Mohon tunggu...
Didi Haryadi
Didi Haryadi Mohon Tunggu... Guru - Didi Haryadi, CGP Angkatan 2 Kabupaten Pandeglang, Guru Matematika di SMAN 3 Pandeglang.

Calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kabupaten Pandeglang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Guru Penggerak

18 Oktober 2021   13:02 Diperbarui: 18 Oktober 2021   13:05 1006
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?

Modul 3.3 pada Program Pendidikan Guru Penggerak Membahas tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, hal menarik yang saya pelajari pada modul ini adalah bagaimana mengubah cara berpikir hanya dengan melihat asset/kekuatan yang dimiliki, segala kekurangan yang akan membuat kita merasa kurang dan pesimis terhadap program yang hendak kita rencanakan dan jalankan terlebih dahulu kita kesampingkan, fokus dan fokus pada asset dan kekuatan yang kita miliki.  Sebagai Langkah awal membuat program yang berdampak pada murid beberapa hal yang dapat dilakukan :

1. Lakukan pemetaan terhadap asset yang dimiliki.

2. Buat program yang berdampak pada murid melalui BAGJA ( Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi

3. Pengelolaan program melalui manajemen MELR ( Monitoring, Evaluation, Learning & Reporting ). Berikut penjelasan singkat tentang MELR

a. Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan/program yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan ketika sebuah program sedang dilaksanakan. Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar .

b. Evaluation, 

Suharsimi Arikunto (2003), evaluasi merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas yang bertujuan untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan pada suatu program pendidikan.

c. Learning. Dr Roger Greenaway seoarang ahli di bidang pelatihan guru dan sebagai fasilitator merancang kerangka kerja pembelajaran (Learning) melalui empat tingkat model. Keempat F adalah: Fact (Fakta ): Catatan objektif tentang apa yang terjadi, Feeling (Perasaan): Reaksi emosional terhadap situasi, Finding (Temuan): Pembelajaran konkret yang dapat diambil dari situasi tersebut, Future (Masa Depan): Menyusun pembelajaran digunakan di masa depan. 

Model ini dapat digunakan untuk berpikir dan merefleksikan situasi dan dapat membantu menyusun refleksi tertulis. 

Model ini mudah diingat dan membahas aspek utama dari apa yang perlu dipertimbangkan ketika meninjau suatu pengalaman. Pengelolaan Program dengan Manajemen Resiko (Resiko strategis, Resiko finansial, Resiko Operasional, Resiko Pemenuhan dan Resiko reputasi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun