Mohon tunggu...
Dimas Aditya L N
Dimas Aditya L N Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pada dasarnya saya adalah individu yang senang bertemu dan bersosialisasi dengan orang baru. Namun saya juga bukan tipikal individu kacang lupa kulitnya. Dan keistimewaan dari diri saya, makan bubur gak di aduk. Terimakasih.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Strategi Sumber Daya Manusia dan Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia

21 Juni 2022   14:47 Diperbarui: 22 Juni 2022   06:07 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (source : Pinterest/brit.co)

Apa sih yang dimaksud Strategi Sumber Daya Manusia ?

Strategi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kebijakan pengelolaan karyawan yang diintegrasikan dengan strategi organisasi serta digunakan untuk mendorong budaya organisasi, supaya karyawan mempunyai nilai serta jadi sumber unggulan bersaing. Tidak bisa dipungkiri kalau sumber daya manusia memegang peranan bernilai dalam menggapai tujuan organisasi serta realitasnya jika sumber daya manusia jadi pusat atensi pimpinan organisasi guna ditunjukan jadi sumber daya manusia unggul organisasi.

Organisasi ialah sesuatu unit sosial yang dengan sadar mengkoordinir 2 ataupun lebih sumber daya manusia dalam menggapai tujuan yang berkepanjangan. Jadi dalam sesuatu organisasi terdiri dari sumber daya manusia yang bekerja dengan silih ketergantungan lewat interaksi serta koordinasi pola struktur, supaya bisa survive serta bersaing dalam pencapaian tujuannya.

Supaya tiap organisasi bisnis bisa survive serta bersaing pada masa globalisasi, dengan persaingan yang luas serta tajam, hingga dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Yang diartikan dengan sumber daya manusia yang unggul yakni SDM yang tidak cuma melaksanakan pekeq' aan teratur, namun yang bisa memperlihatkan kinerja berbentuk nilai tambah (value added) kepada organisasi bisnis. Mereka wajib jadi mitra (partners), pemain (players) serta pelopor (pioneers) dalam menghasilkan nilai tambah serta sekalian selaku agen pergantian. Pengelolaan karyawan wajib dicoba lewat proses organisasional yang bisa menguatkan kompetensi orang serta kapabilitas organisasi. Pengelolaan karyawan wajib didesain guna menghasilkan nilai serta hasil- hasil yang bisa membagikan donasi guna strategi organisasi.

Sumber daya manusia merupakan aspek sentral dalam sesuatu organisasi. Apapun wujud dan tujuannya, organisasi terbuat bersumber pada bermacam visi guna kepentingan manusia serta dalam penerapan misinya dikelola serta diurus oleh manusia. Jadi manusia ialah aspek strategis dalam seluruh aktivitas organisasi.

Berikutnya, manajemen sumber daya manusia (MSDM) berarti mengendalikan, mengurus SDM bersumber pada visi industri supaya tujuan organisasi bisa dicapai secara optimum. Serta manajemen sumber daya manusia strategi merupakan sesuatu proses menanggulangi bermacam permasalahan pada ruang lingkup karyawan, manajer serta tenaga kerja yang lain buat bisa mendukung strategi organisasi demi menggapai tujuan yang sudah di tetapkan. Dimana proses mengelola sumber daya manusia strategi merupakan ialah sesuatu prosedur yang berkepanjangan yang bertujuan buat memasok sesuatu organisasi dengan orang- orang yang pas guna ditempatkan pada posisi serta jabatan yang pas pada saat organisasi memerlukannya. Sumber daya manusia strategis dipusatkan pada penyesuaian strategi sumber daya manusia dengan strategi bisnis. Dalam memerankan perihal ini, karyawan bekerja jadi mitra strategis, menolong guna membenarkan keberhasilan strategi bisnis. Dengan penerapan kedudukan ini, karyawan tingkatkan kapasitas bisnisnya guna melakukan strategi. Implementasi strategi bisnis ke dalam penerapan program- program pengelolaan sumber daya manusia diwujudkan karyawan selaku mitra strategis.

Banyak organisasi bisnis disaat ini menampilkan pergantian serta dinamika area yang menuntut organisasi guna menyesuaikan diri. Sehingga kerapkali tiap organisasi dituntut mempunyai keahlian guna membiasakan diri dengan area, tercantum pergantian dalam kebijakan serta pengelolaan karyawan dengan tujuan guna bisa mempertahankan karyawan lewat manajemen pergantian. Hasil dari manajemen pembahan untuk karyawan merupakan pada kapasitas guna berganti. Karyawan selaku rekan bisnis menolong melepas budaya yang lama serta mengadaptasi budaya yang baru. Kedudukan ini diketahui selaku agen perubahan ( change agent). Selaku agen perubahan hingga karyawan wajib bisa meyakinkan kalau pembahan difokuskan guna menghasilkan regu dengan kinerja yang besar, kurangi siklus waktu dalam inovasi, menetapkan penerapan teknologi baru, pengembangan serta mengantarkan dalam waktu yang kilat. Kegiatan dari kedudukan ini merupakan menjamin kapasitas guna pembahan, antara lain dengan mengenali serta menyusun permasalahan, membangun ikatan silih yakin, pemecahan permasalahan, serta membuat dan melakukan rencana aksi.

Karyawan selaku aspek sentral dalam organisasi sepatutnya kedudukannya dirubah terlebih dulu supaya bisa melaksanakan proses pergantian dengan baik. Kedudukan karyawan dalam paradigma lama merupakan cuma selaku aksesoris. Kedudukan tersebut telah tidak sesuai lagi guna keadaan disaat ini. Paradigma barn sumber daya manusia sudah mengggeser kedudukan karyawan yang lama tersebut serta menjadikan karyawan selaku kunci guna memenangkan persaingan, dengan kata lain karyawan pula memiliki kedudukan strategis selaku agen perubahan.

Pendekatan strategi pengelolaan karyawan yang komprehensif guna mengenali, mengevaluasi, meningkatkan serta mengalokasikan SDM yang bertalenta guna menolong aktivitas pencapaian kinerja terbaik dari organisasi. Pendekatan yang bertujuan guna mengenali tentang mutu karyawan semacam apa yang diperlukan untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepatnya pergantian area bisnis serta kapabilitas karyawan dalam menunjang tercapainya strategi organisasi dinamakan manajemen talenta. Domain dari manajemen talenta difokuskan tidak cuma pada pengembangan kapasitas intrinsik orang namun pula pada membangun keahlian karyawan selaku mitra strategis serta keahlian mengelola pembahan dalam mempersiapkan elemen- elemen talenta- talenta orang guna dimanifestasikan jadi performance.

Apa Saja Strategi Pengembangan SDM dalam dunia bisnis?

Dalam pelaksanaan strategi pengembangan sumber daya manusia ini pada dasarnya hanya membagikan suatu pembelajaran serta pengembangan keahlian. Tetapi bukan hanya itu saja, divisi SDM pula mengarahkan menimpa loyalitas dalam bekerja. Guna pemahaman lebih lanjut, dapat simak paparan berikut ini yang mangulas mengenai strategi pengembangan SDM.

1. Memberikan Penghargaan Kepada Karyawan

Penghargaan bisa dimaksud suatu sikap dalam menghargai atas pencapaian ataupun prestasi yang dipunyai oleh karyawan. Di mana penghargaan ini mempunyai banyak tipe semacam membagikan peningkatan pendapatan, membagikan hadiah semacam mobil, ataupun penghargaan yang lain. Tujuan dari pemberian penghargaan ini supaya karyawan lain dapat termotivasi.

Nantinya diharapkan hendak banyak karyawan yang termotivasi jadi lebih baik dalam membagikan suatu kontribusi terhadap pengembangan industri.

Contoh kontribusi yang dapat dilakukan merupakan semacam mempunyai kemampuan yang besar dalam presentasi, sehingga industri lain dapat dengan gampang melaksanakan kerja sama sebab memandang dari metode presentasi salah satu karyawan yang sangat baik.

2. Mengadakan Program Pelatihan

Strategi pengembangan SDM berikutnya yang dapat dicoba merupakan mengadakan suatu program pelatihan. Di mana program pelatihan ini nantinya hendak diiringi oleh karyawan industri. Dalam program pelatihan ini pula terdiri dari sebagian kategori yang ditawarkan. Semacam skill training, pelatihan ulang, creativity training, cross functional training, dan team training.

Skill training ini dicoba guna melatih dalam meningkatkan keahlian yang dipunyai oleh tiap karyawan. Tidak hanya itu, terdapat pula creativity training yang bertujuan guna melatih kreativitas yang dipunyai karyawan industri. Sehingga nantinya kreativitas tersebut dapat dibesarkan supaya jadi lebih baik. Guna team training ini membagikan pelatihan gimana melaksanakan kerja sama dalam satu regu.

3. Memberikan Kesempatan Untuk Menuangkan Ide

Strategi yang pertama ialah dengan membagikan peluang kepada tiap karyawan guna menyalurkan ide yang dipunyai. Di mana ide yang disalurkan ini semacam bagaimana rancangan produk dalam sesuatu industri guna kedepannya. Sebab suatu ide yang dikeluarkan oleh karyawan wajib didengar serta dipertimbangkan bila cocok. Sehingga nantinya bila industri menyetujui ide ataupun gagasan tersebut dapat membuat produk ataupun layanan baru yang berbeda serta nampak menarik.

Disisi industri, produk baru ini hendak membuat bisnis yang berpotensi guna memperoleh keuntungan lebih banyak. Disisi karyawan yang menuangkan ide, ini hendak membuat mereka merasa dihargai. Serta disisi konsumen, mereka hendak lebih banyak memperoleh opsi produk ataupun layanan yang dapat dipilih.

Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Bisnis

strategi dalam pengembangan sumber daya manusia yang efektif untuk perusahaan, berikutnya adalah mengetahui fungsi pengembangan SDM di entitas bisnis.

Dengan memahami semua sumber daya manusia dari organisasi, itu pasti akan membuat bisnis Anda lebih baik dan lebih berkualitas.  Berikut adalah penjelasan tentang fungsi pengembangan sumber daya manusia untuk bisnis.

1. Tingkatkan produktivitas

Fungsi pengembangan sumber daya manusia pertama adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja. Ketika seorang karyawan mungkin dapat membuat varian baru dari berbagai produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga konsumen Anda tidak merasa bosan karena mereka dapat memilih banyak varian yang telah disediakan.

2. Mampu mengurangi kerusakan yang terjadi pada produk

Karyawan yang memiliki keahlian atau keterampilan di perusahaan dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh suatu produk. Namun, keterampilan ini harus dikembangkan terlebih dahulu berkat pelatihan yang dilakukan oleh Divisi Pengembangan SDM. Sehingga karyawan atau pekerja lebih berkualitas dan memiliki kualitas tinggi di tempat kerja. 

3. Pekerjaan dapat beroperasi secara efisien

Kata efisien memiliki makna melakukan pekerjaan dengan tepat dan tidak membuat kesalahan di tempat kerja. Karena itu adalah fungsi dari program pengembangan sumber daya manusia untuk melatih karyawan memiliki sifat yang memenuhi syarat. Oleh karena itu, pekerjaan yang dilakukan dapat beroperasi secara efisien tergantung pada apa yang diharapkan.

4. Meningkatkan sikap kepemimpinan

Sikap kepemimpinan memang harus dibentuk dan sedikit dikendalikan oleh banyak orang, bahkan pemimpin itu sendiri.

Tetapi sikap kepemimpinan ini seharusnya tidak selalu menjadi milik seorang pemimpin, tetapi juga harus menjadi milik karyawan dengan belajar dan dengan memimpin pelatihan kepemimpinan. Kemudian, sifat kepemimpinan ini dapat berguna secara individu dan organisasi secara keseluruhan.

5. Memberikan tingkat layanan yang baik kepada konsumen

Layanan ini juga termasuk dalam penilaian yang dievaluasi oleh konsumen saat menggunakan layanan. Jadi berikan layanan yang baik kepada konsumen untuk merasa nyaman.

Untuk meningkatkan lebih banyak layanan, perlu untuk mengembangkan sumber daya manusia sehingga karyawan dapat meningkatkan layanan yang baik kepada konsumen tergantung pada standar.

6. Menciptaan moral yang baik untuk karyawan

Moralitas yang disebutkan dalam kasus ini adalah sikap yang harus diterapkan oleh manusia atau karyawan dalam pekerjaan. Moralitas yang baik misalnya, seperti memiliki sikap disiplin, belum terlambat untuk datang dan bekerja atau setia untuk bekerja. Selain itu, pekerjaan itu juga harus mengerjakan dalam tepat waktu tanpa penundaan dalam melakukannya.

7. Mampu meningkatkan Balas Jasa

Mengenai layanan ini, jawabannya adalah kata lain dari kata Upah atau gaji yang diberikan kepada pekerja. Di mana Upah atau gaji ini sebagai Balas jasa karena membutuhkan waktu dan energi untuk bekerja di perusahaan. Ini dapat ditingkatkan jika pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan membaik.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun