Mohon tunggu...
Dina Kamila
Dina Kamila Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Instagram Sebagai Sarana Eksistensi Diri

19 Juli 2018   19:34 Diperbarui: 19 Juli 2018   20:18 1769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Media Sosial

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian  dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6). 

Dimana dalam teknologi informasi tersebut terdapat berbagai masam hasil pengetahuan para penemu seperti Mark Zuckerberg (penemu Facebook), Jack Dorsey (penemu Twitter) dan para penemu lainnya. Facebook, Twitter dan kawan-kawannya adalah hasil dari pengembangan ilmu teknologi informasi yang biasa disebut dengan media sosial atau sosial media.

Sosial  media  adalah  sebuah  media  online  dimana  para penggunanya bisa dengan  mudah  berpartisipasi,  berbagi,  dan menciptakan  isi  meliputi  blog,  sosial  network  atau  jejaring  sosial,  wiki, forum  dan  dunia  virtual.  Blog,  jejaring  sosial  dan  wiki  mungkin merupakan  bentuk  media  sosial  yang  paling  umum  digunakan  oleh masyarakat di seluruh dunia. (Afriani, 2011: 24). 

Di Indonesia jejaring sosial lah yang paling banyak diminati seperti Facebook dan Intagram. Karena bisa dilihat atau diakses oleh banyak orang maka disebut dengan sosial media, tidak seperti online shop atau teknologi baru seperti gojek yang isi informasi hanya diketahui antara komunikan dan komunikatornya.

Berdasarkan data dari World Economic Forum tingginya penggunaan internet di Indonesia karena adanya berbagai jejaring sosial yang mudah diakses dan sesuai untuk kebutuhan penggunanya seperti Facebook, dan Twitter(Sunggiardi, 2012). 

Saat ini Instagram telah dimodifikasi oleh para penggunanya secara tidak langsung. Yang pada awalnya hanya digunakan untuk membagikan informasi berupa foto dan video, sekarang juga digunakan untuk ajang berbisnis atau perdagangan dan penyebaran informasi bagi media-media konfensional seperti CNN, Tribun, Kedaulatan Rakyat, dan lainnya. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi semacam ini maka semakin luaslah lahan bisnis dan alat penyebarluasan informasi sebagai dampaknya.

Media sosial dikatakan sebagai transformasi kebudayaan, khususnya dalam interaksi sosial (Thurlow, 2004: 2). Mengapa demikian, karena sebelum maraknya media sosial masyarakat berinteraksi secara langsung (face to face), akrab dan intim tidak seperti sekarang dimana orang-orang lebih memilih menggunakan hp mereka untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Padahal komunikasi dapat berjalan lebih baik jika dilakukan secara tatap muka. Handphone atau Smartphone juga merupakan produk dari perkembangan teknologi informasi saat ini.

Smartphone adalah telepon yang memiliki kemampuan seperti komputer, biasanya memiliki layar yang besar dan sistem operasinya mampu menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi yang umum (Kamus Oxford Online, 2013). 

Dahulu handphone hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat dan bertelepon dengan orang yang tidak dapat secara langsung bertemu. Tidak seperti sekarang dengan kemajuan teknologi yang mengubah handphone menjadi smartphone yang tidak hanya dapat digunakan untuk berkirim pesan singkat dan bertelepon tetapi ditambah dengan fitur-fitur seperti internet dan system operasi seperti komputer. 

Sehingga masyarakat dapat mengakses internet melalui smartphone mereka yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat mengakses dimana saja kapan saja. Tidak seperti computer yang harus berada di tempat tertentu karena bentuknya yang tidak fleksibel.

Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di era modern ini yang seluruh dunia pasti mengenalnya termasuk Indonesia. Instagram terdiri dari dua kata dasar yaitu "insta" yang berarti cepat atau kecepatan dan "gram" yang bermakna telegram atau pesan sehingga instagram adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim pesan secara cepat. 

Dengan ini diketahui fungsi dari instagram yang sebenarnya. Sebenarnya jika hanya untuk mengunggah foto saja banyak aplikasi lain yang befungsi sama tetapi instagram menawarkan lebih yaitu dengan fitur penggunaan filter dan juga hastag untuk mengelompokkan foto tertentu. Instagram juga dikhususkan bagi para pecinta fotografi untuk mengabadikan momen-momen mereka dalam akunnya yang dapat dilihat khalayak yang sudah menjadi pengikutnya. 

Selain untuk ajang narsis instagram saat ini juga digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu salah satunya adalah promosi. Kecenderungan khalayak yang lebih tertarik pada bahasa visual membuat para pelaku usaha sadar bahwa instagram adalah alat yang jitu untuk bisnis.

Salah satu fenomena instagram saat ini adalah mempopulerkan akun masing-masing dengan tujuan untuk memperoleh pengikut sebanyak-banyaknya karna akun yang mempunyai banyak pengikut akan dilirik oleh pelaku bisnis untuk bekerjasama mempromosikan suatu produk. 

Gaya foto dalam instagram sangat beragam mulai dari selfi hingga landscape dimana khalayak sering berburu tempat-tempat eksotis untuk mendapatkan foto pemandangan untuk dipamerkan dalam akun mereka. Hal ini sering kali membuat tempat yang belum terlalu terjamah orang menjadi sangat populer.

Aplikasi instagram merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat untuk membagikan informasi berupa foto dan video. Instagram dirilis pada Oktober 2010 dan dikembangkan oleh aplikasi Facebook, aplikasi yang lebih dahulu rilis. Kurang dari setahun seletah dirilis aplikasi instagram telah diunduh oleh kurang lebih 7 juta pengguna media sosial. 

Kemudahan dalam mengaplikasikan instagram membuat masyarakat semakin minat dalam menggunakan instagram sebagai alat penyebarluasan informasi berupa foto atau video. 

Adanya berbagai fitur juga menarik minat para pengguna seperti filter, siaran langsung, membuat status, edit foto dan video sehingga bisa manjadi persegi sama sisi, menambah teman dengan cara mengikuti pengguna yang lain dan mengirim pesan sesama pengguna. 

Dalam perkembangannya instagram digunakan sebagai alat promosi bagi para pelaku usaha. Bekembangnya bisnis ini semakin menjamur di instagram karna semakin banyaknya masyarakat yang bergantung pada telepon dan karena padatnya kegiatan masyarakat modern saat ini.

Instagram sekarang ini juga sering digunakan sebagai wadah untuk pamer oleh masyarakat. Pamer dalam hal bagaimana mereka memotret dengan angle yang bagus, tentang bagaimana gaya kehidupan mereka maupun pamer tentang apapun yang dianggap sedang menjadi trend saat itu. Instagram juga dapat digunakan sebagai media komunikasi visual dimana sebuah gambar diambil untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia visual sendiri diartikan dengan dapat dilihat dengan indra penglihatan, yaitu mata. Karena informasi yang disebarkan dalam instagram yang utama adalah foto maka hal ini termasuk dalam bidang fotografi. 

Sedangkan orang yang mengambil foto atau memotret disebut fotografer yang secara tidak langsung adalah pemilik akun instagram. Dalam fotografi sendiri visual merupakan singkatan dari visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate dan strucktured. Bahasa visual juga dapat disempurnakan dengan pengambilan angle yang baik.

Mahasiswa

Mahasiswa dan kalangan pelajar adalah golongan yang paling akrab dengan perkembangan teknologi dan mereka adalah pengguna terbesar instagram. Tidak ada yang di kalangan mahasiswa dan pelajar yang tidak mengenal instagram dan hampir semua menggunakan instagram. Usia mahasiswa adalah usia yang menganggap dirinya harus lebih unggul dari yang lainnya dan sering mengeksplore tempat-tempat baru seperti pantai, hutan, tempat nongkrong bahkan gaya hidup mereka. 

Bagi para mahasiswa petualangan sepeti ini adalah sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk memberbaiki kestabilan emosinya dalam perkuliahan dan mengunjungi tempat-tempat wisata ini sering digunakan untuk melakukan penelitian dalam perkuliahan. Saat mereka mengunjungi suatu tempat mereka akan mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya pada media sosial mereka salah satunya adalah instagram.

Bagi tempat-tempat yang belum terlalu terkenal publik para petualang ini akan merasa sedikit bangga jika mereka bisa mengekspos tempat tersebut. Para petualang akan semakin sering mencari tempat wisata baru untuk mendapatkan pemandangan yang eksotis dan sesuai harapan mereka untuk diabadikan dan diunggah ke instagram. Bagi masyarakkat disekitar tempat wisata ini secara langsung adalah sebuah promosi yang bisa menjadi ladang penghasilan. 

Seperti yang terjadi di kawasan wisata Pantai Drini dimana pada tahun 2010 pantai ini belum terlalu dikenal oleh umum, hanya masyarakat sekitar Kabupaten Gunungkidul saja yang tahu pantai ini. Namun setelah adanya perkembangan teknologi telepon selular dan meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata mengunjungi tempat baru. 

Pada tahun 2014 Pantai Drini menjadi sangat terkenal di masyarakat sekitar DIY karena dianggap seperti pantai Kuta, Bali. Ini bisa terjadi karena para petualang yang menggunakan instagram memotret dengan mengambil angle yang bagus dan dilihat oleh para pengikut akun mereka sehingga mereka juga tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. 

Dengan demikian maka pemilik akun sukses untuk menyampaikan pesan visual mereka tentang keindahan Pantai Drini dan mengundang lebih banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu para pemilik akun mendapat perhatian tersendiri bagi bara pengikutnya karena dapat mengeksplore dunia yang tidak dapat pengikutnya tuju.

Eksistensi Diri

Eksistensi menurut Kamus Besar Bahasa Insonesia disebut dengan keberadaaan, dengan berarti eksistensi diri merupakan pengakuan keberadaan seseorang dalam suatu lingkungan. Dalam kehidupan bermedia, terutama mahasiswa menanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menunjukan eksistensi dirinya. Salah satunya yaitu melalui instagram. 

Mereka memilih saat yang tepat dengan foto unggahan yang menurut mereka baik dengan tujuan untuk mendapat tanggapan yang banyak dan positif karena dengan begitu mereka akan diakui keberadaannya di masyarakat. 

Seperti misal mahasiswa A selalu mengunggah foto dirinya dengan gaya busana yang up to date, latar tempat pariwisata yang selalu berganti-ganti dan caption yang keren, dengan harapan ia akan memiliki banyak pengikut dan memperoleh banyak tanggapan positif sesuai harapannya. Jika ia memperoleh itu semua maka ia akan dianggap penting dalam dunia maya bahkan dunia nyata karena ia diapresiasi oleh pengguna lain.

Sumber: Jurnal

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun