Mohon tunggu...
DIDIK FADILAH
DIDIK FADILAH Mohon Tunggu... Lainnya - a life-long learner

“Ikatlah ilmu dengan tulisan”.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Storytelling, Cara Ampuh Membuat Pembelajaran Lebih Menarik dan Berkesan

15 Oktober 2024   05:24 Diperbarui: 17 Oktober 2024   17:51 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi storytelling | Dok. Shutterstock via Kompas.com

Storytelling atau seni bercerita telah ada selama ribuan tahun, menjadi salah satu cara paling alami bagi manusia untuk berkomunikasi, belajar, dan berbagi pengalaman. 

Dalam konteks pengajaran, storytelling bukan hanya tentang menyampaikan informasi secara verbal, melainkan juga tentang menghidupkan kembali materi pembelajaran sehingga menjadi lebih menarik, mudah diingat, dan relevan bagi siswa.

Kali ini, kita akan membahas apa itu storytelling, bagaimana cara menerapkannya dalam kelas, dan beberapa contoh konkret yang bisa langsung dicoba oleh para guru.

 Mengapa Storytelling Penting dalam Pengajaran?

Sebagai pengajar, kita sering kali berhadapan dengan materi pelajaran yang mungkin terkesan kering, rumit, atau bahkan membosankan bagi siswa. Dengan menggunakan teknik storytelling, kita bisa mengemas informasi tersebut dalam bentuk yang lebih menarik, membuat siswa lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.

Cerita memiliki kemampuan untuk menghubungkan ide-ide abstrak dengan pengalaman nyata. Misalnya, saat kita mengajarkan konsep fisika seperti gravitasi, menceritakan kisah Isaac Newton dan apel yang jatuh bisa membuat siswa lebih tertarik dan memahami konsep tersebut dengan lebih baik.

Alasan lainnya adalah bahwa cerita memiliki daya tahan yang lebih kuat dalam ingatan siswa. Pernahkah Anda mendengar cerita menarik yang masih Anda ingat meskipun sudah bertahun-tahun berlalu? Inilah kekuatan dari storytelling. Dalam pengajaran, cerita dapat membantu siswa tidak hanya memahami materi dengan lebih baik, tetapi juga mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

 Prinsip Dasar Storytelling

Sebelum kita membahas penerapannya dalam pengajaran, mari kita lihat beberapa prinsip dasar dari storytelling yang efektif:

Punya Alur yang Jelas

Setiap cerita membutuhkan awal, tengah, dan akhir. Ini membantu siswa mengikuti alur cerita dan memahami inti dari pembahasan. Sebuah cerita yang baik biasanya dimulai dengan pengenalan, lalu menghadirkan konflik atau masalah, dan diakhiri dengan solusi atau penyelesaian.

Melibatkan Emosi

Salah satu kunci storytelling yang sukses adalah kemampuan untuk melibatkan emosi. Emosi membuat cerita lebih mudah diingat dan lebih bermakna bagi pendengar. Cerita yang membuat siswa tertawa, terharu, atau penasaran akan lebih menempel di ingatan mereka.

Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang sederhana dan struktur yang mudah diikuti. Cerita yang rumit dan penuh dengan istilah teknis justru bisa membuat siswa bingung. Buatlah cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mereka bisa dengan mudah menghubungkannya dengan konsep yang Anda ajarkan.

Relevansi dengan Materi

Cerita harus berkaitan erat dengan topik yang sedang dibahas. Jangan sampai cerita terlalu jauh dari inti materi sehingga siswa kehilangan fokus. Kuncinya adalah menemukan cerita yang bisa menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata atau pengalaman pribadi.

Ilustrasi dibuat menggunakan AI oleh DALL*E 
Ilustrasi dibuat menggunakan AI oleh DALL*E 

 Bagaimana Menerapkan Storytelling di Kelas?

Berikut beberapa cara efektif untuk mulai menerapkan storytelling dalam pengajaran Anda:

1. Gunakan Cerita Pribadi

Cerita pribadi sangat efektif karena siswa cenderung lebih terhubung dengan pengalaman nyata yang dibagikan oleh guru mereka. Misalnya, saat mengajarkan tentang pentingnya kerja keras, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda sendiri saat berusaha mencapai sesuatu yang sulit. Hal ini bukan hanya membuat materi lebih relatable, tetapi juga membuat Anda lebih "manusiawi" di mata siswa.

Contoh:

Jika Anda sedang mengajarkan konsep ketekunan di kelas, cobalah menceritakan tentang perjuangan pribadi Anda saat mencoba belajar sesuatu yang sulit, seperti belajar main alat musik atau mempelajari bahasa baru. Cerita ini dapat memberikan inspirasi dan memberi contoh nyata tentang pentingnya ketekunan dalam mencapai hasil yang baik.

2. Cerita Berbasis Sejarah atau Karakter Terkenal

Menggunakan tokoh-tokoh terkenal dari sejarah atau karakter fiktif yang populer bisa menjadi cara yang baik untuk menjelaskan konsep-konsep yang sulit. Sebagai contoh, dalam kelas matematika, Anda bisa menggunakan cerita tentang Archimedes dan saat dia menemukan prinsip pengapungan saat mandi di bak. Kisah ini bukan hanya menghibur, tetapi juga membantu siswa memahami konsep ilmiah dengan cara yang menarik.

Contoh:

Ketika membahas hukum gravitasi, cerita tentang Isaac Newton dan apel yang jatuh bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan konsep tersebut. Ini memberi siswa gambaran konkret tentang bagaimana ide besar dalam ilmu pengetahuan kadang datang dari pengamatan sederhana sehari-hari.

3. Cerita Fiktif untuk Menjelaskan Konsep Abstrak

Cerita fiktif juga bisa sangat bermanfaat, terutama dalam menjelaskan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami oleh siswa. Misalnya, jika Anda sedang mengajarkan tentang ekonomi dasar, Anda bisa membuat cerita tentang "Kerajaan Kue" di mana setiap orang harus menukar barang-barang yang mereka buat untuk mendapatkan kue favorit mereka. Dengan cerita sederhana seperti ini, konsep perdagangan dan pasar bisa menjadi lebih mudah dipahami.

Contoh:

Bayangkan Anda mengajarkan tentang rantai makanan dalam pelajaran biologi. Daripada hanya memberikan diagram dan fakta, Anda bisa menciptakan cerita tentang seekor kelinci yang sedang mencari makanan dan bagaimana perjalanannya berinteraksi dengan berbagai makhluk lain di ekosistem. Cerita ini dapat menghidupkan konsep rantai makanan dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh siswa.

4. Gunakan Teknik "What If" atau "Bagaimana Jika"

Teknik "what if" atau "bagaimana jika" dapat memicu imajinasi siswa dan membawa mereka masuk ke dalam cerita. Anda bisa mulai dengan pertanyaan seperti, "Bagaimana jika kalian hidup di zaman dinosaurus?" atau "Apa yang akan terjadi jika gravitasi tiba-tiba hilang?" Dengan teknik ini, Anda tidak hanya mengundang siswa untuk berpikir kreatif tetapi juga mengaitkan imajinasi mereka dengan konsep-konsep yang ingin Anda ajarkan.

Contoh:

Dalam pelajaran sejarah tentang peradaban kuno, Anda bisa memulai dengan pertanyaan, "Bagaimana jika kalian adalah seorang petani di Mesir Kuno? Apa yang harus kalian lakukan ketika Sungai Nil meluap?" Ini bisa menjadi awal dari diskusi yang lebih mendalam tentang bagaimana sistem irigasi dan pertanian di Mesir kuno bekerja.

5. Ajarkan Siswa untuk Menceritakan Kembali

Setelah Anda menceritakan sebuah cerita, ajak siswa untuk menceritakan kembali dengan gaya mereka sendiri. Ini tidak hanya memperkuat pemahaman mereka terhadap materi, tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan kreativitas.

Contoh:

Setelah Anda menceritakan tentang perjuangan Thomas Edison menciptakan bola lampu, minta siswa untuk menceritakan kembali dengan versi mereka sendiri, atau mungkin menggambarkan bagaimana mereka akan menyelesaikan masalah yang dihadapi Edison. Aktivitas ini bisa dilakukan secara individu atau kelompok, dan membantu siswa berpikir lebih mendalam tentang proses inovasi dan kegigihan.

 Mengukur Keberhasilan Storytelling di Kelas

Setelah menerapkan storytelling dalam pengajaran, penting untuk melihat dampaknya terhadap proses belajar siswa. Beberapa hal yang bisa Anda amati:

- Apakah siswa lebih terlibat dalam diskusi? Jika mereka lebih banyak bertanya atau berkontribusi dalam diskusi setelah cerita diceritakan, ini bisa menjadi indikator bahwa storytelling telah meningkatkan minat mereka.

 - Apakah mereka lebih mudah mengingat materi? Perhatikan apakah siswa lebih mudah mengingat konsep atau fakta yang diajarkan melalui cerita dibandingkan dengan metode pengajaran lain.

- Apakah mereka lebih aktif berpartisipasi? Storytelling seringkali memicu partisipasi aktif dari siswa, baik dalam bentuk pertanyaan, komentar, atau bahkan cerita balasan dari mereka sendiri.

Storytelling adalah alat yang kuat dalam dunia pendidikan. Dengan menghadirkan cerita dalam pengajaran, Anda tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan mengesankan bagi siswa. 

Cobalah mulai dengan cerita-cerita kecil, gunakan kreativitas Anda, dan perhatikan bagaimana cerita bisa mengubah suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif.

Sebagai guru, Anda memiliki kesempatan untuk tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga pencerita yang membawa ilmu dengan cara yang menginspirasi dan menggerakkan hati siswa. Jadi, mari mulai bercerita di kelas, dan lihat bagaimana siswa Anda terlibat dan berkembang dengan cara yang baru!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun