Mohon tunggu...
Dina Nur Amelia
Dina Nur Amelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Institut Agama Islam Tazkia

Mahasiswi IAI Tazkia Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 21

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Penerapan Manajemen Strategi Perusahaan PT. Indofood

9 November 2023   08:55 Diperbarui: 9 November 2023   08:56 2292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel ini ditulis untuk pemenuhan tugas kelompok mata kuliah Manajemen Strategi.

Program studi Manajemen Bisnis Syariah IAI Tazkia.

Dosen pengampu: Dr. Achmad Firdaus, MSi.

Profil PT. Indofood

PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk (ICBP) merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah melaksanakan strategi internasional secara sukses. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 ini merupakan anak usaha PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. yang berfokus pada sektor bisnis makanan, minuman, dan kemasan. Tidak hanya di Indonesia, ICBP juga merupakan produsen mie instan terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini dikenal oleh konsumen dari berbagai belahan dunia melalui produk Indomie yang telah hadir di 80 negara di dunia.

“Indofood merupakan sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan.”

Indofood merupakan sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya.

Analisis: 

Visi
Menjadi perusahaan makanan dan minuman terkemuka di Asia yang memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Misi

  • Menyediakan produk makanan dan minuman berkualitas tinggi yang aman, sehat, dan lezat bagi konsumen di seluruh dunia.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan komunitas di mana perusahaan beroperasi.
  • Meningkatkan nilai bagi pemangku kepentingan dengan memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi pemegang saham, karyawan, dan mitra bisnis.

Nilai

“Dengan disiplin sebagai falsafah hidup; Kami menjalankan usaha kami dengan menjunjung tinggi integritas; Kami menghargai seluruh pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan.”

 

Tujuan

  • Meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk untuk mempertahankan posisi di pasar.
  • Memperluas jangkauan produk dan pasar, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi untuk mengurangi biaya produksi.
  • Memperbaiki manajemen tenaga kerja agar tidak rentan terhadap penurunan penjualan.
  • Mengembangkan produk-produk organik untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.
  • Memperluas pasar dengan mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan selera konsumen.
  • Memperluas pasar ke luar negeri dengan memanfaatkan peluang pasar global.
  • Meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk agar tidak tergantikan oleh produk pesaing.
  • Memperkuat manajemen risiko untuk menghadapi perubahan kebijakan pemerintah dan kenaikan harga bahan baku.

Visi, misi, dan tujuan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan produk berkualitas tinggi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan di mana perusahaan beroperasi. PT Indofood Sukses Makmur Tbk. juga berkomitmen untuk meningkatkan nilai bagi pemangku kepentingan dengan memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi pemegang saham, karyawan, dan mitra bisnis.

Tagline

PT Indofood tidak memiliki tagline untuk produknya secara keseluruhan. Namun, PT Indofood memiliki merek dagang Indomie yang menggunakan tagline "Indomie seleraku". Selain itu, PT Indofood memiliki visi, misi, dan nilai-nilai yang menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan produk berkualitas tinggi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan di mana perusahaan beroperasi.

Slogan:

PT Indofood menunjukkan slogannya yang terdapat pada logo Indofood “The Symbol of Quality Foods” atau “Lambang Makanan Bermutu” yang mengandung konsekuensi hanya produk bermutulah yang dihasilkan. Produk bermutu tidak hanya dibuat dari bahan 27 baku pilihan, tetapi diproses secara higienis dan memenuhi unsur kandungan gizi dan halal.

Analisis SWOT

Kekuatan PT Indofood

a. Produksi Rendah Biaya
Dalam proses produksinya, Indofood melakukan penekanan biaya produksi seminimal mungkin, dengan cara dengan menggunakan bahan baku produksi, yang dihasilkan oleh anak-anak perusahaan yang dimiliki.

Selain itu, Indofood juga mengurangi tingkat cacat produk dengan menggunakan bahan baku berkualitas. Quality control yang tepat, juga sangat membantu dalam menghasilkan produk yang baik, namun tetap menekan biaya serendah mungkin.

b. Jangkauan Distribusi Luas
Indofood memiliki jangkauan distribusi yang luas. Terdapat grup distribusi yang memastikan produk sampai ke tangan konsumen di berbagai tempat di Indonesia. Bahkan produknya mampu sampai ke pelosok negeri.

c. Keahlian Dalam Cita Rasa Indonesia
Produk Indofood yang paling terkenal adalah Indomie. Produk ini memiliki cita rasa khas Indonesia, sehingga masyarakat lebih mudah menerima produk tersebut.

d. Memiliki Sumber Daya Manusia yang Berkualitas
Indofood menyadari bahwa pegawai merupakan aset penting, sehingga selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kemampuan pegawai. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan.

e. Kecepatan Menjangkau Konsumen
Dengan adanya saluran distribusi yang baik, maka aneka produk Indofood dapat dijangkau oleh konsumen dengan cepat. Keuntungannya adalah masyarakat bisa mendapatkan produk dengan mudah.

f. Brand Terkenal
Nilai lebih yang dimiliki oleh Indofood adalah sudah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Hampir seluruh produk yang diproduksi oleh Indofood merupakan produk terkemuka yang diterima oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

g. Menguasai Pangsa Pasar Mie Instan
Bukan hanya Indomie saja, merek mie instan lainnya yang diproduksi oleh Indofood juga banyak ditemukan di pasar. Produk ini dapat dengan mudah tersedia di warung, pasar, toko, hingga swalayan.

Kelemahan PT Indofood

a. Produk Makanan Instan Kurang Baik Bagi Kesehatan

Produk Indofood yang paling laku keras di pasaran adalah mie instan, salah satunya adalah Indomie. Namun sayangnya kandungan gizi pada mie instan masih dalam jumlah yang kurang bagi tubuh. Selain itu, ahli gizi mengatakan jika mie instan tidak baik untuk kesehatan.

b. Banyak Brand yang Dikeluarkan

Indofood memiliki banyak brand yang diproduksi. Hal ini membuat perusahaan menjadi kurang fokus dalam upaya meningkatkan inovasi dan juga kualitas produk. Kurangnya fokus tersebut, dapat mengakibatkan produk kurang berkembang.

c. Indofood menghadapi persaingan yang tinggi di industri makanan dan minuman 

Meskipun mendominasi pasar dalam negeri, PT Indofood masih perlu menghadapi tantangan dalam memasuki pasar internasional. Selain itu, perusahaan ini juga perlu meningkatkan inovasi produk agar tetap relevan dan menarik bagi konsumen yang semakin ekspektatif.

Peluang PT Indofood

a. Melakukan Kerjasama dengan Perusahaan Sejenis

Semakin lama, persaingan dalam dunia bisnis semakin tinggi. Terlebih lagi persaingan dengan perusahaan yang memproduksi barang sejenis. Namun hadirnya perusahaan pesaing ini bisa menjadi peluang untuk Indofood.

Indofood dapat mengambil alih perusahaan pesaing dengan menggunakan modal yang dimiliki. Akuisisi atau pengambilalihan perusahaan ini, selain mengurangi jumlah pesaing juga akan meningkatkan produksi barang yang dihasilkan.

b. Melakukan Ekspansi ke Luar Negeri

Indofood telah menguasai pangsa pasar dalam negeri. Produk utama yang populer di masyarakat adalah produk makanan. Salah satunya adalah merek Indomie yang menjadi merek mie instan paling terkenal dan menjadi pilihan konsumen.

Dengan tingginya minat dan sambutan positif dari masyarakat ini, sudah waktunya bagi Indofood untuk melakukan ekspansi produk ke luar negeri. Contohnya adalah Indomie yang saat ini telah mulai merambah pasar internasional.

c. Permintaan konsumen terhadap produk makanan dan minuman organik semakin meningkat

Meningkatnya minat masyarakat terhadap gaya hidup sehat dan makanan organik, PT Indofood dapat mengambil kesempatan ini untuk mengembangkan produk makanan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Selain itu, peluang memperluas jangkauan pasar di luar Indonesia juga membuka potensi pertumbuhan yang besar.  

Ancaman PT Indofood

a. Permintaan Pasar yang Belum Terpenuhi

Jumlah permintaan pasar yang semakin meningkat, sedangkan kapasitas produksi atau ketersediaan barang yang terbatas dapat mengakibatkan belum terpenuhinya permintaan pasar. Hal ini menjadi ancaman bagi Indofood karena menjadi peluang bagi perusahaan pesaing.

Dengan belum terpenuhinya permintaan pasar, maka perusahaan pesaing dapat mengambil kesempatan untuk memperkenalkan produk yang mereka buat. Bukan tidak mungkin jika produk baru tersebut dapat merebut pangsa pasar dari Indofood.

b. Persaingan Pasar yang Ketat

Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman semakin lama semakin bertambah. Tentunya hal ini menjadi pesaing yang ketat bagi Indofood. Produk baru yang muncul juga akan semakin bertambah.

Apabila Indofood tidak mampu untuk mempertahankan kualitas, serta meningkatkan inovasi produk maka ancaman ini akan menjadi lebih berbahaya. Produk Indofood bisa saja tergantikan oleh produk pesaing yang semakin banyak d pasaran.

Strategi yang ditentukan setelah analisis SWOT

Setelah melakukan analisis SWOT pada PT Indofood, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi berdasarkan hasil analisis tersebut. Berikut adalah cara menentukan strategi berdasarkan analisis SWOT PT Indofood:

  1. Memanfaatkan kekuatan (Strengths)
  • Meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk untuk mempertahankan posisi di pasar.
  • Memperluas jangkauan produk dan pasar, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi untuk mengurangi biaya produksi.
  1. Mengatasi kelemahan (Weaknesses)
  • Meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk agar tidak tergantikan oleh produk pesaing.
  • Memperbaiki manajemen tenaga kerja agar tidak rentan terhadap penurunan penjualan.
  1. Memanfaatkan peluang (Opportunities)
  • Mengembangkan produk-produk organik untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.
  • Memperluas pasar dengan mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan selera konsumen.
  • Memperluas pasar ke luar negeri dengan memanfaatkan peluang pasar global.
  1. Mengatasi ancaman (Threats)
  • Meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk agar tidak tergantikan oleh produk pesaing.
  • Memperkuat manajemen risiko untuk menghadapi perubahan kebijakan pemerintah dan kenaikan harga bahan baku.

Dalam menentukan strategi berdasarkan analisis SWOT, PT Indofood harus mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis perusahaan. PT Indofood harus memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengatasi kelemahan dan ancaman yang dihadapi agar dapat meraih kesuksesan di pasar lokal maupun global 

Kelompok 3 Manajemen Strategi:

Azka Dalila Rahmah - 2110101106

Dina Nur Amelia - 2110101155

Nadia Farha Izzati - 2110101133

Ai Nurjannah Ruslan Jamil - 2110101097

Amalia Ma’rufa - 2110101014

Alya Junianti - 2110101011


Sumber:

Rahman, S. N. (2023, Oktober 15). Analisis SWOT PT Indofood Lengkap dengan Penjelasannya. Retrieved from bussines.co.id: https://bussines.co.id/analisis-swot-pt-indofood-lengkap-dengan-penjelasannya/

Celesta. (2023, Agustus 21). Hasil Analisis SWOT PT Indofood: Makanan Lezat dengan Potensi Tumbuh di Pasar Global. Retrieved from takterlihat.com: https://takterlihat.com/hasil-analisis-swot-pt-indofood/

Budiman. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT Indofood CBP Sukses Makmur. openjournal.unpam.ac.id, 3.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun