Haloo semua ..Â
   Bapak/Ibu pasti pernah menemui peserta didik yang tiba-tiba bingung dan jenuh karena tidak antusias dengan materi yang diajarkan atau peserta didik yang bahkan sampai menangis karena tidak bisa menjawab soal matematika dengan benar dan lain-lainnya,  secara tidak langsung Apa Bapak Ibu temui tersebut erat kaitannya dengan penilaian yang evaluasi kemampuan peserta didik dalam pelajaran.
  Kemampuan belajar setiap anak memang berbeda-beda satu sama lain perbedaan tersebut bukan sebuah kekurangan melainkan kekhasan masing-masing peserta didik adanya keterbatasan atau perbedaan antara karakteristik tersebut menuntut tenaga pendidik agar dapat mengajar dengan pendekatan yang berbeda-beda kepada setiap peserta didik seorang tenaga pendidik harus menyesuaikan iklim pembelajaran tersebut agar materi yang diajar atau yang disampaikan dengan optimal
  Istilah psikologi pendidikan terdiri dari dua lingkup ilmu pengetahuan yaitu psikolog dalam pendidikan secara etimologis psikolog berasal dari kata yang berarti jiwa atau Nafas hidup yang berarti ilmu dengan demikian psikolog dapat dipahami sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu Dalam berinteraksi dengan lingkungannya Sedangkan kata pendidik merujuk pada sebuah tindakan menuntut ilmu yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman lebih terkait bidang-bidang disiplin ilmu
   Dengan demikian Apa yang dimaksud dengan psikologi pendidikan yaitu ilmu psikologi pendidikan terdiri atas 5 ruang lingkup besar yaituÂ
1. Fase pengenalan
2. proses perkembangan siswaÂ
3. Teori-teori praktek belajar
4. Manajemen kelas
5. Penilaian pembelajaran pada siswa
Berdasarkan kelima ruang lingkup tersebut dapat dipahami bahwa psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku individu Dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan sebagai fakta generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan secara teoritis para ahli sepakat bahwa ilmu psikologi pendidikan beranjak dari 5 aliran utama yaitu.