Pandemi Covid -19 boleh dan telah membabi buta menyerang segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi Indonesia tidak boleh lumpuh karenanya sebab JNE bersama seluruh UMKM ada untuk Indonesia bisa tetap tegak berdiri gagah. Â Indonesia tidak boleh lapar apalagi kelaparan, karena JNE bersama UMKM kuliner ada untuk Indonesia bisa menikmati dan kenyang, segar, kuat, serta terpuaskan.Â
Indonesia tidak boleh compang camping dan buruk rupa, karena JNE bersama UMKM fesyen dan kecantikan gigih mendadani dan mempercantik rupa Indonesia. Â Indonesia tidak boleh loyo lemah apalagi berpenyakitan, karena JNE bersama UMKM kesehatan tradisonal berbasis bahan herbal alami, dan UMKM peralatan olah raga dan kebugaran ada untuk Indenesia sehat, segar bugar, aktif berolahkarya.Â
Indonesia tidak boleh bermuka muram dan melamun atau bersedih hati, karena JNE bersama UMKM produk produk elektronik, kesenian, dan hiburan ada untuk Indonesia bisa tersenyum ceria, tertawa terbahak bersama, bernyanyi dan bergoyang bahagia, sambil terus mengekspresikan segala kearifan lokal. Ya, JNE ada bersama UMKM untuk Indonesia tercinta.
Indonesia boleh berbangga karena di masa pendemi mengganas, roda perekonomian rakyat kecil tetap bergerak trengginas. Â Karena ketika rakyat kecil berjuang berwirausaha secara online JNE telah hadir menjadi jembatan emas yang menghubungkan pengusaha UMKM dengan para pelanggannya. Â JNE setia melayani UMKM dan pembeli dengan menghantarkan dan menyerahkan barang kiriman denag aman dan tepat waktu, bahkan JNE menawarkan bermacam layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Â Sebagai mitra setia dan terpercaya, JNE mengerti kebutuhkan pelanggan dan karena itu fokus untuk memenuhinya: konsisten ramah, cepat, lancar, aman, dan tepat dalam proses penerimaan, pengiriman, dan penyerahan barang kiriman. Â Ini semata karena memang JNE bersama UMKM untuk Indonesia maju.
Bukti dari JNE bersama UMKM untuk Indonesia maju adalah selama 31 tahun JNE sepenuh hati melayani dan memuaskan para pelanggan teristimewa kelompok UMKM dalam memenuhi bermacam kebutuhan para konsumen. Â Ini sepadan dengan nama lengkap JNE yang didirikan pada tahun 1990, yakni PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir, yang berkantor pusat di Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat 11440 Indonesia.
Sang pendiri bermimpi perusahaannya menjadi kurir utama titipan kilat sebagai jalan berkat bagi pelanggan termasuk UMKM, dan mimpi itu kini menjadi kenyataan dan akan terus dipertahankan serta dikembangkan. Â Buktinya, kini JNE memiliki lebih dari 6000 titik layanan di seluruh Indonesia dengan menghidupi tenaga kerja lebih dari 40.000 orang. Â Kerja professional berkarakter santun, tekun, ulet, gigih, kooperatif, kreatif dan inovatif dari seluruh karyawan JNE adalah bentuk penjabaran dan perwujudan keinginan bapak Mohamad Feriadi selaku Presiden Direktur yang kukuh memegang visi JNE "Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global" dan yang getol bersemangat melaksanakan dan mewujudkan misi JNE "Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten."
Keinginan menjadi konsisten memberi pengalaman terbaik kepada para pelanggan itu ditindaklanjuti dengan: pertama, mengikuti proses sertifikasi sampai mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk sistem menegemen mutu. Â Ini tentu saja karena kesadaran konsistensi memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan hanya bisa dicapai bila mutu telah dikelola secara sistematik pofesional dalam memberikan kecepatan, kehandalan, keamanan, ketepatan, dan kepuasan layanan.
Tindak lanjut kedua adalah JNE mengikuti perkembangan jaman. Di era modern yang mengandalkan teknologi komunikasi dan informasi ini, JNE telah meng-up grade diri dengan lebih dari 150 lokasi JNE sudah menerapkan koneksi sistem komunikasi online. Â Kini secara online konsumen dapat mengetahui daftar ongkos pengiriman paket ke seluruh Indonesia, mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman, mengecek status terkini pengiriman paketnya, bahkan berjual beli secara individual antara penjual dan pembeli.
JNE memang berkomitmen bersama UMKM untuk Indonesia maju. Â Ini bermakna JNE memahami keanekaragaman kebutuhan pelanggan khususnya UMKM terkait pengiriman dan penyerahan barangnya. Â Inilah kemudian yang menjadi alasan JNE menyediakan aneka jasa layanan, sampai 19 jenis layanan. Â Di https://www.jne.co.id disajikan jenis jenis layanan JNE:Â
COD JNE (Cash On Delivery JNE) untuk pembeli yang merasa lebih nyaman membayar setelah barang pesanan diterimanya; bila waktu peyampaian kirimannya bisa antara 1-7 hari dapat dipilih layanan JNE REG (JNE Reguler); sedang yang boleh agak lebih lama tapi ongkos kirim lebih ekonomis bisa memanfaatkan JNE OKE (JNE Ongkos Kirim Ekonomis); Â bahkan bila beruntung bisa free ongkir karena bertepatan dengan layanan HARBOKIR JNE (Hari Bebas Ongkos Kirim JNE), layanan promo yang dimulai sejak tahun 2016.
Namun bila pelanggan  mengutamakan kecepatan penyampaian barangnya, maka JNE Super Speed (JNE SS) tepat untuk dipilih karena barang dikirim dengan moda transportasi darat ataupun udara, plus jaminan uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam.  Lebih cepat dari JNE SS dan juga bergaransi uang kembali adalah layanan JNE YES (JNE Yakin Esok Sampai).
JNE juga punya layanan JNE Pick Up Point (JNE PIPO) yang menawarkan layanan jika barang kiriman sampai akan diambil penerima sendiri di cabang JNE terdekat. Â Bahkan, untuk pelanggan pemilik JNE Loyalty Card dan karena kesibukan selalu baru bisa mengambil barang di loker JNE terdekat dalam rentang waktu 3 hari setelah barang sampai, maka bisa menggunakan layanan JNE Pop Box, yang untuk sementara baru ada di 32 titik seluruh Jakarta,
Oh ya, JNE Loyalty Card (JNE JLC) adalah program keanggotaan yang tidak berbayar sama sekali. Â Keistimewaannya, Â pemegang JNE JLC mendapat beraneka keuntungan, yakni kecepatan layanan, potongan harga di periode promo, dan hadiah undian menarik. Â Pada setiap traksaksi pemegang JLC memperoleh reward 1 poin senilai 25 ribu yang bisa ditukar dengan hadiah menarik atau diskon khusus di sejumlah merchant.
Untuk yang membutuhkan layanan packing oleh JNE, pelanggan bisa memilih JNE @BOX. Â Ini layanan pengemasan kiriman menggunakan bubblepack wrapping, yang sesuai persyaratan pengiriman udara dan cocok untuk keamanan pengiriman barang pecah belah dan elektronik. Â Dan bagi yang membutuhkan layanan pengiriman barang dalam jumlah besar, maka JNE Trucking (JTR) adalah sarana yang tepat, karena dengan minimal berat 10 kg, termasuk di sini sepeda motor, barang dapat dikirm dengan armada truk via darat dan laut dengan harga bersaing.Â
Demikian juga, pelanggan tidak perlu kuatir bila mau mengirim barang ke luar negeri, karena JNE sudah menyediakan layanan JNE International Service yang melayani pengiriman dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman bervariasi tergantung zona negara tujuan. Â Bahkan untuk pengiriman yang bersifat sangat pribadi dan super aman JNE juga menawarkan layanan Diplomat Service. Â Layanan pengiriman barang dan dokumen sangat berharga ini akan dibawa / dihantarkan langsung oleh petugas JNE (hand carry), dengan prioritas keamanan, kepastian, dan kecepatan kiriman sejak penjemputan hingga penyerahan ke penerima.
Bila membutuhkan pengiriman uang super cepat dan dalam hitungan menit perlu diterima si penerima, maka JNE Money Remittance adalah pilihan yang patut dipertimbangkan, karena layanan ini hasil kerjasama dengan Western Union, sebuah perusahaan kelas dunia di bidang pengiriman uang. Sedang untuk memenuhi kebutuhan pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket kereta api, serta pembayaran aneka tagihan seperti tagihan PLN, Telkom, dan Speedy, dll. pelanggan dapat memanfaatkan layanan JNE Online Payment (JOP) yang ditawarkan oleh sejumlah cabang JNE.
Dan yang tidak kalah menarik adalah layanan JNE Jesika (Jemput ASI Seketika) dan PESONA JNE. Â Yang pertama merupakan bentuk JNE peduli kepada ibu berbaby, yang karena aktivitasnya harus berpisah dengan si buah hati yang masih butuh ASI. Â Untuk urusan ini petugas JNE akan menjemput ASI di tempat aktivitas pelanggan lalu diantarkan ke tujuan dengan menggunakan motor dilengkapi tas berpendingin khusus (cooler bag), ice pack, plastik klip bersegel, dan barcode sebagai penjaga kualitas ASI dan pencegah tertukar ASI lain selama pengiriman. Â Yang kedua adalah PESONA JNE (Pesanan Oleh Oleh Nusantara JNE). Â Layanan makanan kuliner yang bisa dipesan pelanggan ke JNE dan JNE akan membelikan langsung dari daerah asalnya. Â Layanan ini didasarkan seleksi kelayakan dan masa uji coba hampir setahun sehingga dipastikan makanan tetap aman dikonsumsi pelanggan.
Dan agar tidak antri terlalu lama untuk mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman, JNE telah memfasilitasi layanan JNE Online Booking (JOB). Lewat layanan ini pelanggan di mana saja dan kapan saja secara online bisa mengisi resinya dan tinggal menunjukkan kode booking kepada petugas JNE.
Akhirnya, pelanggan dimanjakan dengan layanan MyJNE, sebuah aplikasi berbasis android yang terhubung ke nomor telpon pelanggan sebagai pengirim atau penerima. Â Aplikasi ini berfitur checking tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, checking lokasi JNE terdekat, status pengiriman JNE, bahkan transaksi individual jual beli antara penjual dan pembeli.
Dalam komitmen dan kosistensi JNE berkembang dan maju bersama UMKM untuk Indonesia maju, dimungkinkan ada kalanya timbul kendala dan sesuatu yang perlu diselesaikan bersama dengan hati tenang dan pikiran jernih serta itikad baik mencapai pengalaman terbaik dan kepuasan bersama. Â Untuk itu JNE menyediakan sarana komunikasi yang dapat dihubungi: Kontak center (62-21) 2927 8888; Telepon kantor (62-21) 566 5262; Fax. (62-21)567 1413, dan Email: customercare@jne.co.id. Â JNE siap melayani pelanggan yang mampu secara bijak memanfaatkan sarana komunikasi tersebut.
Komitmen JNE untuk konsisten memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dibuktikan dengan diraihnya sejumlah penghargaan, antara lain: penghargaan Perusahaan dengan CSR Terbaik pada Baznas Award 2020, plus 12 penghargaan lainnya; Indonesia WOW Brand 2021 Category Courier Service; The Most Innovative Company for The Implementation of Cloud Technology Systems 2021; Indonesia Millenial's Brand Choices Awards 2021. Â Semua penghargaan tersebut bukti pengakuan masyarakat atas kerja keras tulus ikhlas seluruh keluarga besar JNE dan sekaligus juga sebagai api penyemangat untuk terus berbenah diri memperbaiki pelayanan prima dan utama kepada pelanggan. Â JNE berkembang dan maju, UMKM berkembang dan maju, Indonesia pun berkembang dan maju. Â Dirgahayu JNE ke 31! JNE maju bersama UMKM untuk Indonesia maju. Â Bravo!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H