Pengertian singkat sistem pengendalian manajemen
Sistem pengendalian manajemen merupakan hal yang wajib dimiliki oleh perusahaan di semua industri. Sistem pengendalian manajemen membantu manajemen mencapai visi, misi, strategi, dan tujuan perusahaan, serta memungkinkan karyawan untuk mempengaruhi tujuan perusahaan secara positif.
Sistem pengendalian manajemen (SPM)  digunakan oleh suatu perusahaan untuk memastikan bahwa kinerja dan operasionalnya berjalan sesuai  rencana yang telah ditentukan dan untuk memastikan bahwa seluruh anggota organisasi berperilaku sesuai dengan nilai dan standar Perusahaan. SPM mencakup pengukuran kinerja, analisis dan pengendalian proses yang digunakan dalam organisasi.
Sejarah Perusahaan
PT.Kalbe Pharma Tbk didirikan pada tahun 1966. Dari garasi sederhana hingga menjadi perusahaan farmasi besar di Indonesia. Kalbe Farma terus memperluas basis konsumennya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan yang kuat dalam formulasi obat generik. Grup Kalbe memiliki portofolio merek yang andal dan beragam yang mencakup obat resep, obat bebas, minuman energi dan produk nutrisi, dilengkapi dengan kekuatan bisnis pengemasan dan distribusi dengan lebih dari 1 juta titik penjualan. Perusahaan telah berhasil membangun mereknya sebagai pemimpin di seluruh kategori terapi dan segmen industri, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai pasar internasional.
Melalui pertumbuhan organik dan proses merger dan akuisisi bisnis, Kalbe telah mencapai solusi kesehatan terintegrasi melalui empat divisi: Divisi Obat Resep (kontribusi 23%), Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 17%), Divisi nutrisi (kontribusi 30%) dan Divisi penjualan dan logistik (kontribusi 30%).
Visi dan Misi Perusahaan PT Kalbe Farma Tbk
Visi yang senantiasa ingin diwujudkan oleh PT Kalbe Farma ialah:
Menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik secara global yang dilandasi oleh inovasi, merk yang kuat dan manajemen yang unggul.
Misi perusahaan PT Kalbe Farma Tbk:
Meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.
Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Kalbe Farma Tbk
1. Strategi Perusahaan
Strategi yang diterapkan oleh PT Kalbe Farma adalah:
- Strategi Korporat
Strategi korporasi yang diterapkan terdiri dari ekspansi bisnis internasional dan peningkatan kemampuan riset. Perusahaan ini juga memiliki potensi besar di pasar internasional, terutama di negara-negara berkembang, menjadikan Kalbe Farma sebagai produsen farmasi yang setara dengan perusahaan ternama internasional. Kalbe Farma memperkuat posisinya di pasar internasional dengan penguatan infrastruktur.
- Strategi Bisnis
Strategi unit bisnis adalah bagaimana perusahaan membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri apa pun yang dimasukinya. Sebagian besar unit bisnis PT Kalbe Farma Tbk menerapkan strategi pengembangan yang sejalan dengan misinya untuk memperluas pasar dan menjadi perusahaan global. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, beberapa unit bisnis juga menerapkan strategi generik berbiaya rendah, terutama produk farmasi dan nutrisi, karena produk tersebut mendominasi pasar.
2. Perencanaan Strategi
Perencanaan strategis dilakukan oleh PT Kalbe Farma terutama secara vertikal dan horizontal serta memperhatikan tingkat keselarasan yang tinggi antar unit. Penyusunan perencanaan strategis mau tidak mau melibatkan aktivitas manajemen yang relevan dimana dewan direksi merupakan pengendali utama perencanaan strategis.