik Kebangsaan Bung Karno 5 3 1". Maksud 531, kata Rieke, adalah 5 Sila (Pancasila sebagaimana yang kita kenal), 3 Sila (Sosio Nasionalisme, Sosio Demokrasi, dan Ketuhanan), dan 1 Sila (Gotong Royong). Bung Karno sendiri merupakan panggilan khas untuk Soekarno.

Dari kiri: Peter Kasenda (Pemakalah), Rieke Diah Pitaloka (Pemakalah), Diah Kusumawardhani Wijayanti (Moderator), dan R. Tjahjopurnomo (Kepala Museum Kebangkitan Nasional)/Dokpri
Dari kiri: Peter Kasenda (Pemakalah), Rieke Diah Pitaloka (Pemakalah), Diah Kusumawardhani Wijayanti (Moderator), dan R. Tjahjopurnomo (Kepala Museum Kebangkitan Nasional)/Dokpri
Bung Karno, lanjut Rieke, tidak pernah mengklaim sebagai penemu Pancasila. Beliau hanya menggali. Beliau juga mengatakan agama lahir di Asia dan Afrika. Dengan perbedaan agama bukan berarti memecah belah. Menurut Rieke, pemikiran Bung Karno bukan untuk bangsanya sendiri, melainkan untuk bangsa-bangsa lain. Berkat Soekarno, tiga negara Afrika yakni Maroko, Sudan, dan Aljazair berhasil memerdekakan diri dari bangsa Eropa. Karena itu pemikiran-pemikiran Soekarno akan diajukan ke UNESCO sebagai Memory of the World.

Sementara itu, menurut Rieke, tujuan Pancasila adalah trisakti. Istilah trisakti mengacu kepada pengertian berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Sayang trisakti, kata Rieke, belum memenuhi harapan. Salah satu contohnya, saat ini bahan baku industri masih berasal dari luar.

Rieke amat berharap jika hasil diskusi ini menjadi kegiatan politik. "Seharusnya tiap bulan Museum Kebangkitan Nasional menyelenggarakan diskusi. Pokok-pokok pemikiran Soekarno ada di dalam buku merah ini, antara lain tentang kebudayaan dan museum," kata Rieke.

Diskusi dibuka oleh Kepala Museum Kebangkitan Nasional R. Tjahjopurnomo. Peserta yang hadir sekitar 50 orang, terdiri atas komunitas, mahasiswa, guru, dan pemerhati. Acara diakhiri dengan doorprize buku-buku tentang Soekarno, dilanjutkan buka puasa bersama.***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun