Mohon tunggu...
DINI NURANIRAHMAWATI
DINI NURANIRAHMAWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi

Guur Biologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

12 Mei 2023   13:01 Diperbarui: 12 Mei 2023   13:06 35543
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kanvas Bagja: Docpri

TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2

ANALISIS VIDEO PRAKTIK BAIK

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

Oleh :

DINI NURANI RAHMAWATI, S.Pd.

CGP ANGKATAN 7 KABUPATEN BANDUNG BARAT

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  • CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. Berikut adalah tabel penjelasan BAGJA sebagai pengingat secara singkat:

Berikut pertanyaan - pertanyaan yang harus dijawab untuk membantu menganalisis video.

1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:BAGJA

5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

TAGIHAN

Hasil analisis menonton video praktik baik berupa narasi. Silakan unggah narasi tersebut ke dalam LMS.

Jawaban Analisis Video

1. Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi yaitu: "Terciptanya Kelas Impian sebagai Penyemangat Belajar Murid".

2. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah: "Mewujudkan Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar".

3. Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah: "Bagaimana Cara Mewujudkan Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar?".

4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:BAGJA

a. B (Buat Pertanyaan)

  • Guru menuliskan kata "Penyemangat Belajar" yang mengundang rasa ingin tahu murid.
  • Guru mengajukan pertanyaan terkait kata yang dituliskan di papan tulis yaitu "Apa yang muncul dalam pikiran kalian saat membaca tulisan di papan tulis?".
  • Guru menggali informasi pendapat dan pengalaman murid terkait hal-hal yang menjadi penyemangat belajar mereka.
  • Guru menanyakan pada murid apa yang disukai dari kelas kita yaitu"Anak-anak, kira-kira apa sih yang kalian sukai dari kelas kita ini?Coba dilihat kelasnya".

b. A (Ambil Pelajaran)

  • Guru meminta seluruh murid untuk berkunjung saat jam istirahat ke kelas 2 san kelas 6 untuk menambah inspirasi tentang kelas yang membuat semangat belajar dengan dibentuk 4 kelompok.
  • Murid mengidentifikasi ruang kelas lain dan mencatat tentang apa yang disukainya dikelas tersebut sebagai penyemangat belajar.
  • Murid bertanya pada murid kelas lain tentang apa yang mereka sukai untuk mewujudkan kelas yang menyenangkan untuk belajar.
  • Setiap kelompok mendiskusikan tentang apa yang mereka sukai sebagai penyemangat belajar.

c. G (Gali Mimpi)

  • Guru menyiapkan alat dan bahan untuk dibagikan pada setiap kelompok.
  • Guru meminta murid untuk menutup mata dan membayangkan kelas yang mereka impikan yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan yang dapat menjadi penyemangat dalam belajar
  • Murid di dalam kelompoknya menggambarkan kelas impian mereka yang nyaman dan menyenangkan pada kertas karton manila sesuai dengan yang mereka bayangkan.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya tentang kelas impian mereka yang nyaman dan menyenangkan di depan kelas secara bergantian.

d. J (Jabarkan Rencana)

  • Murid diajak untuk berkontribusi menentukan kebutuhan apa untuk mewujudkan kelas impiannya yang nyaman dan menyenangkan.
  • Murid menyebutkan kelas impian yang diinginkan sebagai penyemangat belajar.
  • Guru menuliskan di papan tulis daftar kelas impian murid.
  • Guru membagi tugas setiap murid untuk mewujudkan kelas impian yang menyenangkan

e. A (Atur Eksekusi)

  • Murid diberi kesempatan dalam berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompoknya.
  • Guru dan murid mendiskusikan jadwal pelaksanaan menata kelas impian.
  • Murid menyiapkan alat dan bahan sesuai tugasnya masing-masing.
  • Seluruh murid dibantu guru bergotong royong mewujudkan kelas impian yang menjadi penyemangat belajar.

5. Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut adalah pemimpin pembelajaran yang berfokus pada kekuatan atau aset yang dimiliki (Pemimpin menggunakan pendekatan berbasis aset), pemimpin yang dapat menggali dan mengembangkan kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh dirinya dan murid-muridnya, pemimpin yang memiliki kompetensi sebagai manager dalam mengelola potensi yang dimiliki nurid dan lingkungan sekolahnya.

6. Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video tersebut dan pemanfaatannya adalah:  

a. Modal Manusia:

  • Guru yang memiliki kemampuan dalam melakukan pemetaan aset atau sumber daya yang dimiliki untuk lebih dimaksimalkan dalam hal pemanfaatannya sehingga dapat menunjang terwujudnya kelas impian yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
  • Murid yang aktif dan sangat kooperatif, percaya diri, kreatif dan mandiri serta dapat berkolaborasi dan mengkomunikasikan hasil karyanya dalam kelompok serta murid yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru.

b. Modal Sosial:

  • Guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.
  • Bekerjasama dan meminta izin dengan guru kelas 2 dan kelas 6 untuk melakukan observasi kelas.
  • Berkolaborasi dengan murid kelas 2 dan kelas 6 saat melakukan observasi dan wawancara.

c. Modal Fisik

  • Ruang kelas yang dapat didekorasi ulang sesuai dengan kelas impian murid yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
  • Hiasan dinding yang dapat menutupi bagian dinding yang rusak
  • Rak buku dan buku-bukunya untuk menunjang pembelajaran.
  • Papan tulis
  • Meja dan kursi guru dan murid yang posisinya diubah agar murid nyaman saat belajar.

d. Modal Lingkungkan/Alam

  • Halaman sekolah,taman sekolah, tanaman hijau di sekitar selasar kelas dan di luar sekolah.
  • Memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang digunakan untuk menghias kelas

e. Modal Finansial

  • Dana BOS yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar murid.
  • Uang kas kelas untuk keprluan membeli alat dan bahan yang diperlukan untuk mewujudkan kelas impian.

f. Modal Politik

  • Kebijakan Kepala Sekolah yang siap mendukung setiap perubahan positif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

g. Modal Agama dan Budaya

  • Murid menggunakan pakaian yang rapi dan menutup aurat seperti murid perempuan menggunakan kerudung dan murid laki-laki menggunakan celana panjang pramuka sesuai aturan agama Islam.
  • Karakter murid yang sopan, santun dan hormat kepada guru dengan cara bersalaman sebelum masuk ke dalam kelas
  • Sikap gotong royong murid untuk bekerjasama mewujudkan kelas impian.

Demikianlah pemaparan hasil analisis video praktik baik tentang modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Salam Guru Penggerak!.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun